Workshop Finalisasi Penyusunan Bahan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tahun 2021
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) dan Kerjasama sebagai salah satu fungsi yang ada di LPMP Provinsi DKI Jakarta mempunyai tugas melakukan fasilitasi dan kerja sama peningkatan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Kegiatan fasilitasi ini dalam bentuk bimbingan teknis, workshop, pendampingan maupun pembinaan ke para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan satuan pendidikan/lembaga pendidikan.

 

Pelaksanaan Penyusunan Bahan Fasilitasi diawali dengan kegiatan Rapat Koordinasi untuk memenuhi kebutuhan bahan dan perangkat kegiatan Peningkatan Mutu Pendidikan Tahun 2021 telah selesai dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2021 dengan menghasilkan Draft Bahan Fasilitasi yang kemudian dilanjutkan dengan Workshop Finalisasi Penyusunan Bahan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tahun 2021 pada tanggal 10 s.d 13 Agustus 2021.

Tujuan Workshop Finalisasi Penyusunan Bahan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tahun 2021 adalah finalisasi penyusunan bahan Pembelajaran dan Perangkat Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tahun 2021 yang terdiri dari:

  • Panduan, Modul dan Instrumen Monitoring Evaluasi kegiatan Pelatihan kerjasama SEAMOLEC – LPMP Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021;
  • Pedoman dan Instrumen Monitoring dan Evaluasi Implementasi Program Sekolah Penggerak Tahun 2021;
  • Panduan dan Bahan Pembelajaran Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Blended Learning Tahun 2021;
  • Panduan, Instrumen Monev dan Bahan Informasi Program Nasional Kampus Mengajar Tahun 2021; dan
  • Panduan dan Instrumen monitoring dan evaluasi Mitigasi Risiko PTM Terbatas dan Advokasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Tahun 2021.

 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moh. Salim Somad, S.Kom, M.Pd, yang pada arahannya menekankan bahwa penyelenggaraan pendidikan bermutu harus melibatkan semua pihak. Kondisi yang diharapkan nantinya adalah meningkatnya kualitas pembelajaran, mewujudkan pendidikan yang partisipatif, akuntabel dan transparan.

 

 

Sebelum melaksanakan finalisasi penyusunan bahan fasilitasi, para peserta mendapatkan materi pembekalan oleh para narasumber. Di hari pertama seusai acara pembukaan  Koordinator Fungsi FPMP dan KPMP, Widyatmo, M.Pd menyampaikan materi Sosialisasi Kegiatan Fasilitasi Peningkatan Pendidikan Tahun 2021dilanjutkan dengan narasumber dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yaitu Kabid SD-PLB, Drs. H. Gunas Mahdianto, M.Si yang menyampaikan materi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta dan Informasi Program Kampus Mengajar. Selanjutnya di sesi siang dr. Andi Khomeini Takdir Haruni, Sp.PD-KPsi dari RS Wisma Atlet yang menjelaskan materi Mitigasi Risiko PTM Terbatas dan Advokasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih   dan Sehat), kemudian Kasi Kelembagaan dan Sumber Belajar SD-PLB, Drs. Agus Asikin dengan materi Program Sekolah Penggerak di Provinsi  DKI Jakarta.

Keesokan harinya, Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs. Hermanto, M.Si, MM, menyampaikan materi Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran    Blended  Learning di Satuan Pendidikan. Paparan materi oleh narasumber kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang dibagi berdasarkan tema bahan fasilitasi, hasil diskusi selanjutnya dipresentasikan dan dilakukan review dilanjutkan proses finalisasi hingga semua bahan fasilitasi siap untuk digunakan pada kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan berikutnya.

 

   

 

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan seluruh Bahan Fasilitasi yang disusun sesuai dengan kebutuhan sehingga kegiatan fasilitasi yang akan diselenggarakan dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang diharapkan yang pada akhirnya akan tercapai peningkatan mutu pendidikan khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat