Persiapan Rapat Koordinasi Dengan Pemerintah Daerah Terkait Asesmen Nasional
Sri Sulastri, S.Si, M.Pd

Asesmen Nasional (AN) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan  program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Pijakan pelaksanaan AN terdapat pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemdikbudristek) nomor 17 tahun 2021 tentang AN. Prosedur operasional standar (POS) penyelenggaraan AN didasarkan pada Peraturan Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek nomor 013/H/PG.00/2022. Pada peraturan tersebut dikatakan bahwa pelaksanaan AN dikoordinasikan oleh Kemendikbudristek bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, serta Kanwil, dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi DKI Jakarta memiliki peran penting dalam memastikan terlaksananya AN. Berbagai rangkaian kegiatan menjadi tanggung jawab BPMP Provinsi DKI Jakarta, diantaranya: koordinasi AN dengan Pemerintah Daerah, Pendampingan Penentuan Status Pelaksanaan AN di Satuan Pendidikan, Pendampingan Penentuan Distribusi Sekolah Menumpang, Pendampingan Gladi Bersih Pelaksanaan AN, Pendampingan Simulasi Pelaksanaan AN, Pendampingan Posko AN tingkat Daerah, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan AN,   Diseminasi Hasil AN, dan tindak lanjut hasil AN dalam Bimtek Platform Rapor Pendidikan.

Persiapan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Terkait Pelaksanaan AN adalah kegiatan yang sangat penting, karena menjadi sarana koordinasi awal antar instansi terkait dalam penjaminan pelaksanaan rangkaian kegiatan AN tahun 2022 di Provinsi DKI Jakarta sesuai dengan POS penyelenggaraan AN. Kegiatan ini memiliki tujuan: (1) memberikan persamaan pengertian dan informasi terkait kebijakan dan teknis   pelaksanaan AN tahun 2022; (2) memperoleh informasi tentang hasil AN serta strategi pemanfaatannya dalam peningkatan mutu satuan pendidikan; serta (3) menindaklanjuti hasil evaluasi pelaksanaan AN tahun 2021.

Kegiatan dilaksanakan pada Kamis s.d Jum’at, 19 s.d 20 Mei 2022 bertempat di Hotel Mercure, jalan Gatot Subroto No. Kav.1, Kuningan Barat, Setiabudi, Jakarta Selatan. Peserta kegiatan ini terdiri dari unsur Dinas/Suku Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Koordinator Pengawas Tingkat Provinsi DKI Jakarta, Operator Teknis AN, Koordinator Fungsi, Fungsional, dan Pelaksana BPMP Provinsi DKI Jakarta.

   

Hadir pada kegiatan ini sebagai narasumber adalah Bapak Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd, selaku kepala BPMP DKI Jakarta dengan materi Implementasi AN 2022    BPMP Provinsi DKI Jakarta. Narasumber selanjutnya adalah kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang diwakilkan oleh wakil Kepala Dinas, Bapak Purwo Susilo, M.Pd, dengan materi Implementasi AN 2022  dan Evaluasi AN 2021 Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Pemateri ketiga adalah Kepala Pusat Asesmen  Pendidikan yang diwakilkan oleh Bapak Januar Pribadi, S.Psi, GCert.ed, sebagai Pengembang Model Penilaian dengan materi Kebijakan AN 2022, POS AN 2022, dan Evaluasi AN 2021. Pemateri terakhir di hari pertama kegiatan adalah Bapak Nurjaman, S.Pd, sebagai Koordinator Tim Teknis ANBK provinsi DKI Jakarta dengan materi Teknis Pelaksanaan AN 2022.

Narasumber pada hari kedua adalah Bapak H. Saiful Mujab, M.A, selaku Kepala Kanwil Kemenag  Provinsi DKI Jakarta dengan materi Implementasi AN 2022 dan Evaluasi AN 2021 Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. Materi selanjutnya disampaikan oleh Ibu Sri Sulastri, S.Si, M.Pd, sebagai Koordinator Fungsi  Pemetaan Mutu Pendidikan dengan materi Pemanfaatan Hasil AN untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Di akhir kegiatan dilakukan pembangunan komitmen bersama terkait      AN yang difasilitasi oleh Ibu Rahmah Kurniawaty, S.Kom, S.S, M.T.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..