Rangkaian Pelaksanaan Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2022
Poppy Sopiah Mardiati, S.Si
Supervisi Mutu menjadi salah satu unsur penting dalam mewujudkan penjaminan dan peningkatan mutu yang ada pada satuan pendidikan. Supervisi merupakan suatu mekanisme dalam rangka meningkatkan kemampuan profesional sebagai upaya mewujudkan proses belajar mengajar yang lebih baik. Dengan kata lain, supervisi berfungsi untuk mengoordinasikan keseluruhan usaha sekolah, memperluas pengalaman guru, mendorong usaha-usaha pembelajaran kreatif, memberikan penilaian secara terus menerus, dan memberikan pengetahuan serta keterampilan kepada para guru. BPMP Provinsi DKI Jakarta yang merupakan kepanjangan tangan dari Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah pada tahun 2022 ini mengemban amanah untuk memastikan pelaksanaan supervisi mutu satuan pendidikan dalam pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) berjalan secara sistematis dan komprehensif, sehingga dapat mewujudkan ketercapaian mutu pendidikan.
Supervisi Mutu dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melakukan penilaian, perbaikan, pendampingan dan pembimbingan tentang Kebijakan Merdeka Belajar melalui Program Sekolah Penggerak dan IKM bagi sekolah-sekolah yang menjalankan Merdeka Belajar secara Mandiri. Supervisi Mutu ini pun diharapkan dapat memastikan guru-guru memiliki orientasi pembelajaran pada penguatan kompetensi dan penguatan karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Terlebih pada Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, meletakkan penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta kompetensi literasi dan numerasi peserta didik, sebagai fokus dalam Standar Kompetensi Lulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar, menengah dan kejuruan. Upaya ini sebagai wujud nyata implementasi penguatan Sumber Daya Manusia sebagaimana tertera dalam Peraturan Presiden tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kemendikbud 2020-2024.
Supervisi Mutu dalam Perencanaan Berbasis Data (PBD) diharapkan dapat memastikan bahwa kepala sekolah memiliki perencanaan program pendidikan yang baik, yang berangkat dari identifikasi permasalahan yang dihadapi, mengingat sebuah perencanaan tentunya memiliki maksud dan tujuan untuk melakukan peningkatan mutu pendidikan. Salah satu tantangan dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah adalah mengubah pola pikir pengelola sekolah dan pemangku kepentingan dalam menyusun perencanaan program pembelajaran/pendidikan.
Prinsipnya, Pelaksanaan Supervisi Mutu Tahun 2022 memastikan bahwa semua sekolah melakukan penguatan literasi dan numerasi, perencanaan berbasis data dan Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah yang dibutuhkan, bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah. Di sinilah urgensi BPMP, serta Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk bersama-sama menjalankan peran pendampingan supervisi di satuan pendidikan.
Pelaksanaan supervisi mutu diawali dengan melakukan pemetaan kondisi capaian mutu di satuan pendidikan, lalu menganalisis permasalahan capaian mutu, menyusun rekomendasi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan capaian mutu di tingkat satuan pendidikan. Menjadi tugas pengawas untuk dapat mendampingi implementasi hasil supervisi mutu oleh satuan Pendidikan, memonitoring, serta mengevaluasi pelaksanaannya. Hasil monitoring dan evaluasi menjadi bahan pengawas untuk memberikan saran perbaikan atau menyusun strategi baru bagi satuan pendidikan dalam mencapai mutu yang ditetapkan. Pelaksanaan supervisi mutu merupakan siklus yang berlangsung terus menerus secara berkesinambungan sampai sekolah mencapai mutu atau melampaui mutu yang ditetapkan, sehingga Supervisi Mutu dapat menjadi Solusi Mengawal Peningkatan Mutu Pendidikan.
Sasaran dari pelaksanaan supervisi mutu adalah seluruh pengawas sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SLB, dengan pola pelaksanaan di sekolah yang ditunjuk oleh Pengawas untuk menjadi titik kumpul seluruh/dari sekolah binaan pengawas yang bersangkutan. Sekolah yang dijadikan titik kumpul ini menjadi sampel/contoh/model pelaksanaan supervisi mutu yang akan dilakukan oleh pengawas tersebut di seluruh sekolah binaannya. Dengan demikian diharapkan seluruh proses supervisi mutu oleh pengawas dapat terlaksana dengan baik dan seluruh sekolah binaan pengawas dapat disupervisi sesuai dengan prosedur dan tahapan yang sesuai.
Pelaksanaan supervisi mutu Pendidikan pada tahun 2022 di Provinsi DKI Jakarta telah selesai dilaksanakan pada dalam rentang waktu pelaksanaan tanggal 30 September 2022 s.d 15 November 2022. Selanjutnya agar hasil supervisi mutu pendidikan dapat ditindaklanjuti dan memberikan manfaat bagi pihak-pihak terkait, perlu kiranya BPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang di mulai dari Analisis dan Penyusunan Laporan Hasil Supervisi Mutu Pendidikan serta Diseminasi Supervisi Mutu.
Kegiatan Analisis dan Penyusunan Laporan Hasil Supervisi Mutu Pendidikan telah dilaksanakan pada Selasa, 29 November dan Senin, 5 Desember 2022 di Aula Melati BPMP Provinsi DKI Jakarta. Peserta kegiatan ini adalah 45 orang terdiri dari perwakilan Pengawas TK/SD/SLB/SMP/SMA Provinsi DKI Jakarta, Widyaprada, serta Fungsional Umum BPMP Provinsi DKI Jakarta.
Kegiatan dibuka oleh Kepala BPMP Provinsi DKI Jakarta yang diwakili Ketua Pokja Komunikasi, Kemitraan dan Pemberdayaan Ibu Widyaningtyas Sistaningrum yang sekaligus menyampaikan materi Evaluasi Mutu Supervisi Pendidikan dan Penjelasan Teknik Analisis Data Hasil Supervisi. Hadir pada kegiatan ini Kepala seksi kurikulum dan penilaian bidang SMP dan SMA yang menyampaikan materi kebijakan Dinas Provinsi DKI Jakarta tentang Supervisi Mutu Pendidikan. Hadir juga Bapak Haryanto, S.Kom, M.Si dan Bapak Rudi Budi Agung Dosen Prodi Teknik Informatika STMIK Bani Saleh yang menyampaikan materi Teknik Analisis Data Hasil Supervisi.
Tujuan dari kegiatan Analisis dan Penyusunan Laporan Hasil Supervisi Mutu Pendidikan adalah Mengolah data hasil supervisi mutu pendidikan tahun 2022, menganalisis data hasil supervisi mutu pendidikan tahun 2022, menyusun rekomendasi data hasil supervisi mutu pendidikan tahun 2022, serta menyusun Menyusun bahan diseminasi hasil supervisi mutu pendidikan tahun 2022.
Setelah mendapatkan bekal materi, selanjutnya peserta dibagi menjadi 5 kelompok sesuai jenjang TK/SLB/SD/SMP/SMA. Setiap kelompok bertanggungjawab untuk menganalisis dan menyusun rekomendasi serta menghasilkan bahan diseminasi hasil supervisi mutu pendidikan tahun 2022.
Pelaksanaan Supervisi Mutu Pendidikan telah selesai dilaksanakan, selanjutnya agar hasil-hasil Supervisi Mutu Pendidikan dapat ditindaklanjuti dan memberikan manfaat bagi pihak-pihak terkait, BPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan yang merupakan rangkaian akhir kegiatan supervisi.
Kegiatan Diseminasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan dilaksanakan dengan pola 8 JP pada Selasa, 13 Desember 2022 secara daring, melalui Video Conference dengan Aplikasi Zoom. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPMP Provinsi DKI Jakarta yang diwakili Ketua Pokja Komunikasi, Kemitraan dan Pemberdayaan, Ibu Widyaningtyas Sistaningrum sekaligus beliau menyampaikan materi Diseminasi Hasil Pendampingan Perencanaan Berbasis Data serta Hasil Supervisi Mutu Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Hadir pada kegiatan ini Kepala Bidang Perencanaan dan Penganggaran Ibu Rita Marina, M.Si yang menyampaikan materi kebijakan Dinas Provinsi DKI Jakarta tentang PBD dan Supervisi Mutu Pendidikan. Pada kegiatan ini Ibu Upi Purnamasari Widyaprada Ahli Muda, Ketua Pokja Penjaminan Mutu Pendidikan menyampaikan materi tentang Mengawal Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Sijampang Mudik.
Perwakilan pengawas jenjang TK/SLB/SD/SMP/SMA yaitu Dr. Hj. Listiani Rita Hartini, M.Pd (Tim Fasilitator TK), Nanang Burhan, M.Pd (Tim Fasilitator SLB), Dr. Sulartinah (Tim Fasiltator SD), Dr. Indrawati M.Pd. (Tim Fasilitator SMP), Dr. Mahnuri, M.Si (Tim Fasilitator SMA) menyampaikan Diseminasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan sesuai jenjang di breakout room masing-masing, yang diharapkan dapat terdiseminasikan hasil analisis Supervisi Mutu Pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan sehingga dapat memberikan manfaat dan menjadi acuan bagi pelaksanaan supervisi mutu tahun berikutnya.
Alhamdulillah, Puji Syukur kepada Allah SWT segala alur proses kegiatan Supervisi Mutu Pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan untuk mencapai tujuan. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini.