Workshop Penyusunan Bahan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tahun 2019

Poppy -

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai tugas menyelenggarakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di tingkat provinsi.  Program penjaminan mutu pendidikan tersebut diselenggarakan melalui pemetaan mutu pendidikan, pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan, supervisi satuan pendidikan, fasilitasi peningkatan mutu pendidikan, pelaksanaan kerjasama di bidang penjaminan mutu pendidikan, dan pelaksanaan urusan administrasi LPMP.

Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) sebagai salah satu seksi yang ada di LPMP mempunyai tugas melakukan fasilitasi dan kerja sama peningkatan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Kegiatan fasilitasi ini dalam bentuk bimbingan teknis, workshop, pendampingan maupun pembinaan kepada para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, sekolah-sekolah / lembaga pendidikan dan pemberian Dana Bantuan Pemerintah.

Pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan sebagaimana tersebut di atas akan dapat berjalan dengan baik, manakala beberapa perangkat dapat disediakan secara memadai sesuai dengan kebutuhan. Salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan fasilitasi tersebut adalah tersedianya bahan ajar atau bahan pembelajaran (instructional materials) dengan muatan materi ajar yang sesuai dengan program fasilitasi yang diselenggarakan.

Pada tahun 2019, Seksi FPMP LPMP DKI Jakarta akan menyelenggarakan program kegiatan Pendampingan Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SD/SMP/SMA/SMK, Pendampingan Budaya Mutu Sekolah bagi Jenjang SD, Fasilitasi Pemenuhan Mutu Sekolah Model, Fasilitasi Peningkatan Mutu Sekolah Rujukan, Training Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP dan Gala Siswa Indonesia Jenjang SMP Tingkat Provinsi.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan dan perangkat kegiatan fasilitasi sebagaimana tersebut di atas, Seksi FPMP LPMP DKI Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Bahan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan SD/SMP/SMA/SMK pada tanggal 9 s.d 12 April 2019 di Hotel Ibis Slipi, Jakarta. Peserta Kegiatan Workshop Penyusunan Bahan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Jenjang SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2019 ini berjumlah 64 orang yang terdiri dari unsur Pengawas, Kepala Sekolah, Guru serta unsur LPMP DKI Jakarta yaitu Widyaiswara, Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Fungsional Umum.

Dalam workshop ini peserta menyusun bahan Pembelajaran dan Perangkat Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tahun 2019 sesuai dengan kebutuhan kegiatan.  Semoga dengan adanya penyelenggaraan workshop ini, kegiatan fasilitasi yang akan diselenggarakan dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang diharapkan, yang pada akhirnya dapat membawa manfaat yang besar dalam menunjang upaya peningkatan mutu pendidikan.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK