kegiatanSubag Umum

Webinar Series “Membangun Minat Membaca Anak melalui Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah”
Ijah Rochimah Boru Sagala, S.Pd

Salah satu permasalahan bidang Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta berdasarkan hasil Asesmen Nasional adalah rendahnya skor literasi dan numerasi, rata rata dibawah 2.23 %. Dalam research yang lain yaitu skala PISA menyatakan siswa di Indonesia memiliki kemampuan membaca rendah yaitu 70%, juga siswa tidak mampu sekedar menemukan gagasan utama maupun informasi penting dalam satu teks pendek (Sumber Nihayah, Risa W & Shinta Revina, Smeru Research Institute).

 Melangkah ke definisi, Kompetensi Literasi adalah nilai peserta didik dalam kemampuan untuk memahami, menggunakan, merefleksi, dan mengevaluasi beragam jenis teks; sedang kompetensi Numerasi adalah nilai peserta didik dalam kemampuan berfikir, menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari hari pada berbagai konteks yang relevan (Sumber, matrik, target dan capaian indicator Kinerja Urusan Bidang Pendidikan sesuai surat mendikbud Nomor 16019/A/PR.07.00/2022).

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi DKI Jakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek, sesuai tugas pokok dan fungsinya adalah mengawal mutu Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, menjadi relevan dalam upaya memecahkan permasalahan rendahnya skor literasi dan numerasi.  Salah satu sarana, prasarana dan fasilitas yang dimiliki BPMP Provinsi DKI Jakarta adalah perpustakaan. Perpustakaan ini adalah jenis perpustakaan khusus dimana tupoksinya adalah mendukung kinerja lembaga.

Perpustakaan BPMP Provinsi DKI terus memperbaharui fungsinya selaras perkembangan dan perubahan yang ada. Dalam paradigma baru perpustakaan, perpustakaan tidak hanya menjadi tempat pengumpul koleksi, tetapi bagaimana berkoneksi. Perpustakaan tidak hanya gedung/space, tetapi budaya pembelajar atau learning habit. Perpustakaan bukan hanya bangunan fisik, tetapi menjadi penggerak budaya dan kebiasaan pembelajar. Sejalan dengan hal tersebut, dalam upaya mendukung dan mengawal penguatan literasi dan numerasi di sekolah, BPMP DKI melaksanakan pendampingan singkat untuk para pengelola perpustakaan sekolah dasar negeri (SDN) di wilayah Provinsi DKI Jakarta.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk webinar series yang bertajuk Membangun Minat Membaca Anak melalui Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah.

   

Kegiatan Webinar Series ini bertujuan mengembangkan kompetensi juga wawasan para pengelola perpustakaan, khususnya dalam hal membangun minat membaca. Kegiatan ini diikuti oleh 70 orang peserta yang merupakan pengelola perpustakaan dan penanggung jawab literasi SDN di wilayah DKI Jakarta. Pola pembelajaran dalam kegiatan ini adalah kombinasi (Daring dan Luring) di tiga seri. Pada Webinar seri kesatu di tanggal 14 dan 15 Juli 2022, dilaksanakan secara daring, dengan tiga orang narasumber yaitu, Astin Julaikha, M.Pd (Sub Koordinator Kurikulum dan Penilaian SDPKLK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta), Hanna Chatarina George, SS, M.I.Kom (Presiden APISI), dan Rama Dwiyana Putra (GSEM Swiss). Ketiga narasumber ini mengangkat materi strategi penguatan literasi dalam ranah yang berbeda. Inti yang dapat diangkat di seri satu ini adalah (1) Fase usia jenjang sekolah dasar perlu perhatian lebih karena diusia ini pembiasaan lebih mudah diterapkan; (2) Perlu adanya kebijakan dan pengawalan dari kepala sekolah; (3) Kolaborasi antar pengelola perpustakaan sangat diperlukan; (4) Adopsi program program perpustakaan sekolah yang menarik siswa. Seri ini diakhiri dengan penugasan (RTL) yang berbentuk penyusunan program kerja perpustakaan sekolah.

   

Pada seri yang kedua berjeda waktu satu bulan (16 Agustus 2022), hasil kerja /tugas proker peserta webinar mendapatkan reviu dari narasumber. Paada akhir reviu ini peserta diharapkan memperbaiki kembali prokernya sesuai arahan dan diskusi dengan narasumber.  Di penghujung kegiatan ini yaitu webinar series ketiga, para peserta memaparkan hasil akhir program kerjanya. Dalam sesi ini juga terpilih 3 program kerja terbaik dengan kriteria, nilai inovasi, rasionalitas, unsur kemitraan, dan performance. Kegiatan yang sifatnya sharing praktik baik ini dilaksanakan dua hari pada tanggal 30-31 Agustus 2022 bertempat di Hotel Swiss Bell Kalibata Jakarta Selatan. Hadir pula beberapa narasumber yang menyampaikan materi tambahan sebagai penguatan, seperti, “Strategi Kolaborasi dalam Penguatan Litnum di Sekolah” (Chaidir Amir, S.Sos, MA, Pustakawan Muda Kemendikbudristek) dan Penguatan Litnum melalui Wisata Literasi (Hendra Bawole dari Ayo Dongeng Indonesia).  Akhir rangkaian kegiatan ini adalah pemberian piagam penghargaan untuk 3 sekolah yang Menyusun program kerja terbaik yaitu (I, SDN Semper Barat 07, II. SDN Pulogebang 13, dan III. SDN Jagakarsa 01). Di dalam sambutan penutupnya, Rina Harjanti, S.Si, M.Pd (Kasubag Umum) mengapreseasi semangat dan antusias para para peserta. Beliau juga menghimbau  peserta untuk mengimplementasikan program yang telah disusun bersama dalam kegiatan ini di sekolah masing masing.

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..