“SOSIALISASI dan AKTIVASI AKUN @belajar.id : Wujudkan Merdeka Belajar dengan Akun Pembelajaran”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya sebagai upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila. Ada lima intervensi yang akan dilakukan di sekolah penggerak, yaitu :1)  Pendampingan konsultatif dan asimetris; 2) Penguatan sumber daya manusia di sekolah; 3) Pembelajaran dengan paradigrma baru; 4) Perencanaan Berbasis Data, dan 5) Digitalisasi sekolah.

Salah satu intervensi yang dilakukan untuk Sekolah Penggerak adalah Digitalisasi Sekolah. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program Sekolah Penggerak terdapat kendala dalam melakukan intervensi tersebut, yaitu penggunaan akun belajar yang belum optimal. Sehubungan dengan hasil monev tersebut, LPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Aktivasi Akun @belajar.id yang dilaksanakan secara daring dalam 2 angkatan pada tanggal 11 Februari 2022 (Angkatan 1) dan 1-2 Maret 2022 (Angkatan 2).

Widyatmo, M.Pd selaku Koordinator Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan LPMP Provinsi DKI Jakarta pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa Sosialisasi aktivasi akun belajar ini bertujuan untuk meningkatkan proses aktivasi akun ini terutama untuk Sekolah Penggerak.

Narasumber Ati Rosidah, M.Pd dan Ani Purwati, M.Pd (PTP LPMP Provinsi DKI Jakarta) pada paparannya menjelaskan Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik dengan domain belajar.id yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Dengan Akun Pembelajaran, para pengguna bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar, mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek, sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka maupun jarak jauh.

Kelebihan Akun Belajar.id:

  • Penyimpanan lebih besar
  • Fitur-fitur lebih canggih
  • Aman dan terintegrasi

 

Penjelasan materi kemudian dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang dipandu oleh moderator Haryanto, S.Kom, MT dan Dini Pratiwindya, M.Pd (PTP LPMP Provinsi DKI Jakarta) diikuti secara antusias oleh para peserta. Semoga dengan penyelenggaraan kegiatan ini semakin banyak warga satuan pendidikan yang memanfaatkan akun belajar sebagai pendukung proses pembelajaran sehingga Program Merdeka Belajar untuk pendidikan tuntas berkualitas dapat terwujud.

**Sendiri kita bisa melakukan sedikit hal

Bersama kita bisa melakukan banyak hal**

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..