kegiatanLembaga

Survei Kepuasaan Layanan Infrastruktur TIK Kemendikbudristek

Pada hari Selasa tanggal 6 Desember 2022 telah terlaksana kegiatan “Survei Kepuasaan Layanan Infrastruktur TIK Kemendikbudristek” yang bertempat di ruang rapat BPMP Provinsi DKI Jakarta. Tim TIK Pusdatin Kemendikbudristek yang hadir yaitu Faizal Azie Raharjo, Wien Roa Irawan, dan Ratu Monalisa.

Hadir menyambut secara langsung kehadiran Tim TIK Pusdatin Kemendikbudristek yaitu Kasubbag Umum BPMP Provinsi DKI Jakarta (Rina Harjanti) beserta perwakilan staf yang terkait dengan survei tersebut. Adapun beberapa perwakilan staf BPMP Provinsi DKI Jakarta yang hadir yakni Tim Pengembang Sistem Informasi, Urusan Perlengkapan, Urusan kehumasan dan layanan Perpustakaan, Urusan Persuratan, serta Urusan Rumah Tangga.

Ibu Rina Harjanti dalam sambutan dan arahannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan survei dari Tim TIK Pusdatin Kemendikbudristek. Selain pengisian instrumen survei, melalui kegiatan ini beliau juga berharap mendapatkan saran dan masukan untuk peningkatan kualitas mutu layanan dan pengelolaan layanan TIK di BPMP Provinsi DKI Jakarta.

Selanjutnya Tim TIK Kemendikbudritek memaparkan maksud dan tujuan dari Survei ini adalah untuk evaluasi terhadap kualitas layanan infrastruktur TIK yang telah diberikan oleh Pusdatin Kemendikbudristek.  Selain itu, dibahas pula dengan mendalam terkait jenis layanan TIK Pusdatin Kemdikbudristek yang terkini serta dapat digunakan oleh UPT Kemdikbudristek, tata cara pengajuan penggunaan layanan, kendala yang dihadapi selama menggunakan layanan, dan saran serta masukan terkait layanan yang diberikan.

   

Ada beberapa layanan yang dikelola oleh Pusdatin Kemendikbudristek yang dapat diakses oleh UPT Kemendikbudristek yaitu domain, hosting, server, dan lainnya. Layanan ini dapat diakses di seli.kemdikbud.go.id. Semua layanan ini dapat digunakan oleh UPT Kemendikbudristek dengan prosedur pengajuan permohonan penggunaan layanan ke Pusdatin Kemendikbudristek. Layanan terbanyak yang digunakan oleh UPT Kemendikbudristek termasuk BPMP Provinsi DKI Jakarta adalah email, formulir, dan SINDE. Selain itu, layanan hosting juga banyak digunakan. Pada BPMP Provinsi DKI layanan hosting yang digunakan adalah hosting pada website, perpustakaan, portal, dan OJS (Open Journal System) JLMP (Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan). Pusdatin juga sedang mengembangkan beberapa aplikasi yang terintegritas dan terpadu untuk beberapa kebutuhan. Salah satu aplikasi itu adalah SRIKANDI. Kedepan SINDE akan terintegrasi pada aplikasi tersebut. Tidak ada kendala yang berarti selama menggunakan layanan TIK Pusdatin Kemendikbudristek. Kendalanya yang dihadapi hanya pada saat para pengguna OJS JLMP akan mengakses OJS JLMP membutuhkan waktu lebih lama untuk mengaksesnya. Tim TIK Pusdatin Kemendikbudristek memberikan solusi agar dicek kembali semua yang terkait ini. Akses OJS JLMP akan dipengaruhi oleh faktor koneksi user, storage, dan lainnya. Untuk saran yang diberikan oleh Tim BPMP Provinsi DKI Jakarta untuk layanan Pusdatin yaitu pada layanan email, agar verifikasi email dapat lebih cepat prosesnya.

Kegiatan ditutup dengan penguatan dari Tim TIK Pusdatin Kemendikbudristek terkait tentang pengisian Survei Kepuasan Layanan Infrastruktur TIK Kemendikbudristek. Untuk BPMP Provinsi DKI Jakarta Survei Kepuasan Layanan Infrastruktur TIK telah terisi dengan lengkap. Untuk saran terkait verifikasi email dapat cepat prosesnya akan ditindak lanjut oleh Tim Pusdatin Kemendikbudristek. Pusdatin Kemendikbudristek pada sistem email akan menambahkan kapasitas perangkat verifikasi email, dengan upaya ini diharapkan verifikasi emailnya akan dapat lebih cepat prosesnya.

Tim TIK Pusdatin Kemendikbudristek berharap koordinasi yang intensif antara Pusdatin Kemendikbudristek dan BPMP Provinsi DKI dapat terlaksanakan dengan masif agar layanan TIK yang dikelola oleh BPMP Provinsi DKI Jakarta dapat berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti, sehingga peningkatan mutu layanan TIK dapat tercapai.

Pusdatin Kemendikbudristek akan selalu berupaya untuk meningkatkan mutu layanan dan pengelolaan TIK untuk semua pengguna. Saran dan masukkan dari para pengguna layanan akan ditindak lanjut oleh pihak Pusdatin Kemdikbudristek sebagai bahan evaluasi dan perbaikkan untuk kedepannya.

Diharapkan dari kegiatan ini akan mempererat jalinan kerjasama dan koordinasi antar lembaga dan membawa kebermanfaatan untuk peningkatan mutu layanan TIK di masing-masing lembaga. (Nurfa).

   

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..