SAGU SABU PMP, Berkarya dan Berjaya!

Anti Kesuma -

Dimana wajah hasil penjaminan mutu pendidikan bisa dibaca?

Di tulisan para guru salah satunya.

Pada 5-6 September 2019 kemarin, di LPMP DKI Jakarta terjadi suatu keramaian yang menggetarkan. Keramaian dari semangat para guru yang terbakar semangatnya untuk mencipta sebuah karya buku terbit. Hal yang pada awal mengikuti kegiatan Workshop Menulis Satu Guru Satu Buku (Sagu Sabu) Penjaminan Mutu Pendidikan seperti masih menjadi sebuah keraguan, namun keraguan itu seketika gugur setelah kegiatan tersebut berlangsung.

Workshop menulis diikuti oleh 160 peserta yang terdiri dari 145 guru dan 15 peserta dari unsur pegawai LPMP DKI Jakarta dan nonguru. Kegiatan dibuka oleh Bapak Joko Sugiarto, yang mewakili unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan sekaligus wakil dari unsur Walikota Jakarta Selatan. Pejabat LPMP DKI Jakarta, R. Syamsul Arifin, S.Sos., M.M., Rina Harjanti, S.Si., Upi Purnamasari, S.Si., serta Widyatmo, M.Pd., hadir lengkap mengikuti upacara pembukaan kegiatan.

Kegiatan workshop menulis ini merupakan sinergi kerja sama perdana LPMP DKI Jakarta dengan Media Guru. Dimana gerakan SAGU SABU yakni Satu Guru Satu Buku gagasan Media Guru ini telah cukup lama dikenal dan selalu ditunggu oleh para guru. Kerja sama ini diawali dengan kesadaran bahwa segala tujuan besar akan terwujud lebih cepat dan bermakna jika dilakukan dengan sinergi bersama dari unsur-unsur yang saling menunjang. Terlebih lagi, kegiatan ini dilakukan oleh LPMP DKI Jakarta sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak Tahun 2016.

SAGU SABU kolaborasi yang dilaksanakan dua hari itu memiliki struktur program kegiatan sebanyak 16 jam pelajaran tatap muka dan pendampingan online selama sebulan melalui grup WA. Narasumber yg memfasilitasi adalah fasilitator handal Tim Media Guru, Mohammad Ihsan, Eko Prasetyo dan Yully Rakhmawati. Tema besar karya buku guru yang akan diterbitkan tentang penjaminan mutu pendidikan. Dimana pemilihan tema ini sebagai upaya untuk membumikan hasil-hasil penjaminan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh LPMP. Harapannya, karya buku yang akan dihasilkan peserta workshop menulis ini akan menjadi wujud nyata pemahaman guru terkait upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan yang merupakan tujuan besar dari dilaksanakannya penjaminan mutu pendidikan.

 

Dari hasil esai peserta kegiatan, terjaring data tema-tema buku yang akan dituliskan, yakni:

  • Metode Pembelajaran: 18%
  • Buku Pembelajaran: 22%
  • Inspirasi (opini,motivasi dan praktik baik): 45%
  • Artikel lainnya (sosial, agama, ekonomi, kesehatan, seni budaya, teknologi): 15%

Beberapa peserta juga akan menuliskan karya bertema literasi dan pendidikan karakter.

Di jelang akhir sesi kegiatan, fasilitator menampilkan 10 rancangan cover buku yang telah didisain untuk penulisnya, berdasarkan hasil penugasan penulisan sinopsis terbaik. Berikut tampilan 10 cover tersebut:

Yunita Kwartarani,M.Pd./ SD Islam Al Ikhlas Cipete

  • Judul Buku: Kisahmu Inspirasiku

Achmad Bahtiar Zen/ SMPN 111 Jakarta

  • Judul Buku: Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Seru, Asyik dan Menyenangkan

Yuliandre, S.Ag./ SMAN 45 Jakarta

  • Judul Buku: Kitab Nasihat

Ihsan Hasani,M.Pd./ SMKN 52 Jakarta

  • Judul Buku: Permainan Kecil dan Olahraga Tradisional

Widiawati/ SMAN 26 Jakarta

  • Judul Buku: Kupas Tuntas UN Bahasa Indonesia SMA 2020

Fajrul Akbar/ RS Siloam TB Simatupang

  • Judul Buku: Perawat yang Tersesat di Jalan yang Benar

Sugiharto, M.Pd./ SMPN 68 Jakarta

  • Judul Buku: Wayang Teacher

Rudi Hartono/ SMK Tanjung Barat Jakarta

  • Judul Buku: Berpikir Positif Meraih Impian

Devia Rosa, M.Pd./ SMAN 76 Jakarta

  • Judul Buku: Seni Membentuk Peradaban

Hendarmoko, S.Si./ LPMP DKI Jakarta

  • Judul Buku: Cara Dahsyat Mengubah Bad Mood menjadi Good Mood

Kegiatan ditutup dengan penguatan komitmen dengan ditandai penorehan tanda tangan seluruh peserta di spanduk komitmen bersama. Kerja sama yang akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan ini, ditargetkan dapat mendorong terciptanya buku-buku karya guru yang dapat dijadikan salah satu indikator keberhasilan pemahaman guru secara umum tentang tujuan pendidikan nasional.

 

Salam Literasi,

LPMP DKI Jakarta, berintegritas dan berkualitas!

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK