Webinar Series “Membangun Minat Membaca Anak melalui Perpustakaan Sekolah”
Ijah Rochimah Boru Sagala, S.Pd

Jika buku adalah jendela ilmu, maka dengan membaca kita akan menguak cakrawala dunia.

Jika saja hal ini tidak berhenti hanya pada slogan-slogan di tiap koridor dan dinding sekolah, maka membaca pun akan menjadi sebuah pembiasaan atau budaya yang tak terasa berat untuk dilakukan.

Webinar seri tiga dan empat adalah lanjutan dari rangkaian kegiatan webinar sebelumnya. Webinar ini menghimpun 40 peserta yang merupakan pengelola perpustakaan ataupun guru yang diberi tugas tambahan di perpustakaan. Kegiatan yang dilakukan melalui media daring ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi SDM perpustakaan sekolah dalam aspek layanan membaca, khususnya layanan membaca anak, karena sasaran peserta adalah pengelola perpustakaan di jenjang sekolah dasar.

Dalam arahannya di sesi pembukaan kegiatan,  Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd, selaku Kepala LPMP DKI Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa peran perpustakaan dalam mendukung  implementasi penguatan literasi dan numerasi harus lebih dioptimalkan, mengingat literasi dan numerasi adalah salah satu yang difokuskan dalam program Merdeka Belajar.

Di seri ketiga pada kamis 21 Oktober 2021, peserta mendapatkan penguatan kembali dari Widyaningtyas Sistaningrum, SE, M.Pd yang merupakan Widyaprada LPMP DKI Provinsi DKI Jakarta. Beberapa poin ditambahkan dalam strategi membangun minat membaca anak salah satunya adalah, tingkatan membaca pada anak. Tingkatan atau level membaca pada anak yaitu: (1) Kemampuan menggali informasi, (2) Kemampuan untuk menghubungkan satu topik dengan hal lainnya, dan (3) Kemampuan untuk mengevaluasi dan mengekspresikan.

Diseri ini, output yang menjadi tugas peserta di sesi sebelumnya yaitu Rencana Tindak Lanjut (RTL) di mana kontennya adalah program kerja perpustakaan sekolah, mendapatkan reviu dari narasumber. Satu RTL yang dijadikan contoh mendapat reviu dari narasumber dan peserta lainnya. Sesi ini diwarnai tanya jawab seru seputar muatan apa saja yang harus ada dalam kegiatan kegiatan literasi.

Melanjut di seri ke-4 yang merupakan seri terakhir dalam rangkaian kegiatan webinar ini masih tetap menghadirkan narasumber, Agus Asikin, M.Pd, Kasi Kelembagaan dan Sumber Belajar SD, Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, yang menyampaikan materi terkait bagaimana membangun minat membaca pada jenjang usia sekolah dasar. Satu bahasa dengan narasumber sebelumnya, Beliau mengatakan bahwa keteladanan, kemudahan dalam mengakses bacaan, serta mendekatkan anak dengan kegiatan yang bernuansa literasi, merupakan strategi dalam membangun minat membaca. Peserta sepertinya tak menyia-nyiakan pertemuan dengan salah satu pemangku kepentingan di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta ini, ada banyak pertanyaan yang diajukan terkait kendala-kendala yang ada di seputar pengelolaan perpustakaan sekolah. Di akhir diskusi, narasumber memberikan closing statement bahwa sinergitas antara sekolah, orang tua, dan masyarakat, adalah hal yang tak dapat ditawar dalam peningkatan minat membaca.

Hanna Chatarina Geroge, pustakawan yang banyak malang melintang di dunia perpustakaan sekolah, yang juga merupakan ketua APISI (Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia), dalam pemaparannya di sesi akhir kegiatan ini memberikan penguatan yang melengkapi muatan kegiatan ini. Dari beberapa hal yang disampaikan, ada tiga hal penting yang menjadi catatan dalam meningkatkan minat baca, yaitu: (1) Maknai tujuan mengapa anak harus membaca, (2) Sebelum anak mengenal sumber informasi yang beragam, perkuat ketertarikan anak pada buku melalui membacakan dan menceritakan, (3) Berikan perhatian bahwa setiap level usia itu berbeda. Materi lainnya yang disampaikan menjadi serupa penyelaras warna dalam muatan membangun minat membaca, sekaligus menjadi materi penutup kegiatan ini.

   

Dalam sesi penutupan, Rina Harjanti, S.Si, M.Pd, Kepala Sub Bagian Tata Usaha LPMP Provinsi DKI Jakarta menyampaikan apresiasi untuk semangat para peserta. Tidak itu saja, momen ini diwarnai dengan pengumuman 6 peserta terbaik dalam penyusunan proker perpustakaan. Sesi ini mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan Webinar Membangun Minat Membaca Anak Melalui Perpustakaan Sekolah.

Semangat literasi!

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..