Raih ZI WBK, LPMP DKI Jakarta Bertekad Wujudkan WBBM

Setelah berhasil meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) di tahun 2019, saat ini LPMP DKI Jakarta bergegas untuk melakukan langkah-langkah dalam rangka mewujudkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah dengan memperkuat Tim Komite Integritas yang telah dibentuk pada tanggal 21 April 2020. Situasi Pandemi Covid-19 yang menuntut ASN bekerja dari rumah tidak menyurutkan langkah LPMP DKI Jakarta untuk menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Komite Integritas secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dari tanggal 4 sampai dengan 11 Mei 2020. “Saya berharap SK yang sudah ditandatangani, dapat dijalankan dengan sebaik mungkin”, demikian disampaikan Kepala LPMP DKI Jakarta, Moh. Salim Somad, S.Kom, M.Pd pada arahannya saat pembukaan kegiatan.

Kegiatan ini didukung oleh narasumber ahli di bidangnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi, Yulianto Saptoprasetyo dan Sugiarto yang menyampaikan materi Penguatan Pengawasan dan Pengendalian Lembaga. Pada kesempatan ini narasumber menyampaikan apresiasinya bagaimana usaha pencegahan korupsi di LPMP DKI Jakarta. “Sebaik-baik pendampingan atau pemenuhan ZI-WBK, namun yang lebih baik yaitu bagaimana memberikan pemuasan pada pelanggan atau stakeholder yang merupakan prioritas kita. Ketika berbicara konflik kepentingan akan berhubungan dengan kepuasan pelanggan/stakeholder. Salah satu yang menyebabkan konflik kepentingan adalah adanya pemberian hadiah”. Selanjutnya lebih jelas dipaparkan pada peserta tentang apa itu gratifikasi, bagaimana cara kita menyikapi gratifikasi dan cara pelaporan mengenai pengaduan masyarakat.

Di hari kedua hadir sebagai narasumber Agusdin Muttakin dari Kementerian PAN dan RB dengan materi Evaluasi Pembangunan ZI-WBK/WBBM yang menegaskan bahwa sebagai pelayanan publik pemerintah saat ini dituntut inovasi dan kreatifitas yang tinggi untuk melayani masyarakat yang terus berkembang sesuai kemajuan jaman, inovasi bisa datang dari mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan kepanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, tentunya LPMP DKI Jakarta memiliki kepentingan besar untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik untuk para stakeholdernya. Untuk itu Tim Komite Integritas yang terdiri dari 7 bidang yaitu: Zona Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Sistem Manajemen SDM, Akuntabilitas, Pengawasan, Pengembangan Program dan Kemitraan, serta Pelayanan Publik dan Publikasi bersatu dalam sistem yang terintegritas berkualitas bersama-sama berjuang mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan melayani. Setelah penguatan materi dari narasumber, masing-masing zona ditugaskan untuk menyusun serta menyampaikan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) dan paparan program kerja selama kurun waktu 1 tahun di hari ketiga dan keempat.

Setelah kegiatan ini diharapkan masing-masing zona terus bekerja sesuai dengan program kerja dan target waktu yang telah ditentukan sehingga pada akhirnya akan tercapai hasil sesuai harapan bersama, seperti yang diungkapkan Uswatun Hasanah, Kasubbag Umum sekaligus Ketua Tim Komite Integritas “Pekerjaan ini adalah pekerjaan Tim, sehingga sangat butuh komitmen bersama. Apapun konsep dan pemikiran, namun jika tidak ada komitmen bersama, maka pekerjaan tidak dapat berjalan dengan lancar. Untuk mempertahankan predikat ZI-WBK 2019 dan meningkatkan lebih baik lagi, yang harus dibangun adalah niat untuk mencapai tujuan bersama-sama”.

LPMP DKI Jakarta – Berintegritas Berkualitas

(OMS)

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..