Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap III Tahun 2021

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

 

LPMP Provinsi DKI Jakarta memiliki peran penting dalam memastikan terlaksananya Asesmen Nasional. Berbagai rangkaian kegiatan menjadi tanggung jawab LPMP Provinsi DKI Jakarta, yaitu: koordinasi AN dengan Dinas Pendidikan, Kemenag, dan Satuan Pendidikan,Sosialiasi ANBK, Pelatihan Proktor, Pembentukan Posko AN, Pendampingan Tindak Lanjut AN, Pengawasan AN dan Diseminasi Hasil AN.  Berdasarkan hal tersebut, maka LPMP Provinsi DKI Jakarta telah mengadakan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap III Tahun 2021 sebagai sarana koordinasi lanjutan antar instansi terkait dalam persiapan Asesmen Nasional Tahun 2021

 

Kegiatan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap III Tahun 2021 dilaksanakan secara daring pada tanggal 3 September 2021 dari pukul 08.00 s.d 16.30 WIB, dengan total peserta sebanyak 59 orang.  Peserta rakor terdiri dari Pejabat Penanggungjawab ANBK Provinsi DKI Jakarta; Kasi Kurikulum dan penilaian Bidang SMP dan SMA, Kasi kurikulum Bidang SD dan PKLK, Kasudin 11 wilayah pendidikan, Operator Sudin 11 wilayah pendidikan, Koordinator Proktor 6 wilayah, Koordinator Tim Teknis Provinsi DKI Jakarta, Koordinator Tim Teknis Jenjang SMK Provinsi DKI Jakarta, Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Bidang SD dan PKLK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Bidang Paudikmas Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Koordinator Tim Teknis Jenjang SMA Provinsi DKI Jakarta, SMK Negeri 56 Jakarta, Koordinator Tim Teknis Jenjang SD Provinsi DKI Jakarta, Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi LPMP Provinsi DKI Jakarta, dan Pengolah Data LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Pembukaan kegiatan oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd.  Dalam arahannya, Pak Salim mengemukakan bahwa Asesmen Nasional bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran dengan cara  mengevaluasi dan memetakan mutu di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dengan memotret  input, proses dan output pembelajaran di seluruh Satuan Pendidikan. Untuk itu LPMP Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk memperkuat pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) sesuai peran dan tanggung jawabnya.

 

   

 

Narasumber pertama adalah Dr. Eviana Hikamudin dari Pusmenjar Kemendikbudristek, yang menyampaikan Sosialisasi kebijakan persiapan dan pelaksanaan AN dan POS ANBK.  Pemateri kedua Widyaningtyas Sistaningrum, S.E, M.M, Widyaprada LPMP Provinsi DKI Jakarta, yang menyampaikan materi sosialisasi Ketentuan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.  Pemateri selanjutnya adalah Budi Setiya Ashari dari Pusdatikomdik yang menyampaikan Progres Verval TIK Kemendikbudristek dan Progres Hasil Visitasi Dinas Pendidikan Tentang Kesesuaian Data Verval TIK dengan Kondisi di Lapangan (Kesiapan Tim Teknis Sekolah, Sarpras AN, dan Sarpras Prokes PTM).

 

     

 

Sesi siang diawali oleh narasumber Drs. H. Hermanto, M.M, M.Si, Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, yang menyampaikan Progres Hasil Simulasi Tahap I dan Tahap II, dan Penetapan cut off Data Sekolah Pelaksana AN.  Materi dilanjutkan oleh Dra. Darra Sidrati, M.Pd.I, Sub Koordinator Seksi Pendidikan Diniyah, Kesetaraan dan Sistem Informasi Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, untuk Pondok Pesantren.  Materi dilanjutkan oleh Dr. Supadi, M.Pd, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta untuk Madrasah. Pak Supadi menyampaikan Progres Verval TIK Kemendikbudristek dan Progres Hasil Visitasi Dinas Pendidikan Tentang Kesesuaian Data Verval TIK dengan Kondisi di Lapangan (Kesiapan Tim Teknis Sekolah, Sarpras AN, dan Sarpras Prokes PTM); Progres Hasil Simulasi Tahap I dan Tahap II;  serta Penetapan cut off Data Sekolah Pelaksana AN.  Materi terakhir diisi oleh narasumber Rohimat Nuryana, Pemelihara TIK Pusmenjar Kemendikbudristek, yang menyampaikan materi Progres Kesiapan Data Penunjang dan Pelaksaaan Asesmen Nasional di Website ANBK bagi Satuan Pendidikan di Lingkungan Kemendikbudristek dan Kemenag Provinsi DKI Jakarta.

 

 

 

Rakor ditutup oleh Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi LPMP Provinsi DKI Jakarta, Ibu Uswatun Hasanah, SE, M.Ak.  Melalui pelaksanaan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap III, semoga koordinasi dan komunikasi menjadi semakin efektif antara LPMP, Dinas Pendidikan dan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta dalam mengawal pelaksanaan AN sesuai dengan dengan tugas dan fungsi masing-masing sehingga setiap satuan penddikan siap dalam mengikuti pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 yang pelaksanaannya akan diawali di tanggal 20 s.d 23 September untuk SMK/MAK/Paket C, 27 s.d. 30 September untuk jenjang SMA/MA, 4 s.d. 7 Oktober untuk jenjang SMP/MTs/Paket B, 8 s.d. 11 November bagi jenjang SD/MI/Paket A gelombang I dan 15 s.d. 18 November bagi jenjang SD/MI/Paket A gelombang II .

(HM)

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat