Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap II Tahun 2021

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

 

 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau: (a) Perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) Kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu).

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

 

LPMP Provinsi DKI Jakarta memiliki peran penting dalam memastikan terlaksananya Asesmen Nasional. Berbagai rangkaian kegiatan menjadi tanggung jawab LPMP Provinsi DKI Jakarta, yaitu: koordinasi AN dengan Dinas Pendidikan, Kemenag, dan Satuan Pendidikan, Sosialiasi ANBK, Pelatihan Proktor, Pembentukan Posko AN, Pendampingan Tindak Lanjut AN, Pengawasan AN dan Diseminasi Hasil AN.  Berdasarkan hal tersebut, maka LPMP Provinsi DKI Jakarta Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap II sebagai sarana koordinasi lanjutan antar instansi terkait dalam persiapan Asesmen Nasional Tahun 2021

 

Kegiatan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap II Tahun 2021 dilaksanakan secara daring pada tanggal 27 Juli 2021 dari pukul 08.00 s.d 17.00 WIB, dengan total peserta rakor 60 orang.  Peserta rakor terdiri dari Pejabat Penanggungjawab ANBK Provinsi DKI Jakarta; Kasudin Kab/Kota; Operator Sudin Kab/Kota; Koordinator Tim Teknis ANBK Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021; Bidang Pauddikmas, SD dan PKLK, SMP dan SMA; dan Staf LPMP Provinsi DKI Jakarta.

 

Pembukaan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap II Tahun 2021 oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Bapak Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd.  Setelah pembukaan dilanjutkan penyampaian materi pertama oleh Kadisdik Provinsi DKI Jakarta yang diwakili Plt. Kabid SMP-SMA, Bapak Putoyo HS, yang menyampaikan Sosialisasi progres persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional  di Provinsi DKI Jakarta.  Beliau menyampaikan mengenai progress persiapan yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi, antara lain terkait dengan progress data vervaltik, pembentukan Tim Teknis yang akan bertugas untuk membantu berbagai kendala teknis yang dihadapi oleh setiap satuan pendidikan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota hingga tingkat provinsi. Selain itu dilakukan mitigasi masalah serta upaya-upaya untuk mengantisipasinya.

Narasumber kedua adalah Bapak Dr. Eviana Hikamudin dari Pusmenjar Kemdikbudristek yang menyampaikan Sosialisasi updating kebijakan persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional.  Informasi terbaru yang disampaikan antara lain telah terbitnya Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional sebagai landasan hukum dalam pelaksaanaan Asesmen Nasional.  Selanjutnya POS Asesmen Nasional juga akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Materi ketiga disampaikan oleh Kepala UPT Pusdatikomdik Provinsi DKI Jakarta, Bapak Junaedi, yang menyampaikan materi tentang progres data verval TIK di Provinsi DKI Jakarta.  Progress perbaikan TIK per 26 Juli 2021 dari 4882 satuan pendidikan telah mencapai 99,98% .

 

   

 

Setelah istirahat siang, dilanjutkan dengan penyampaian materi keempat oleh Plt. Wakadis Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Slamet, yang menjelaskan mengenai Sosialisasi Peran dan Petugas Tim Teknis Asesmen Nasional di Provinsi DKI Jakarta yang sudah disiapkan berjenjang dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan sehingga setiap kendala diharapakan dapat diselesaikan dengan cepat dan terpadu.

Materi kelima disampaikan oleh Bapak Abdul Azis A, SE dari Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, yang menjelaskan progres data verval TIK untuk sekolah-sekolah di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta.  Data vervaltik per 26 Juli 2021 menunjukkan dari 878 satuan pendidikan masih terdapat 845 yang belum ditentukan status pelaksanaannya. Melalui kegiatan ini percepatan progress vervaltik akan dilakukan dengan meningkatkan koordinasi antara Kanwil Kemenag dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk melakukan approval status pelaksanaan maupun distribusi sekolah.

Selanjutnya, Dr. Supadi, M.Pd, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta memaparkan Sosialisasi Peran dan Petugas Tim Teknis Asesmen Nasional.  Pemateri terakhir dari Pusdatin Kemdikbudristek, Bapak Albertus Noviantoni, S.Kom menjelasakan mengenai teknis Verval TIK untuk Satuan Pendidikan dan Verval TIK untuk Dinas dan Kanwil Kemenag.

 

 

Di akhir kegiatan Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi LPMP Provinsi DKI Jakarta, Ibu Uswatun Hasanah, SE, M.Ak menyampaikan agar  Dinas Pendidikan dan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta meningkatkan kolaborasi dan koordinasi serta menindaklanjuti berbagai upaya untuk mempercepat progress persiapan Asesmen Nasional baik terkait progress data vervaltik, melakukan visitasi dan inventarisasi kesesuaian data dengan kondisi di lapangan maupun kesiapan para tim teknis untuk membantu persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional.

Melalui pelaksanaan Rapat Koordinasi Asesmen Nasional Tahap II semoga Dinas Pendidikan dan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta akan lebih siap dalam melaksanakan Asesmen Nasional Tahun 2021. (HM)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat