Workshop Penyusunan Informasi Mutu Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019

Muhammad Arief -

Pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan LPMP DKI Jakarta tahun 2019 telah menghasilkan beragam data dan informasi. Terutama hasil dari pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan tahun 2018, yang telah dianalisis. Hasil analisis tersebut, dituangkan menjadi beragam rekomendasi program-program peningkatan mutu untuk kedepannya. Tentu saja, rekomendasi program tersebut, diharapkan mampu menjadi dasar yang kuat bagi berbagai pemangku kepentingan dalam mengambil kebijakan dan merencanakan investasi pendidikan.

Selain itu, hasil  pelaksanaan supervisi dan pendampingan terhadap 233 sekolah SPMI tahun 2019, telah dihasilkan potret sekolah SPMI, berupa tulisan-tulisan praktik baik. Tulisan-tulisan tersebut sangat penting untuk dapat disebarluaskan, agar dapat menjadi model/contoh bagi sekolah lainnya di dalam penerapan SPMI, hingga melahirkan sekolah-sekolah yang berbudaya mutu.

Seluruh bahan-bahan yang menjadi hasil program penjaminan mutu ini, sangat penting dan harus dapat disajikan dalam bentuk bahan publikasi populer. Baik berupa buku, katalog, maupun infografis hasil kumpulan tulisan-tulisan praktik baik, infografis, video grafis dan sebagainya. Terkait hal tersebut, LPMP DKI Jakarta mengadakan kegiatan “Workshop Penyusunan Informasi Mutu Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019” yang dilaksanakan pada tanggal 17 s.d. 20 November 2019 di Harper Hotel M.T. Haryono, Cawang, Jakarta Timur.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini, diikuti oleh berbagai unsur. Diantaranya unsur pejabat di lingkungan Dinas/Suku Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, widyaiswara, PTP dan fungsional umum LPMP DKI Jakarta. Unsur tersebut sebagian besar adalah fasilitator daerah, yang terjun langsung didalam penerapan dan pendampingan SPMI pada satuan Pendidikan. Tentu saja hal tersebut menjadi poin tersendiri, karena dapat memberikan analisis, evaluasi, masukan, serta beragam informasi secara detail dan mendalam, terhadap pelaksanaan supervisi dan pendampingan SPMI tahun 2019. Dengan demikian, informasi mutu pendidikan yang akan disusun, diharapkan menjadi informasi mutu pendidikan yang akurat dan relevan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berintegritas.

 

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK