Yuk BERBARING Dengan LPMP Provinsi DKI Jakarta
Sri Rakhmawanti, S.E., M.M.

Kegiatan Belajar Bersama dalam Jaringan (Berbaring) 26 Februari 2021 merupakan kegiatan berbaring perdana umum yang dilaksanakan LPMP Provinsi DKI Jakarta tahun ini. Kegiatan berbaring merupakan salah satu inovasi LPMP Provisni DKI Jakarta untuk melayani insan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh belajar dari rumah yang menjadi pola pembelajaran selama masa pandemi.

Di kegiatan Berbaring kali ini, Pak Widyatmo, M.Pd selaku Koordinator Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) dan Kerjasama Peningkatan Mutu Pendidikan (KPMP) menyampaikan Peran LPMP  Provisni DKI Jakarta dalam Penjaminan Mutu Pendidikan, di mana tahun 2021 ini akan dilakukan melalui berbagai program fasilitasi peningakatan mutu pendidikan, seperti Fasilitasi berdasarkan SNP, Program Sekolah Penggerak, Kerjasama dengan SEAMEOLEC dan Berbaring. Pada kesempatan ini Pak Widyatmo juga menginformasikan agenda Berbaring selama satu tahun. Berbagai materi yang dibutuhkan akan disampaikan oleh tim Pengembang teknologi Pembelajaran dan Widyaprada LPMP   Provisni DKI Jakarta.

Penyampaian materi selanjutnya disampaikan oleh Ibu Ati Rosidah, S.Ag, M.Pd yaitu Pembelajaran Interaktif dan Kolaboratif Memanfaatkan Akun Belajar.id. Akun Belajar.id merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kemdikbud. Akun pembelajaran ini merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Pada penjelasan selanjutnya Ibu Ati menyampaikan penggunaan Google Jambord dan Google Slide sebagai cara menghadirkan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif. Dengan menggunakan Google Jambord, guru dapat melibatkan semua siswa dalam proses pembelajaran, baik berupa kerja sama di kelas tradisional, seminar grup, atau melalui pembelajaran jarak jauh. Aplikasi Jamboard memudahkan guru dan siswa berinteraksi bersama melalui perangkat IT. Jamboard mendukung hingga 16 poin kontak sekaligus di satu perangkat. Semua anggota kelas dapat bergabung di saat yang sama melalui aplikasi Jamboard. Sedangkan dengan menggunakan Google Slide, guru dapat melakukan presentasi online yang memungkinkan bekerja bersama siswa.

Berikut ini penjelasan singkat penggunaan  Google Slide

Langkah 1: Buat presentasi

  • Buka layar utama Slide di google.com.
  • Di kiri atas, di bagian “Mulai presentasi baru”, klik Baru . Ini akan membuat dan membuka presentasi baru.

Langkah 2: Edit dan format presentasi

Langkah 3: Berbagi dan bekerja bersama orang lain

Guru dapat membagikan file dan folder kepada murid dan memilih apakah mereka dapat melihat, mengedit, atau mengomentarinya.

              

Semoga Berbaring ini dapat bermanfaat bagi insan pendidikan dan tetap semangat untuk terus menghadirkan pembelajaran bermakna bagi siswa.

Sampai bertemu di Berbaring selanjutnya.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat