kegiatanKOMUNIKASI, KEMITRAAN DAN PEMBERDAYAAN

Wujudkan PAUD Berkualitas bagi Anak Bangsa Cerdas Berkarakter
Sri Rachmawati

Tanoto Foundation menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Sekolah Anak SIGAP menuju PAUD Berkualitas” bermitra dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan BPMP Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 20 s.d 23 Juli 2023, bertempat di Ruang Kelas Wijayakusuma BPMP Provinsi DKI Jakarta.

Hadir mewakili Program Manager Tanoto Foundation, Pak Syamsul Rizal, Koordinator Program, yang menyampaikan bahwa SIGAP (Siapkan Generasi Anak Berprestasi) merupakan inisiatif Tanoto Foundation di bidang Pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini untuk memastikan setiap anak Indonesia tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai tahapan usianya, dan siap bersekolah dalam rangka mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas. Program-program SIGAP dilaksanakan sebagai upaya untuk memastikan agar setiap anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya, serta siap menempuh pendidikan dasar.

Tanoto Foundation sangat mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, terus berkomitmen untuk melakukan berbagai inovasi kegiatan dan program yang memastikan hadirnya kualitas pendidikan di Indonesia. Tahun 2022 ECED Departemen telah mengembangkan 3 modul yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD, yang diberi nama modul Sekolah Anak SIGAP Modul Sekolah Anak SIGAP yang terdiri dalam tiga bagian yaitu: Tata Kelola Menuju PAUD Berkualitas, Capaian Perkembangan Anak Usia Dini, dan Pendekatan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) di PAUD. Seri modul tersebut telah melampaui berbagai proses dimulai dengan tahap penyusunan materi, uji keterbacaan, hingga kajian akhir yang melibatkan tim BSKAP, Direktorat PPAUD, dan Direktorat GTK PAUD Kemendikbudristek. Pengembangan modul tersebut juga telah diselaraskan dengan program pemerintah utamanya kebijakan implementasi kurikulum merdeka.

Dalam program SIGAP ada 3 fokus aktivitas utama yaitu pencegahan stunting, program anak usia dini 0 – 3 tahun, dan program anak usia dini 3 – 6 tahun.
Hadir mewakili Kepala BPMP Provinsi DKI Jakarta, Ketua Pokja Inovasi dan Transformasi Pembelajaran (Dr. Didang Setiawan, M.Pd) yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Tanoto Foundation karena turut serta dalam mengawal Program Merdeka Belajar, juga sangat mengapresiasi kerjasama yang hebat dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Pak Didang menyampaikan bahwa PAUD merupakan fase fondasi yang merupakan awal pendidikan agar anak mengerti akan jati dirinya, memiliki moral/akhlak mulia, serta mengenal literasi dan numerasi agar siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karenanya, pendidik di satuan PAUD perlu senantiasa memastikan proses pembelajaran anak PAUD menarik dan menyenangkan.

Hadir mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kabid PAUD (Dr. Heni Nuryani) yang menyampaikan bahwa apreasiasi kepada Tanoto Foundation karena telah mendampingi 3 tahun untuk sasaran sekolah dampingan 4 PAUD dan 1 RPTRA di DKI Jakarta. Harapannya program SIGAP ini akan berlanjut dan diperluas sasarannya pada tahun-tahun berikutnya.
Bu Heni menyampaikan bahwa PAUD Berkualitas ditentukan oleh kualitas layanan, bukan kondisi sarana dan prasarana maupun kelengkapan fasilitasnya. Untuk itu, perlu diperhatikan elemen yang ada di dalam layanan PAUD berkualitas. PAUD Berkualitas terdiri dari 4 elemen layanan, yaitu kualitas proses pembelajaran, kemitraan dengan orang tua, dukungan pemenuhan layanan esensial anak usia dini, serta kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya.

Peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan seksama dan mendiseminasikan hasil pelatihannya ke kepala sekolah dan guru-guru lain, agar ilmu yang diperoleh dapat diterapkan secara lebih luas.

“Pelatihan Sekolah Anak SIGAP menuju PAUD Berkualitas”

Dalam pengantar awal pelatihan ini, Tim Tanoto mengajak peserta untuk melihat evaluasi diri dari satuan pendidikan melalui Rapor Pendidikan. Dengan melihat Rapor Pendidikan maka akan mengetahui keunggulan dan kelemahan satuan pendidikan. Tim Tanoto juga mengajak untuk mengawal transisi PAUD – SD yang menyenangkan. Tata kelola satuan pendidikan perlu senantiasa dikawal dengan baik dimana kepala sekolah merupakan penggerak utama.

Materi yang disampaikan Tanoto Foudation pada pelatihan ini sebagai berikut.

  1. Modul Perkembangan Anak Usia Dini
    • Apakah aspek Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) itu?
    • Bagaimana mengoptimalisasi aspek perkembangan AUD?
    • Seperti apa contoh rancangan pembelajaran yang mengoptimalkan perkembangan AUD?
  2. Modul Tata Kelola Satuan Menuju PAUD Berkualitas
    • Apa dan Mengapa PAUD Bekualitas?
    • Bagaimana Mewujudkan PAUD Berkualitas?
    • Seperti apa Rancangan Pembelajaran PAUD Berkualitas?
  3. HOTS di PAUD
    • Apa dan Mengapa HOTS di PAUD?
    • Bagaimana HOTS di PAUD?
    • Bagaimana Pengimplementasian HOTS di PAUD?
  4. Micro Teaching
    Penjelasan Teknis Instrumen Monitoring Pengimplementasian Modul Sekolah Anak SIGAP

Dimensi yang akan diperkuat dalam pelatihan ini adalah:

  1. Kepala Sekolah mampu menerapkan kepemimpinan sekolah yang akomodatif serta mengeloa sekolah yang lebih partisipatif, akuntabel, dan berfokus pada peningkatan mutu pendidikan.
  2. Guru mampu memfasilitasi pembelajaran lebih menarik, relevan, dan efektif. Fokus pada sains, numerasi dan literasi, serta penguatan pendidikan karakter.
  3. Orang tua mampu memahami perkembangan anak dan mengenali karakter baik yang perlu ditanamkan pada anak, serta mendukung anak belajar secara mandiri, kreatif, inovatif dan kolaboratif.
  4. Anak “tercapainya tumbuh kembang anak secara optimal, berkarakter, sesuai dengan usianya dan siap mengikuti pendidikan selanjutnya”.

Diskusi menghangat terkait dengan penerapan pendidikan inklusif di satuan pendidikan di DKI Jakarta. Dalam aturan terkait PPDB di DKI Jakarta, diberikan kuota 2% menerima anak berkebutuhan khusus di seluruh satuan pendidikan di semua jenjang. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi satuan pendidikan yang belum memiliki kesiapan SDM untuk melayani anak berkebutuhan khusus.

Solusi yang dapat dilakukan satuan pendidikan adalah dengan tetap menerima anak berkebutuhan khusus, melakukan skrining awal, menghubungi puskesmas terdekat atau sekolah pusat sumber untuk mendapatkan layanan khusus bagi anak berkebutuhan khusus, dan berkoordinasi dengan orang tua untuk keberlanjutan anak bersekolah dengan tepat.

Tanoto Foundation menyediakan berbagai informasi di laman https://sigap.tanotofoundation.org/ berbagai informasi yang dibutuhkan pendidik PAUD.

Semoga kolaborasi Tanoto Foundation, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan BPMP Provinsi DKI Jakarta senantiasa terus terjalin wujudkan PAUD berkualitas bagi anak bangsa cerdas berkarakter di DKI Jakarta.

 

Bagikan ..

alino

Bagikan ..