Workshop Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Audit Mutu
Yuli Apsari

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah oleh satuan pendidikan di Indonesia adalah agar proses pendidikan di seluruh satuan pendidikan berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Pada akhir tahun 2019 LPMP DKI Jakarta telah menyelesaikan pendataan mutu satuan pendidikan di DKI Jakarta dengan menggunakan instrumen audit mutu. Dari tahap pendataan tersebut, telah diperoleh sekelompok data yang perlu diolah menjadi peta mutu yang bermakna, dievaluasi proses pendataannya, sebagai bagian dari proses pemetaan mutu pendidikan. Dalam hal ini, evaluasi yang dilakukan adalah dengan melakukan reviu terhadap instrumen Audit Mutu tahun 2019 untuk kemudian direvisi menjadi instrumen Audit Mutu tahun 2020. Terkait hal tersebut, maka LPMP DKI Jakarta telah melaksanakan “Workshop Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Audit Mutu” dalam kondisi Work From Home (WFH) dengan pola dalam jaringan melalui aplikasi video conference.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengolah data audit mutu tahun 2019, memetakan mutu satuan pendidikan berdasarkan data audit mutu tahun 2019, mengevaluasi/mereviu instrumen audit mutu tahun 2019 serta merevisi instrumen audit mutu tahun 2019 menjadi instrumen audit mutu tahun 2020. Peserta yang mengikuti kegiatan ini  berjumlah 42 orang dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Pengawas Sekolah, Pejabat LPMP DKI Jakarta, Widyaiswara, PTP dan Fungsional Umum LPMP DKI Jakarta

 Workshop Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Audit Mutu dilaksanakan dalam jaringan melalui aplikasi video conference selama 4 hari pada hari Kamis-Jum’at, 11-12 Juni 2020 dan dilanjutkan Senin-Selasa, 15-16 Juni 2020. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Moch. Salim Somad, S. Kom. M.Pd. (Kepala LPMP DKI Jakarta), Dr. Harmanto (Plt. Kepala LPMP Jawa Tengah) dan Upi Purnamasari, S.Si. (Kasi Pemetaan Mutu dan Supervisi LPMP DKI Jakarta).

Kegiatan “Workshop Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Audit Mutu” telah terlaksana dengan lancar dan baik, diikuti oleh 42 orang peserta dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Pengawas Sekolah, Pejabat LPMP DKI Jakarta, Widyaiswara, PTP dan Fungsional Umum LPMP DKI Jakarta dengan persentase kehadiran dalam jaringan sebesar 100%. Selama kegiatan berlangsung, terindentifikasi adanya kendala teknis yang tidak dapat dihindari, yaitu adanya sinyal yang tidak stabil di lokasi beberapa peserta, sehingga mengakibatkan koneksi beberapa peserta ke meeting room menjadi terputus-putus, meskipun demikian peserta selalu mengupayakan untuk bergabung kembali ke dalam meeting room.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terolahnya data audit mutu tahun 2019, terpetakannya mutu satuan pendidikan berdasarkan data audit mutu tahun 2019, terlaksananya reviu instrumen audit mutu tahun 2019, dan tersusunnya instrumen audit mutu tahun 2020. Hasil-hasil kegiatan akan ditindaklanjuti dalam bentuk uji coba dan finalisasi instrumen audit mutu tahun 2020, sebelum digunakan untuk pengumpulan data audit mutu tahun 2020.

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..