Semarak Peringatan HUT RI ke-76 di LPMP Provinsi DKI Jakarta ”Daring, No Garing…”

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76 tanggal 17 Agustus 2021 masih dalam situasi pandemi COVID-19, namun hal ini tidak mengurangi kemeriahan peringatan kemerdekaan Indonesia seperti halnya di LPMP Provinsi DKI Jakarta. Jelang Detik-Detik Upacara Peringatan HUT RI yang terpusat di Istana Negara pukul 10.00 WIB secara daring, seluruh jajaran pimpinan beserta Widyaprada, PTP, dan  staf ASN serta PPNPN yang berjumlah 161 orang telah bergabung sejak pukul 8 pagi untuk mengikuti berbagai acara yang telah disiapkan oleh panitia.

Sebelum acara dimulai, MC Acara Resmi duet  Widyaprada Rosmida Simanjorang, M.Pd dan Dr. Didang Setiawan menjelaskan secara singkat jadwal dan rangkaian kegiatan. Untuk menghangatkan suasana MC mengajak seluruh peserta untuk  mengikuti permainan Roda Keberuntungan (Wheel of  Fortune) yang dipandu oleh Yulie Hapsari, M. Pd dengan nama pemenang Ernawati, S. Sos dan Siti Sofiah, S. Pd. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Pukul 08.30 WIB acara dimulai dengan pembacaan doa bersama dipimpin oleh Dr. Didang Setiawan, M.Pd yang dilanjutkan dengan pemutaran video Peringatan HUT RI hasil karya Tim Publikasi yang begitu mengharukan dan menggetarkan hati para peserta, membangkitkan semangat perjuangan  untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal-hal positif dalam situasi apapun termasuk saat pandemic COVID-19 yang terasa amat berat.

 

Dalam kesempatan ini pula dilakukan peresmian SIM Terpadu oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moh. Salim Somad, S.Kom, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar aplikasi SIM ini dapat berperan untuk meningkatkan kinerja LPMP Provinsi DKI Jakarta agar dapat bergerak lebih cepat, konsisten dan lebih tertata. Pemaparan fitur SIM Terpadu beserta video penjelasan singkat SIM disampaikan pengembang yaitu oleh Haryanto, S.Kom, MT, yang juga merupakan PTP di LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Aplikasi SIM Terpadu ini merupakan suatu sistem informasi manajemen yang di dalamnya mencakup berbagai aplikasi yang saling terintegrasi, antara lain aplikasi data satuan Pendidikan seperti data sekolah, data PTK dan data Guru, aplikasi kepegawaian yang berisi data pegawai, aplikasi kegiatan yang berisi setiap kegiatan yang dilaksanakan di LPMP Provinsi DKI Jakarta sesuai dengan akun-akun dalam RKAKL beserta telaah staf dalam kegiatan hingga laporan kegiatan, Aplikasi penugasan yang berisi data penugasan pegawai baik internal maupun eksternal, Aplikasi Unit Layanan Terpadu yang berisi data tamu, rekapitulasi hingga grafik dan survey ULT, Aplikasi PMP berupa analisis pemetaan, fasilitasi dan analisis SWOT, Aplikasi BDR yang digunakan pada tahun 2019-2020, Aplikasi Sertifikat yang telah dilengkapi barcode dan QR Qode, Aplikasi Supervisi, serta Aplikasi E-Training.

       

Kemeriahan suasana kembali saat diputarnya video nominasi Lomba Kreasi Video kategori karyawan yang dimenangkan oleh Seniwati sebagai Juara Pertama, dan video kategori anak yang dimenangkan oleh ananda Naufal, putra Bapak  Salim Somad. Selain itu ada pula Lomba kreatifitas cipta akronim SIM Lembaga melalui kolom chat yang dimenangkan oleh Ali Munawar, S.Kom dengan kreasi nama Si Pitung  (Sistem Informasi Program Inovasi Terpadu Unggulan) dan peserta pengirim usulan tercepat oleh Widyatmo, M.Pd dan Oktora Melansari, S.Sos, MA.  Selain itu melengkapi keseruan acara terdapat berbagai lomba kuis via chat zoom dan permainan roda keberuntungan yang menghangatkan suasana menjelang pengibaran bendera di istana negara.

Tiba saatnya untuk bergabung melalui siaran langsung Detik-Detik Peringatan HUT RI ke-76 tepat pukul 10.00 WIB. Seluruh pegawai LPMP Provinsi DKI Jakarta mengikuti rangkaian upacara bendera yang   diselenggarakan di Istana Merdeka Jakarta secara daring melalui aplikasi zoom meeting dipandu oleh MC Upacara Harry Praja Muda Karana, SH dan Kasturi, S. Pd.

Dalam Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-76, Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara. Raungan sirine dan dentuman sebanyak 17 kali menandai dimulainya prosesi Upacara Bendera. Sebelum pengibaran bendera Merah Putih, Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks proklamasi dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Presiden Joko Widodo kemudian pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Tiga anggota Paskibraka Nasional 2021 dalam Tim Indonesia Tangguh selanjutnya bergerak  mengibarkan bendera Merah Putih di halaman Istana Merdeka pada Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seusai mengikuti prosesi Upacara Bendera secara daring, acara kembali dilanjutkan dipandu oleh MC Lomba duo keren nan kocak Dini Pratiwindya, M.Pd dan Wahyu Wibowo, S.Psi yang berlangsung sangat meriah. Dimulai dengan Lomba Kuis Kahoot, sekitar 10 pertanyaan seputar pengetahuan tentang LPMP DKI Jakarta dilemparkan dan akhirnya pemenang lomba diraih oleh Sri Rakhmawanti, SE MM, Djihani A.Md, dan Fatmah Yunita, SE, yang secara kebetulan ketiganya berasal dari Fungsi FPMP. Keseruan acara makin terasa saat pembagian doorprize melalui roda keberuntungan dilanjutkan perlombaan menarik lainnya seperti lomba tebak berhadiah dan lomba Busana Terbaik dengan pemenang Rosmida dan Wahyu, dan lomba-lomba lain yang tak kalah seru.

        

Meskipun keseluruhan acara berlangsung secara daring, namun bukan berarti terasa garing. Semua harus merasakan kegembiraan agar makin bersemangat berkarya dan bekerja. Sebelum menutup acara, Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moh. Salim Somad, S.Kom, M.Pd mengungkapkan kebahagiaannya,  “Kegiatan ini sangat semarak dan hangat, acara hari ini luar biasa mantap dan benar-benar meningkatkan imun”.

Pandemi tidak boleh menghalangi kita untuk tetap semangat berkarya. Dirgahayu RI ke-76, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh… MERDEKAA….!!

 

 

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat