dkm dan dpw

DWP LPMP Provinsi DKI Jakarta: Menjemput Berkah Ramadhan Berbagi Bersama Penyandang Tuna Netra

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah yang selalu ditunggu oleh seluruh umat muslim. Pada bulan ini, seluruh umat muslim akan mengerjakan ibadah puasa wajib dan amalan ibadah sunah lainnya untuk memperoleh rahmat kebaikan dari  Allah SWT. Seperti melaksanakan salat tarawih, membaca Al Quran, dan berdzikir.

Selain itu, terdapat amalan sunah lain yang sangat baik dilakukan di bulan Ramadan, yakni  bersedekah. Bersedekah atau berbagi terhadap sesama memang menjadi amalan baik yang dapat dilakukan setiap waktu. Namun bersedekah atau berbagi di bulan Ramadan akan menjadi amalan istimewa yang mendatangkan banyak kebaikan dan meningkatkan ketakwaan yang pada akhirnya sebagai bekal kehidupan dunia akhirat yang akan dijalani kelak.

Melewati bulan Ramadhan diera pandemi Covid-19 yang sudah lama melanda negeri ini amatlah berbeda dengan bulan Ramadhan tanpa pandemi Covid-19 ditahun sebelumnya, berbagai pihak merasakan dampak pandemi Covid-19 ini, baik secara ekonomi maupun non ekonomi. Komunitas penyandang tuna netra merupakan salah satu komunitas yang ikut terdampak perekonomiannya. Beberapa dari komunitas ini banyak yang bekerja sebagai tukang pijat sebagai mayoritas keterampilan yang mereka punyai dan digunakan sebagai mata pencarian, mereka harus berhenti bekerja akibat adanya penetapan physical distancing. Sementara komunitas ini sangat membutuhkan penghasilan untuk penghidupan dan perawatan khusus lainnya. Terlebih beberapa dari komunitas ini mempunyai penyakit penyerta seperti: stroke, diabetes, ataupun disabilitas lainnya. Sebagian besar dari anggota keluarganya juga dari komunitas yang sama/pasangan suami istri sama-sama tuna netra, bahkan ada anak dari komunitas tersebut juga sebagai penyandang dissabilitas. Komunitas ini  hidup apa adanya dengan segala keterbatasan yang dipunya tapi tetap tidak menyurutkan semangat dan perjuangan hidupnya demi menafkahi diri dan keluarga. Berjualan tissu, makanan, minuman, kantong plastik di beberapa masjid dan lain-lain dilakukan sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup dan tidak membuat mereka menjadi pengemis atau peminta-minta dijalanan.

 

        

 

Berangkat dari hal-hal tersebut, Dharma Wanita Persatuan (DWP) LPMP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan  “Berbagi Berkah Takjil Ramadhan” yang diperuntukan bagi Komunitas Penyandang Tuna Netra Pasar Rebo yang beralamatkan di Kalisari Jakarta Timur.

Gedung Kelas Gabung LPMP Provinsi DKI Jakarta digunakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini dengan mendatangkan komunitas tersebut yang berjumlah 15 orang.  Berbagai bentuk makanan dan minuman takjil Ramadhan, sembako, serta uang tunai merupakan berbagai bentuk santunan berkah Ramadhan yang diberikan.

 

       

 

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat untuk sedikit meringankan beban hidup mereka dan bagi kami sebagai penyelenggara memperoleh berkah  dari kegiatan tersebut.  Aamiin Ya Rabbal’allamiin.

Tetap semangat mengisi bulan Ramadhan ini dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat tanpa meninggalkan Protokol Kesehatan 5M (Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas).

(Nurfa)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..