Belajar Bersama dalam Jaringan, 11 Juni 2021 “Wordwall Teaching Resources, Cara Unik Belajar Sambil Bermain”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Berbagai cara dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi kejenuhan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh. Salah satunya dengan memberikan permainan interaktif dalam bentuk kuis digital. Duo Widyaprada LPMP Provinsi DKI Jakarta, Rahmah Kurniawati, MT dan Susiah Budiarti, M.Pd di kegiatan Belajar Bersama dalam Jaringan (BerBaRing) pada Jumat, 11 Juni 2021 membahas tema Wordwall Teaching Resources sebagai pemantik pembelajaran dan pelibatan siswa. Tujuan kegiatan ini yaitu menjelaskan tentang digital teaching resources dan cara menggunakannya untuk pebelajaran. Digital Teaching Resources adalah bahan digital yang dirancang untuk membantu memfasilitasi pembelajaran dan perolehan pengetahuan.

Kegiatan yang dihadiri oleh 185 peserta dipandu oleh MC cantik yang selalu ceria, Seniwati, S.AP, MM. Keseruan kegiatan dimulai dengan kuis perkenalan melalui aplikasi Mentimeter dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber yang akrab disapa Uni Nia secara jelas dan lengkap dengan praktek membuat para peserta semakin ingin tahu berbagai games menarik dalam aplikasi tersebut.

 

   

Selanjutnya dijelaskan Wordwall adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dll.

 

 

Fasilitas Wordwall antara lain:

  • Satu akun gratis untuk 5 permainan
  • Tersedia 18 tipe game gratis
  • Ganti tipe game dengn sekali klik
  • Dapat dimainkan melalui gawai/laptop
  • Hasil bisa diunduh PDF dan dicetak

Cara mendaftar Wordwall juga sangat mudah, yaitu:

  • Kunjungi website wordwall.net lalu SIGN UP
  • Pilih CREATE ACTIVITY lalu pilih tipe game yang tersedia
  • Isikan konten sesuai kebutuhan, lalu klik DONE

 

Setelah penjelasan materi dilanjutkan dengan praktek membuat berbagai permainan digital yang menarik. Peserta yang mengalami kesulitan dapat bertanya secara langsung dan untuk melengkapi kegiatan para peserta diberikan tugas agar lebih memahami materi. Di akhir kegiatan Mayang – panggilan kesayangan Susiah, sang moderator mengingatkan “Aplikasi hanya sebagai sarana, jangan lupa pada tujuan utama pembelajaran menyampaikan materi kepada peserta didik”.

Semoga dengan semakin bertambahnya pengetahuan para pendidik melalui kegiatan BerBaRing ini semakin bervariasi pula metode pembelajaran yang dapat disampaikan, sehingga kejenuhan peserta didik dapat diminimalisir dan tujuan peningkatan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat