“Presentasi Makin Keren dengan Efek Gambar 3D”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat tampilan media pembelajaran jarak jauh (PJJ) makin menarik, salah satunya adalah dengan menampilkan efek gambar 3 dimensi (3D) dalam materi presentasi melalui aplikasi Microsoft Power Point (PPT). Tema yang sangat menarik minat para guru ini diangkat dalam kegiatan Belajar Bersama dalam Jaringan (BerBaRing) pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 dengan narasumber Haryanto, S.Kom, M.T, dan dipandu moderator Ani Purwati, M.Pd.

Kolaborasi duet Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP Provinsi DKI Jakarta ini mampu membuat para peserta terpukau dan sangat antusias dalam mempelajari tahap demi tahap materi yang disampaikan. Berbeda dengan materi-materi BerBaring sebelumnya, episode kali ini lebih fokus pada teknik membuat presentasi menjadi lebih menarik dengan efek Gambar 3D. Seperti cara pembuatan efek 3 dimensi pada gambar (Pop-out Image Effect), tulisan (3D Text), dan penambahan model-model 3 dimensi (Insert 3D Model).

Tahap demi tahap proses pembuatan efek 3D dijelaskan dengan rinci oleh narasumber Haryanto, S.Kom, M.T, yang akrab disapa Kang Har. Contoh-contoh hasil kreasi efek 3D yang ditampilkan telah membuat para peserta semakin tertarik untuk mempercantik tampilan presentasinya. Apalagi ternyata hal ini tidak terlalu sulit untuk dipraktikkan.

Tentunya begitu banyak cara-cara membuat sajian materi media pelajaran yang sangat menarik pada setiap episode BerBaRing, maka jangan sampai terlewatkan untuk mengikutinya. Apabila Anda tidak sempat mengikuti atau terlambat mendaftar, jangan khawatir, karena setiap episode selalu ditayangkan melalui kanal Youtube Official LPMP DKI Jakarta. Untuk episode ini dapat disaksikan melalui tautan: https://bit.ly/Gambar3DPadaPresentasiPowerPoint

Semoga kegiatan BerBaRing kali ini dapat menambah ilmu, dan semakin memperluas wawasan peserta dalam membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik. Media pembelajaran yang menarik akan melahirkan pembelajaran yang menyenangkan, dan tentunya peserta didik lebih mudah menyerap materi yang disampaikan. Besar harapan kita bersama, pada akhirnya upaya ini akan berdampak pada meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya, serta khususnya di Provinsi DKI Jakarta. Jangan takut untuk mencoba dan sering berlatih, karena semakin sering kita mempraktikkan, maka akan semakin baik kreasi yang akan dihasilkan. “Practise makes perfect”.

   

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat