Sadar K A E D A H

Kaedah berarti asas, pedoman, rumus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Terkait arti kalimat di atas, mungkin kata ‘kaedah’ dapat dimaknai sebagai bagaimana sesuatu itu utamanya dilakukan atau bagaimana sesuatu itu utamanya difungsikan. Misal saja, berpakaianlah sesuai kaedahnya yakni berpakaian untuk melindungi tubuh dari pengaruh alam dan menjunjung nilai moral dan estetika sebagai manusia. Namun, tak jarang ditemukan manusia yang berpakaian dengan maksud lainnya seperti dorongan prestise, ingin populer, atau menarik perhatian. Betul saja hal-hal tersebut manusiawi, tapi sudah di luar inti kaedah berpakaian.

 

Mengapa perlu sadar kaedah?

Kita perlu sadar kaedah supaya tutur, perilaku, dan tindakan yang dilakukan sesuai aturan, baik aturan formal maupun nonformal. Meminimalisasi tindakan semau hati, keputusan yang tidak berdasar, atau yang masih sering terjadi adalah drama debat kusir, yakni mempertentangkan sesuatu tanpa mengedepankan asas dan pedoman yang berlaku.

Misal saja, keributan yang kerap terjadi di media sosial terkait pembahasan suatu isu yang sedang marak, yang berujung pada delcon alias menghapus pertemanan. Uww… boleh jadi hal itu sebagai salah satu contoh gagal pahamnya tentang kaedah berkomunikasi secara virtual. Maksud hati berargumentasi, ujung-ujungnya jadi provokasi. Panas.

Manfaat sadar kaedah

Ketika kita sadar kaedah dalam tutur, perilaku, dan tindakan, ada hal bermanfaat yang dihasilkan, yakni menambah nilai faedah dari yang kita kerjakan. Kok bisa? Iya, karena pada umumnya sesuatu yang dikerjakan sesuai aturannya akan menghasilkan produk yang lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Sesuatu bisa saja sama-sama dihasilkan dengan suatu cara, namun cara yang sesuai kaedahnya dapat memberikan hasil yang efektif dan efisien. Misal, anggaran negara bisa saja diserap 100% dengan melaksanakan program-program kerja, namun apakah kaedah menyerap anggarannya sudah sesuai kaedah penggunaan anggaran negara, atau apakah penyusunan program kerjanya sudah menerapkan kaedah analisis kebutuhan. Jawabannya akan tampak pada nilai faedah dari output yang dihasilkan.

Persoalan kaedah

Persoalan apa yang paling sering terjadi akibat kekurangpahaman terhadap kaedah?

Pekerjaan yang bertele-tele…

Produk yang meragukan…

Kebijakan yang ambigu…

Perilaku tidak konsisten…

Tindakan yang sewenang-wenang, maunya sendiri…

Miskomunikasi ataupun mispersepsi…

Dan masih banyak lainnya lagi.

 So, yuk kita pahami kaedah dari apapun yang kita jalani. Agar diri terkendali dari hal-hal yang bikin gagal arti. (antiK/13 Oktober 2021)

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat