Artikel

Wujudkan ASN Berintegritas dan Profesional melalui Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa”

Pada Tahun lalu, Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa” resmi diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Peluncuran Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia, sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang berintegritas dan profesional. Core values BerAKHLAK yang dimaksud merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Sedangkan “Bangga Melayani Bangsa” merupakan Employer Branding ASN jaman sekarang untuk yang melayani sepenuh hati.

Core Values ASN ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama”. Bahwa setiap ASN juga harus mempunyai orientasi yang sama, yakni memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Jiwa melayani dan “Bangga Melayani Bangsa” serta membantu masyarakat wajib tertanam kuat dalam diri setiap ASN. Para ASN tidak boleh bergaya seperti para pejabat zaman kolonial, yang minta dilayani oleh masyarakat.

Dengan ditetapkannya core values ini, memberikan penguatan budaya kerja ASN yang berintegritas dan profesional, sekaligus memudahkan proses adaptasi bagi ASN ketika melakukan mobilitas antar instansi pemerintah. Adanya satu core values yang berlaku secara umum turut memperkuat peran ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Saat ini pemerintah terus mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis (dynamic government) melalui percepatan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi dilakukan sebagai upaya untuk membuat birokrasi lebih akuntabel, cepat dalam proses pelayanan, dan pengambilan keputusan.

Perubahan menuju birokrasi dinamis pastinya tidak bisa diraih dengan cara-cara lama. Diperlukan perubahan mendasar pada pola pikir dan sikap mental ASN, sehingga penerapan Core values BerAKHLAK dan “Bangga Melayani bangga” harus dilakukan secara masif oleh setiap ASN. Hal ini yang mendasari untuk Core values  ini tetap giat ditanamkan oleh pemerintah kepada ASN walaupun peluncurannya dilaksanakan pada tahun lalu.

Adapun Panduan Perilaku Core Values ASN BerAKHLAK sebagai berikut:

Berorientasi Pelayanan

  • Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.
  • Melakukan perbaikan tiada henti.

Akuntabel

  • Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.
  • Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.
  • Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Kompeten

  • Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.
  • Membantu orang lain belajar.
  • Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis

  • Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
  • Suka menolong orang lain.
  • Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal

  • Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.
  • Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Adaptif

  • Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.
  • Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.
  • Bertindak proaktif.

Kolaboratif

  • Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
  • Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.
  • Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Pencapaian Birokrasi yang lebih baik dari waktu ke waktu, tentu saja tak dapat lepas dari peran serta ASN sebagai pelaksana pelayanan publik dan pelaksana segala kebijakan pemerintah pada lembaganya. Diperlukan ASN yang menerapkan Core Values ASN BerAKHLAK dan “Bangga Melayani Bangsa” dengan baik dan masif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing pada lembaga tempat dia mengabdi. Para ASN harus mulai dari diri sendiri, mulai dari saat ini, dan mulai dari hal-hal kecil untuk sebuah perubahan yang besar dan terintegritas. Semangat untuk menerapkan tata nilai yang ada. Mari terlibat dan berubah untuk menjadi ASN yang berintegritas dan profesional. (Nurfa).

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..