kegiatanLembaga

Semarakkan Bulan Merdeka Belajar, BPMP Provinsi DKI Jakarta Ikuti Jalan Sehat
Dini Agustina, S. Ikom., M. I. Kom

Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, BPMP Provinsi DKI Jakarta turut mengikuti kegiatan Jalan Sehat dalam rangka bulan Merdeka Belajar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 14 Mei 2023. BPMP Provinsi DKI Jakarta mengirimkan 100 orang Pegawai yang terdiri dari ASN dan PPNPN di lingkungan BPMP Provinsi DKI Jakarta. Selain itu BPMP Provinsi DKI Jakarta juga mengkoordinir perwakilan siswa dan guru dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan PMPK dengan total 118 peserta, yang terdiri dari beberapa sekolah di antaranya SD Negeri Tanjung Barat 01 Pagi, SMP Negeri 239 Jakarta, SMAN 104 Jakarta, SMK Islam PB Soedirman 2, SLBN 12 Jakarta, TKIT Permata Hati, SDS Islam Soedirman, SMPN 41 Jakarta dan SMAN 38 Jakarta. Kegiatan Jalan Sehat ini diikuti oleh kurang lebih 1510 peserta dari unsur Unit Utama Kemdikbudristek Sekretariat Jenderal, Ditjen GTK, Ditjen PDM, Ditjen Diksi, Ditjen Diktiristek, Ditjen Kebudayaan, Itjen, BSKAP, BPPB, LL Dikti, BPMP DKI Jakarta, serta Perwakilan Siswa SD, SMA, SMK, SLB.

      

Kegiatan Jalan Sehat ini diawali dengan senam bersama seluruh peserta di halaman kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, setelah itu para peserta mendengarkan arahan dari Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek Ir. Suharti, MA., Ph.D yang menjelaskan bahwa kegiatan jalan sehat ini merupakan salah satu  upaya menguatkan ekosistem pendidikan dan kebudayaan, serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam mewujudkan merdeka belajar yang berkelanjutan. Dalam sambutannya, Ibu Suharti menyampaikan kegiatan jalan sehat dilakukan serempak di seluruh provinsi di Indonesia dalam rangka bulan Merdeka Belajar, sesuai dengan tema Hardiknas Tahun 2023 yaitu Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

Kegiatan jalan sehat secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek Ir. Suharti, MA., Ph. D dengan mengangkat bendera tanda dimulainya kegiatan jalan sehat.  Jalan sehat ini menempuh jarak kurang lebih 5 Km dengan rute Kemendikbudristek – Semanggi – Summit Mas – Patung Pemuda – Bank Panin – Ratu Plaza – Kemendikbudristek. Seluruh peserta jalan sehat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan antusias.

      

Dalam kegiatan jalan sehat ini, 25 peserta jalan sehat tercepat mendapatkan medali dan disambut dengan serbuk warna-warni yang menandakan bahwa peserta telah selesai mengikuti kegiatan jalan sehat. Selanjutnya para peserta dihibur dengan penampilan dari Band dan Bintang Tamu yang hadir. Kegiatan ini dipandu oleh MC Edi Brokoli dan Didan ME. Acara dilanjutkan dengan pemberian testimoni dari para penerima manfaat program Merdeka Belajar dari unsur perwakilan siswa, mahasiswa dan guru. Kegiatan ini juga diselingi dengan pembagian hadiah lawang bagi para peserta jalan sehat, dengan hadiah utama 2 unit sepeda motor dari Bank BRI dan Bank Mandiri. Dalam kegiatan ini juga disediakan games menarik di sekitar panggung Kemendikbudristek, di antaranya ada games lempar bola yang diikuti oleh para peserta dengan antusias.

Kegiatan jalan sehat ini diakhiri pada pukul 10.00 WIB dengan ditutup oleh pemberian hadiah lawang utama berupa sepeda motor yang berhasil diraih oleh 2 siswi dari SMP Negeri 239 Jakarta, yaitu Aira Tri Hapsari dan Bunga Gita Hartono Putri. Semoga dengan adanya kegiatan jalan sehat ini semakin menambah semangat kekompakan dan solidaritas di lingkungan pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, sesuai dengan tema jalan sehat tahun ini Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar!

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..