Workshop Penyusunan Program Kerja Komite Integritas Tahun 2020

Sri Rakhmawanti, S.E., M.M -

Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business process) dan pengembangan kualitas manusia aparatur.

Berbagai permasalahan/hambatan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan atau diperkirakan tidak akan berjalan dengan baik harus ditata ulang atau diperbaharui. Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Dengan kata lain, reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Selain itu dengan sangat pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi serta perubahan lingkungan strategis menuntut birokrasi pemerintahan untuk direformasi dan disesuaikan dengan dinamika tuntutan masyarakat.

Tujuan Reformasi Birokrasi adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dengan birokrasi pemerintah yang profesional, berintegritas tinggi, menjadi pelayan masyarakat, dan abdi negara. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut maka perlu dilakukan perubahan dalam beberapa aspek, diantaranya perubahan pola pikir dan budaya kerja yang ditujukan untuk mewujudkan peningkatan integritas, profesionalisme, etos kerja dan kinerja birokrasi yang tinggi. Ini dimaksudkan untuk mewujudkan proses birokrasi yang efektif dan efisien dalam pelayanan publik terhadap masyarakat.

Sejalan dengan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi, LPMP DKI Jakarta telah diapresiasi KemenpanRB, maka LPMP DKI Jakarta perlu untuk terus menguatkan komitmen bersama dan meningkatkan etos kerja, semangat pegawai, dan budaya kerja seluruh pegawai LPMP DKI Jakarta.

Tujuannya adalah untuk :

  1. Terwujudnya profesionalisme kerja pengawai melalui penguatan karakter, kompetensi, kepribadian dan etos kerja pribadi yang andal.
  2. Tercapainya proses internalisasi nilai-nilai positif untuk memperkuat motivasi kerja pegawai.
  3. Terbangunnya hubungan kerja dari kesadaran dan ketulusan hati nurani pegawai.
  4. Terciptanya budaya kerja yang efektif, produktif, berkolaborasi, berkomunikasi, dan fokus untuk hasil terbaik.

Agar tujuan dapat diwujudkan, maka LPMP DKI Jakarta memperbaharui tim kerja pembangunan ZI WBK dengan sebutan nama “Komite Integritas”. Komite integritas ini terdiri atas Komite Integritas Zona Perubahan, Komite Integritas Zona Pengawasan, Komite Integritas Zona Tata Laksana, Komite Integritas Zona Pengelolaan SDM, Komite Integritas Zona Akuntabilitas, Komite Integritas Zona Pengembangan Program dan Kemitraan, Komite Integritas Zona Pelayanan Publik dan Publikasi.

Langkah awal yang dilakukan LPMP DKI Jakarta yaitu mengadakan Worskhop Penyusunan Program Kerja Komite Integritas Tahun 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Maret 2020. Setiap komite integritas melakukan reviu uraian tugas dan menyusun program kerja perubahan tahun 2020.

Program kerja komite integritas ini nantinya menjadi acuan dalam pembangunan ZI WBK di LPMP DKI Jakarta di tahun 2020 ini yang harapannya dapat mewujudkan birokrasi bersih dan melayani, meningkatkan mutu layanan program lembaga dan memberikan yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan.

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..