Workshop Penyusunan Rekomendasi Hasil Analisis Data Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2020
Yossi Dewanti, S.Si., M.Pd

LPMP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan “Workshop Penyusunan Rekomendasi Hasil Analisis Data Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2020” untuk  jenjang SD, SMP, SMA, dan SLB pada tanggal 30 April s.d 5 Mei 2021 secara virtual melalui aplikasi zoom.

Salah satu tujuan kegiatan yaitu menghasilkan rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan bagi para pemangku kepentingan dalam menyusun program peningkatan mutu pendidikan berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 orang peserta yang terdiri dari Widyaprada, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), dan fungsional umum LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator Fungsi Pemetaan Mutu, Supervisi Satuan Pendidikan, dan Pengembangan Model Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP Provinsi DKI Jakarta, Ibu Upi PurnamaSari S.Si, yang dilanjutkan dengan Penjelasan Teknis Workshop Penyusunan Rekomendasi Hasil Analisis Data Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2020. Setelah itu penyusunan rekomendasi dilaksanakan melalui diskusi kelompok oleh Tim fasilitator serta penugasan baik secara kelompok maupun individu.

Dalam pengarahannya, Ibu Upi menekankan bahwa dalam menyusun rekomendasi harus menggunakan metode SMART yaitu Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (dapat tercapai), Relevant (sesuai), dan Timebound (batas waktu).

   

Hasil rekomendasi kemudian direviu oleh Kepala Seksi Kelembagaan dan Sumber Belajar Bidang SD dan PKLK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Drs. Agus Asikin, M.Pd dan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Drs. Hermanto, M.M, M.Si., agar rekomendasi yang dihasilkan dalam kegiatan tersebut sesuai dengan kewenangan pemangku kepentingan di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Dari hasil reviu, diperoleh masukan dan catatan untuk menyempurnakan hasil penyusunan rekomendasi.

     

Pada hari terakhir kegiatan ini, dilakukan paparan kembali terkait hasil perbaikan rekomendasi berdasarkan masukan dan catatan yang diperoleh dari para reviewer. Diharapkan dari kegiatan Workshop Penyusunan Rekomendasi Hasil Analisis Data Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2020 ini, tersusun rekomendasi program peningkatan mutu pendidikan bagi pihak-pihak terkait yang akan dipublikasikan pada kegiatan Diseminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2020.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..