Sosialisasi Program Kampus Mengajar Tahap 3
Oktora Melansari, S.Sos, MA

LPMP DKI Jakarta sebagai UPT Kemdikbudristek bertanggung jawab mengawal pelaksanaan Kampus Mengajar di sekolah sehingga program ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, LPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Kampus Mengajar Tahap 3 pada tanggal 2 Maret 2022 secara daring yang diikuti oleh 135 peserta berasal dari beberapa unsur, yaitu: Suku Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan kepala sekolah sasaran.

Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd, dalam arahannya menyampaikan bahwa LPMP bekerja sama dengan Dinas Pendidikan senantiasa memastikan kelancaran program kampus mengajar, salah satunya melalui monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara daring. Manfaat program ini untuk membantu sekolah dan mahasiswa agar dapat membangun jiwa kepemimpinan dalam bertindak, mengasah kemampuan dan pengalaman mengajar, agar dapat menjadi bekal di dunia kerja nantinya. Kehadiran adik-adik mahasiswa bukan sebagai pesaing, namun menjadi mitra guru di sekolah. Harapannya pihak sekolah dapat memanfaatkan kehadiran mahasiswa ini untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kasi Kelembagaan Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Salikun, M.Pd, dan dipandu moderator Heni Mulyani, M.Si. Dalam paparannya, narasumber menjelaskan Kampus Mengajar adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program ini merupakan transformasi dari Program Kampus Mengajar Perintis yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdampak pandemi, dengan memberdayakan para mahasiswa yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di  tengah pandemi Covid-19.

Kehadiran Program Kampus Mengajar dan Kampus Mengajar 1 & 2 sejak tahun 2020 telah dirasakan manfaatnya di berbagai SD dan SMP di seluruh wilayah Indonesia, oleh karenanya Kemendikbudristek kembali    meluncurkan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022. Program ini ditujukan untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran di pendidikan dasar. Mahasiswa akan ditempatkan di SD dan SMP di seluruh Indonesia dalam membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 akan berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pada pendidikan dasar. Konteks ini semakin kuat mengingat kondisi literasi dan numerasi Indonesia yang masih rendah, seiring upaya peningkatan literasi dan numerasi sebagai salah satu agenda prioritas nasional. Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mendarmabaktikan kecakapan serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa SD dan SMP tersebut. Program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan passion, semangat, dan keinginan mahasiswa. Selain itu, mahasiswa diharapkan menjadi inspirasi bagi para siswa SD dan SMP untuk  memperluas cita-cita serta wawasan mereka. Secara tidak langsung akan terjadi peningkatan capaian standar pendidikan bagi anak-anak SD dan SMP, yang semula capaian pendidikan minimal hanya sampai jenjang pendidikan menengah  berubah menjadi jenjang perguruan tinggi.

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..