Presentasi Interaktif Menggunakan Aplikasi Nearpod
Ati Rosidah, M.Pd (PTP LPMP Provinsi DKI Jakarta)

Saat kita akan memberikan materi baik sebagai guru, narasumber, fasilitator, dosen atau jabatan apapun, sudah pasti kita akan menyiapkan paparan semenarik mungkin agar saat paparan audiens lebih mudah memahami materi yang kita sampaikan. Umumnya, saat membuat paparan kita akan menggunakan powerpoint yang dapat memungkinkan untuk membuat paparan dari yang sangat sederhana, bahkan sampai paparan yang menarik dengan berbagai animasi.

Tetapi saat pembelajaran jarak jauh, kita dituntut juga membuat media pembelajaran yang selain menarik juga interaktif, sehingga dengan mudah mengajak siswa atau audiens aktif dalam pembelajaran secara langsung. Untuk membuat paparan yang lebih interaktif, selain bahan paparan dapat menggunakan powerpoint atau google slide, maka kita juga dapat menggunakan aplikasi Nearpod untuk menampilkan paparan kita lebih interaktif.  Keuntungan menggunakan Nearpod karena dapat mengajak siswa atau peserta kegiatan langsung interaktif memberikan respon terhadap berbagai pertanyaan atau aktivitas lain yang guru berikan.

Nearpod adalah salah satu platform ruang pembelajaran yang menghadirkan interaksi siswa dengan guru yang cukup unik. Selama pertemuan dalam ruang virtual, pengajar dapat membuat sebuah presentasi yang berisikan gambar, teks, video, bahkan kuis untuk dimainkan bersama. Nearpod menyediakan dua jenis pilihan untuk membuat paparan yang interaktif, yaitu:

  1. Konten, yaitu bahan yang bisa diinsert dalam paparan yang kita buat seperti membuat slide, menambah video, memasukkan konten web, bahan ajar berbentuk 3D, simulasi, menambah konten virtual reality, menambah bahan dari sway (microsoft office), audio dan lain-lain.
  2. Aktivitas, yaitu beragam aktivitas untuk membuat pembelajaran lebih aktif dan interaktif telah tersedia dalam nearpod. Aktivitas tersebut diantaranya time to climb, pertanyaan terbuka, kuis, tes berbentuk menjodohkan, membuat poling, dan lain-lain.

Pada prosesnya bahan presentasi yang sudah dibuat menggunakan nearpod, dapat ditampilkan dan dimainkan bersama siswa, baik secara langsung saat tatap maya misalnya menggunakan zoom maupun tidak langsung (dijadikan penugasan, misalnya diberikan di google classroom).

Untuk memulai membuat prerentasi interaktif dengan nearpod kita mengakses https://nearpod.com/ lalu daftar jika belum pernah mengakses nerapod sebelumnya, jika pernah mendaftar tinggal login. Untuk mendaftar jika memiliki gmail atau office 365 silahkan langsung gunakan akun tersebut untuk mendaftar, dan ikuti prosesnya sampai masuk ke halaman beranda nerapod.

 

Pada halaman beranda ada fitur tentang My Lesson untuk membuat paparan baru atau paparan yang sudah kita buat, dan ada Report untuk melihat hasil pengisian dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan nearpod.

Untuk memulai membuat paparan, kita klik create a lesson dan akan masuk pada halaman berikut:

 

Sebelum membuat paparan, sebaiknya beri judul filenya terlebih dahulu dengan mengganti Untitled Lesson dengan nama file paparan yang akan kita buat. Pada bagian ini, kita bisa membuat dari awal paparan baru atau memindahkan file paparan yang sudah kita buat baik dalam bentuk ppt, png atau pdf. File bisa yang tersimpan di dokumen komputer, google drive atau dropbox.

 

Jika file yang sudah kita buat sebelumnya berhasil diupload ke nearpod, maka nanti tinggal ditambah isinya, baik berupa konten atau aktivitas. Untuk menambah konten atau aktivitas diklik Add New maka tampilannya sebagai berikut:

A. Ragam pilihan yang konten

 

Untuk konten pilihannya sebagai berikut:

  1. Slides dan slides (classic), jika kita akan membuat paparan dari awal dengan membuat paparan dari nearpod langsung
  2. Video, dimanfaatkan untuk menambah video pada paparan, ada beragam video yang sudah disiapkan nerapod digaleri, bisa upload dari youtube, atau upload dari komputer/google drive/dropbox
  3. Web Content, digunakan jika ada tambahan informasi pada paparan yang diambil dari web tertentu dengan memasukan alamat urt webnya
  4. Nearpod 3D, digunakan jika akan menambahakan konten 3D yang disediakan nearpod. Silahkan dieksplore ada banyak pilihan materi yang tersedia sesuai mapel yang ada pilihannya
  5. Simulation, pada konten nearpod juga banyak pilihan meteri untuk praktik yang bisa dilakukan oleh siswa. Kita tinggal menggunakan saja sesuai konten yang disediakan nearpod
  6. VR Field Trip, konten dalam bentuk virtual reality yang sangat menarik bisa kita masukan kedalam paparan yang kita buat sesuai dengan bahan yang tersedia di nearpod
  7. BBC Video, jika akan menambahkan video dengan sumber BBC Video
  8. Sway, jika kita pernah membuat media sway dengan microsoft 365 maka konten tersebut bisa kita masukkan kedalam paparan yang kita buat pada nearpod
  9. Lainya ada slideshow, audio dan pdf viewer

B. Ragam pilihan yang aktivitas

Untuk pilihan aktivitas yang bisa kita tambahkan kedalam paparan interaktif, di antaranya:

  1. Time to Climb, bentuknya seperti kuis pilihan ganda dan tentukan jawaban yang benarnya, tapi saat proses dimainkannya lebih seru dibanding quiz karena peserta diminta memilih karakter saat akan gabung main. Peserta yang nilai terbaik akan ada di posisi paling atas. Ini akan meningkatkan motivasi siswa saat mengerjakan soal yang diberikan
  2. Open Ended Question, ini digunakan jika kita akan meminta siswa untuk memberikan pendapat atau jawaban dalam bentuk uraian
  3. Matcing Pairs, digunakan untuk memberikan soal mencocokkan. Bisa teks dengan teks, teks dengan gambar, atau gambar dengan gambar
  4. Quiz, digunakan untuk memberikan soal kepada siswa dalam bentuk pilihan ganda dan tentukan jawaban benarnya. Jika siswa telah mengerjakan soalnya, maka akan keluar skor per siswa
  5. Draw it, jika siswa diminta untuk menggambar menggunakan tool yang tersedia di nearpod
  6. Poll, digunakan jika akan mebuat poling kepada siswa secara langsung. Untuk poling tidak ada jawaban benar salah, yang akan terlihat nanti jumlah pilihan pada tiap option
  7. Fill in the Blank, digunakan untuk soal yang melengkapi bagian yang kosong. Siswa diminta memindahkan pilihan jawaban yang tersedia dan dimasukan ke bagian yang kosong tadi sesuai dengan pilihan jawaban yang tepat
  8. Memory Tes, bisa digunakan untuk tes kemampuan mengingat letak gambar. Cocok juga untuk ice breaking saat belajar mulai jenuh.

Pada presentasi yang kita buat, tidak perlu semua jenis konten atau aktivitas kita masukkan, tetapi disesuaikan dengan materi yang diberikan dan durasi waktu pelaksanaan pembelajaran. Pada setiap aktivitas yang kita pilih ada option untuk preview sehingga kita bisa melihat tampilan jenis aktivitas tersebut jika siswa mengerjakannya.

Jika kita sudah selesai membuat paparan dengan menambah konten dan beberapa aktivitas maka jangan lupa klik simpan dan keluar.

 

Maka tampilan berikutnya akan kembali ke beranda.

Untuk menggunakan paparan yang dibuat interaktif menggunakan nearpod saat KBM dengan siswa maka pilih file paparan yang akan ditampilkan klik titik tiga maka akan tampil sebagai berikut:

 

Ada dua pilihan saat akan digunakan.  Jika KBM sedang tatap muka baik di kelas atau menggunakan zoom misalnya, maka pilih live participation, tetapi jika akan menjadi penugasan misalkan di google classroom maka pilih student paced.

Supaya lebih menarik, maka lebih baik kita tampilkan secara langsung, nanti siswa diminta untuk menggunakan perangkat baik gadget atau laptopnya masing-masing. Saat kita klik live participation, maka tampilannya sebagai berikut:

 

Ajak siswa untuk mengkases Join.nearpod.com lalu masukkan kode yang tersedia. Atau bisa juga kita copy link dan berikan linknya kepada siswa untuk di-klik. Lalu masukkan nama siswa masing-masing ,lalu siswa akan bergabung dalam paparan interaktif yang kita buat. Silahkan ditunggu sampai semua siswa dalam kelas kita bergabung, dan mengikuti paparan serta aktivitas yang kita buat. Jika semua siswa sudah bergabung, maka guru dapat memulai pembelajaran dan membuka slide demi slide.

Jika saat slide tentang materi, guru langsung menjelaskan materi tersebut. Jika slide isinya aktivitas, maka guru meminta siswa untuk mengerjakan penugasan secara langsung menggunakan perangkat masing-masing. Guru tinggal melihat progres isian seluruh siswa yang tampil di monitor gurunya. Lakukan sampai materi pada setiap slide dibuka sampe slide terakhir. Jika KBM sudah selesai dan presentasi akan diakhiri maka langkah berikutnya:

Klik tulisan nearpod di atas, bisa klik report, dan masukkan email maka hasil respon siswa akan dikirim nearpod pada email kita. Lalu klik juga End Session untuk keluar dari paparan nearpod. Selanjutnya pada bagian beranda kita juga bisa klik Reports untuk melihat semua data hasil isian siswa terhadap aktivitas yang kita berikan saat paparan. Maka respon setiap siswa itu bisa kita input kedalam buku nilai sebagai hasil penilaian terhadap proses pembelajaran.

Demikian penjelasan terkait cara membuat presentasi yang interaktif menggunakan nearpod. Silahkan buka materi webinar tentang nerapod jika ingin langsung praktik dengan mengikuti penjelasan pada webinar tersebut pada link: https://www.youtube.com/watch?v=kUAGMivIRbk

Silahkan dicoba semoga bermanfaat.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..