Workshop Penyusunan Bahan Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021
Yossi Dewanti, S.Si, M.Pd

 

Program supervisi mutu pendidikan merupakan salah satu tugas fungsi LPMP yang tertuang dalam Permendikbud nomor 26 tahun 2020.  Sejak tahun 2019 LPMP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Program Supervisi Mutu dalam rangka mengawal pelaksanaan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di satuan pendidikan.  Tahun 2021 ini karena kondisi pandemi covid-19 masih   melanda,  maka program supervisi diarahkan untuk mengawal tiga kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang terdiri atas:  1) Pelaksanaan Mitigasi Resiko Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS); 2) Penguatan Literasi dan Numerasi; dan 3) Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),

 

Tiga kebijakan tersebut di atas perlu dijabarkan sampai ke teknis implementasinya di satuan pendiidkan, oleh karena itu LPMP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Bahan Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021 pada tanggal 17 s.d. 19 Juni 2021 di Rizen Padjadjaran Hotel, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan workshop ini diselenggarakan untuk menyusun petunjuk pelaksanaan yang dapat menjadi acuan penerapan kegiatan Supervisi Mutu Pendidikan beserta bahan dan perangkat pendukungnya. Diharapkan dengan adanya output dari kegiatan ini, kegiatan supervisi di tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Kegiatan ini diikuti oleh 38 orang peserta yang terdiri dari unsur Widyaprada, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), fungsional umum LPMP Provinsi DKI Jakarta, Pengawas Sekolah jenjang SD/SMP/SMA/SLB, kepala sekolah, dan guru.

 

Kegiatan dibuka oleh Ibu Upi Purnamasari, S.Si selaku Koordinator Fungsi Pemetaan Mutu dan Supervisi LPMP Provinsi DKI Jakarta sekaligus selaku Ketua Panitia dan fasilitator. Fasilitator lainnya pada kegiatan ini adalah Ibu Widyaningtyas Sistaningrum, S.E., M.M., Ibu Heni Mulyani, M.Si., dan Ibu Ati Rosidah, S.Ag., M.Pd.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yaitu Bapak Drs. H. Momon Sulaeman, M.M., M.Si. selaku Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta sekaligus Penanggung Jawab pelaksanaan Mitigasi Resiko PTM dan Edukasi PHBS di Provinsi DKI Jakarta, Bapak Drs. Hermanto, M.Si., M.M. selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta sekaligus Penanggung Jawab pelaksanaan Literasi dan Numerasi di Provinsi DKI Jakarta, serta Ibu Dr. Sri Handayani, M.M. selaku Pengawas Sekolah Jenjang SD sekaligus Penanggung Jawab Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Jenjang SD di Provinsi DKI Jakarta.

 

Pada kegiatan ini, telah tersusun bahan Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021 yaitu 1) Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021, 2) Modul Bimbingan Teknis Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021 yang meliputi materi tentang Mitigasi Resiko PTM dan Edukasi PHBS, Penguatan Literasi dan Numerasi di satuan pendidikan, dan Penguatan Pembelajaran Jarak Jauh di satuan pendidikan, dan 3) Instrumen Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sukses. Semoga kegiatan Workshop Penyusunan Bahan Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021 ini dapat memberikan manfaat bagi pelaksanaan supervisi mutu pendidikan dalam rangka mengawal pelaksanaan proses penjaminan mutu pendidikan di Provinsi DKI Jakarta.

 

   

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat