Sinergitas PMO Pusat, PMO Provinsi dan PMO Daerah Mengatasi Masalah Program Sekolah Penggerak Tanpa Masalah
Sri Rakhmawanti, S.E., M.M.

Selasa, 15 Februari 2022 telah dilaksanakan Pertemuan Periodik Program Management Office (PMO) kedua di Tahun 2022. Pertemuan ini merupakan sinergitas PMO Pusat (Kemdikbudristek), PMO Provinsi (LPMP) dan PMO Daerah (Disdik/Sudindik) untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di pelaksanaan Program Sekolah Penggerak.

Di awal kegiatan, Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta Bapak Moch. Salim Somad, M. Pd memberikan sambutan dengan menyampaikan informasi terbaru perkembangan kebijakan Program Sekolah Penggerak. Selain itu, aktivasi penggunaan akun belajar.id perlu terus didorong, dimotivasi dan dipantau. Tim Disdik, Pelatih Ahli dan Pengawas bersama-sama dengan Tim LPMP perlu saling menguatkan untuk memastikan aktivasi akun belajar.id di semua sekolah.

Pada kesempatan ini, Pak Salim juga menyampaikan perkembangan Program Sekolah Penggerak angkatan 1, 2 dan 3 berfokus di angkatan 3. Disampaikan informasi pendaftaran PSP angkatan 3 adalah cadangan kepala sekolah di angkatan 1, cadangan dan pelamar baru di angkatan 2, dan pelamar baru dari kab/kota yang belum ikut angkatan 1 dan 2. LPMP Provinsi DKI Jakarta juga akan mengadakan kegiatan coaching clinic selama 6 hari dengan menghadirkan tim manajemen DAPODIK/Tim GTK untuk memandu secara teknis penggunaan SIMPKB dalam pendaftaran.

Kegiatan PMO dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, M.Pd. Dalam arahannya, perlu dikuatkan peran PMO dalam mengawal kelancaran pelaksanaan Program Sekolah Penggerak. Pertemuan periodik yang lebih intensif perlu terus dilakukan dalam mengawal Program Sekolah Penggerak agar tujuan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila dengan mutu lulusan unggul dan berdaya saing global.

Acara dilanjutkan paparan laporan PMO, dari PMO LPMP mulai dari jenjang SLB, SMA, SMP Jaktim, SMP Jaksel, SD Jaktim, SD Jaksel, PAUD Jaktim terakhir PAUD Jaksel. Dalam paparan disampaikan informasi capaian pelaksanaan Program Sekolah Penggerak angkatan 1 selama bulan Januari 2022 dan hambatan-hambatan yang dialami.

Memasuki sesi diskusi, dibahas berbagai kemungkinan solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan yang disampaikan oleh Tim Disdik/Sudindik dan Tim PMO Pusat. Pada sesi, ditetapkan juga penanggung jawab aktivitas solusi yang akan dilakukan.

Kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat untuk saling bertukar informasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan. Semoga kegiatan ini menjadi sinergitas bersama seluruh PMO Program Sekolah Penggerak mengatasi masalah tanpa masalah.

Sukses terus Program Sekolah Penggerak…  Semangat untuk mengawal pelaksanaannya…

   

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..