• STORA-24 by Anti Kesuma: Penutup yang Urup
    Ini hanya sebuah sudut pandang, bukan sebuah patok benar. First, siapa yang saat paparan menutupnya dengan kalimat, “Demikian yang dapat saya paparkan, mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan. Terima Kasih.” Hai Storian, slide terakhir dari serangkaian paparan yang kita
  • STORA-24 by Anti Kesuma: JUNGKAT-JUNGKIT
    Hayoo… yang pernah sekolah Taman Kanak-kanak (TK) pasti tak asing dengan wahana bermain jungkat-jungkit, yes, betul, sebagian orang bilang wahana tersebut bernama njot-njotan. Main di atas papan jungkat-jungkit membutuhkan bobot dua beban berlawanan yang berbeda, yang perbedaannya tidak terlampau ekstrem.
  • STORA-24 by Anti Kesuma : JANGAN TAKUT POSITIF
    Being active or passive, Be positively positive. Saat ini, positif yang paling dihindari itu positif Covid, Corona Virus dengan beragam variannya. Tetapi ber-mindset positif masih selalu dianjurkan, diharapkan, bahkan mungkin dipersyaratkan. Misal saja dalam melamar pekerjaan, atau melamar calon pasangan,
  • STORA-24 by Anti Kesuma : “Siapa sih saya…?!”
    Sering dengar dong, orang suka bilang: “siapa sih saya?” atau “siapa sih kamu?, penting apa?”. Atau “siapa sih dia?, berbicara jumawa serasa yang punya negara, yang lain cuma ngontrak” … Tidak jarang di dalam obrolan terlontar ungkapan-ungkapan itu, kalimat berintonasi
  • Ini bukan ‘Layangan Putus’
    Huss… ini bukan mau bahas drama seri yang lagi kondang itu ya…                 Yuk, sini balik ngeriung, come back para pria or siapapun yang mungkin ‘gerah’ karena tetiba dimana-mana bahas ‘Layangan Putus’. Kudapan
  • Niat, dibayar di muka…
    Niat itu ada di awal Kalau di akhir namanya tamat Kalau nggak punya niat?!   Nah itu, kalau sebuah upaya tidak diiringi niat, ujung-ujungnya cita-cita sering parkir jadi wacana yang entah kapan terlaksana. Macem hari ini bayar besok gratis, tarsok
  • Ketika aku menjadi ibu…
    Bagai pinang dibelah dua Makhluk serupa tapi tak sama Anak-anak tidak hanya perlu tumbuh, mereka harus dikembangkan. Ibu lah stimulus terbaiknya. Sekalipun pada kondisi yang tak sempurna, berusahalah menjadi ibu terbaik baginya. Menemukan Kunci: Bicara Efektif Tak ada ikhtiar yang
  • Tidak memilih pun adalah pilihan
    (+): “Tujuan memilih itu apa sih?” (-): “Mendapatkan yang terbaik.” …                  Sepenggal dialog di atas mungkin mengingatkan kita keberagaman kata-kata bijak tentang pilihan, misal saja, yang paling sering kita dengar adalah ‘Hidup
  • Jika hari terasa buruk…
        Tinggalin aja hari, panggil sari Gitu aja kok repot Upss… bercanda!                      Hari-hari kita nggak selalu nyaman di hati, menenangkan pikiran dan bersahabat dengan keinginan. Kadang-kadang irama kehidupan terasa
  • Menguntai arti sukses dari pojok warung kopi
      Suatu waktu, di ambang nol nusantara… Sukses itu diperjuangkan, bukan rezeki turun dari kayangan                     Ngopi di kota yang berlimpah kopi nikmat ini menuai sensasi tersendiri. Arabica atau Robusta sama
  • LUKA
    Setiap yang bernyawa pernah luka, Setiap luka akan sembuh seperti sediakala Luka kehilangan Luka kehancuran Atau luka dari kekhilafan Semua akan pulih, dan menitipkan pelajaran   Tubuh kita tumbuh dengan asupan makanan dan minuman. Mungkin juga ditambah vitamin ataupun obat-obat
  • Sadar K A E D A H
    Kaedah berarti asas, pedoman, rumus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Terkait arti kalimat di atas, mungkin kata ‘kaedah’ dapat dimaknai sebagai bagaimana sesuatu itu utamanya dilakukan atau bagaimana sesuatu itu utamanya difungsikan. Misal saja, berpakaianlah sesuai kaedahnya yakni berpakaian untuk
  • Bereskan pagimu!
    (katanya) bersyukurlah jika kita jadi orang pertama yang disapa di pagi hari dan dirindu saat malam menghampiri   ak-kutipan roman recehan          Pernah ngga seharian merasa gabut? Ngga mood, ataupun semrawut?. Rasanya seperti tak beres di sana-sini,
  • Mark Manson bilang, “Pilih medan juang Anda…”
      Salah satu motto booster saya adalah ‘karena mau jadi mampu’.                   Ini bukan tentang kekuatan kehendak atau omong kosong tentang keuletan semata, ini semacam charger of spirit. itu sepertinya senada dengan
  • B A C A d e h…
                Ada waktu dimana kita terkadang terkurung pada situasi dan kondisi yang entah mau dibilang apa, entah mau dihalau dengan bagaimana, rasanya tuh… sedih, namun tak ada duka lara yang terjadi Seperti kalut, namun tak
  • W H I T E L I E
      Lakukan hal baik dengan cara yang baik Karena hal baik yang dilakukan dengan cara kurang baik (Mungkin) menimbulkan rasa tidak baik-baik saja Ini masalah literasi komunikasi dan cara berinteraksi     Bohong putih?! Memang bohong punya warna? Putih, merah,
  • Jika kamu yang terpilih…
    Petikan cerita di keluarga, tempat bekerja, dan negara.   keluarga ataukah saudaramu didera duka. Mungkin kehilangan harta, atau mungkin berpulangnya yang tercinta. Saat kamu sedang menuai nikmat bahagia, tak kurang sesuatu pun yang kamu punya. Ladangmu tempat bekerja sedang diuji
  • K K C S -Kisah Kita Cuma Sebentar-
        Masih ingat ‘KKEB’, lagu-nya Andre Hehanussa yang dirilis Tahun 1995-an? Lagu yang rasanya tak lekang oleh waktu. KKEB singkatan dari ‘Karena Kutau Engkau Begitu’, punya lirik yang simple, musiknya tenang, romantis nge-pop tapi nggak mendayu-dayu. Ahh… gimana tuh
  • Janji adalah Janji
      Selebrasi setahun-nya Stora yang ditandai penulis dengan membuat kuis berhadiah ’Estafet Komen’ di Akun IG @sekataq ternyata kurang semarak, meski waktu pengumpulan komen diperpanjang hingga satu minggu. Tak apa, memang hidup tidak selalu ramai. Kadang tenang, tak jarang berombak,
  • Tumbuh itu ke atas
      Yeayy… Stora-24 genap setahun bulan Juni ini, what a wonderful chance! Alhamdulillah, semoga konsistensi menulisnya tetap kuat Semoga tulisan kudapannya bermanfaat Barakallah…   Kunci Tumbuh ke Atas Tulisan-tulisan ringan buntelannya Stora-24 ini mungkin cuma buih di tengah samudera ilmu
  • TULISAN TIPIS-TIPIS
    Tak ada gading yang tak dari gajah, Tak ada kering jika tak semula basah. Artinya: Ah ya sudah… Ini jelang akhir bulan, enaknya baca tulisan yang tipis-tipis saja. Sebulan ini sudahlah penat. Menuntaskan pekerjaan-pekerjaan dan berhitung sisa hutangnya di bulan
  • Mirror … mirror on the wall …
    Harta terbaik dari simpanan kekayaan kita adalah cermin. Pastikan letakkan ia pada tempat yang mudah dipandang, untuk menggambar dirimu dari ujung kaki hingga kepala. Biarkan ia membias seluruh tubuhmu sejujur ia mau. Meski ia menampakkan bagian terburukmu, ia tidak membuatmu
  • CURAHAN HATI WANITA BERKEBAYA…
    “…memang ini pekerjaan rumit, tapi barang siapa tidak berani, dia tak bakal menang. Itulah semboyanku! Maju! Semua harus dilakukan dan dimulai dengan berani!”. (Novel Fiksi: Panggil Aku Kartini Saja, Pramoedya Ananta Toer, 1962) Dari ilustrasi singkat tentang semangat Kartini di atas,
  • Cukupkan aku dengan-Mu…
    Lillah karena Allah Billah dengan pertolongan Allah Fillah di atas syariat Allah   Cukup Engkau saja Yaa Allah, Hasbunallah…   Ahh… syahdunya bucin sama Allah, seromantis itukah ikatanmu pada-Nya? Jawab dalam hati aja ya gaess, karena kalau jawab di LJK
  • Risk Taker
    Pemberani! Yup, di mata Stora, sosok risk taker adalah seseorang yang punya nyali bukan kaleng-kaleng. Nyali beraninya dibentuk dari kompetensi dipadu intuisi berbekal strategi. Woww… sekilas terdengar luar biasa sosok pemilik karakter risk taker ini. Padahal, pada kenyataannya ya nggak
  • P E L U H
    Peluh adalah salah satu wujud dari lelah. Hampir di semua upaya berkawan peluh lelah, begitulah konsistensi tegar diuji nyata. Ada satu ingatan pelajaran masa kecil yang masih selalu lekat di setiap bulir peluh lelah yang saya tuai, yakni pesan orang
  • SARINGAN
    Ini promo saringan?!! Hehee… bukan. Cuma mau ngasih tahu, secara fungsi, saringan adalah alat untuk memisahkan unsur dari suatu kumpulan beberapa unsur, agar diperoleh hanya unsur yang diingini. Mengintip peran “saringan” dalam berkomunikasi langsung/tak langsung, ada 5 poin yang dapat
  • JANGAN (SUDAH) LECEK DI AWAL!
    Percaya nggak dengan kekuatan sugesti? Mungkin banyak yang percaya, mungkin juga tidak sama sekali. Sebenarnya ini hanya soal bagaimana kita memfungsikan kepekaan hati dan keyakinan atas kekuatan dari pikiran positif. Ada mereka yang hatinya begitu peka pada sentuhan peristiwa-peristiwa di
  • Proses
    P R O S E S P R O S E S P R O S E S Kenapa harus ditulis 3x sih? Proses pertama, untuk menyiapkan input. Proses kedua, untuk pelaksanaan. Proses ketiga, untuk menghasilkan output. Bonus, ada satu
  • Sekali lagi…
    Sabtu kemarin, 9 Januari 2021. Sekali lagi, musibah pesawat jatuh di bumi Indonesia. Pesawat Sriwijaya SJ 182 rute Jakarta-Pontianak, yang take-off dari Bandara Soekarno-Hatta, mengangkut 62 orang yang terdiri dari 12 awak kabin dan 50 penumpang mengalami kecelakaan jatuh di