“Persembahan di Hari Guru Nasional: Berbagi Praktik Baik Demi Peningkatan Mutu Pendidikan”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Salah satu komitmen LPMP Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan layanan penjaminan mutu pendidikan adalah melalui kegiatan fasilitasi terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan, di antaranya melalui bimbingan teknis (bimtek) dan pendampingan kepada satuan pendidikan. Bimtek yang dilaksanakan antara lain adalah bimtek Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Blended Learning, sedangkan pendampingan yang dilakukan adalah tentang pembelajaran jarak jauh bekerjasama dengan SEAMOLEC, dan Program Sekolah Penggerak.

Setelah mendapat fasilitasi, satuan pendidikan diharapkan dapat melakukan upaya terbaik dalam mengimplementasikan materi bimtek maupun pendampingan yang telah diberikan. Selanjutnya upaya terbaik tersebut didokumentasikan dalam bentuk tulisan sehingga dapat dijadikan motivasi bagi satuan pendidikan lainnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Setelah melalui kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Praktik Baik Peningkatan Mutu Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 16, 17, dan 20 November 2021, selanjutnya sebanyak tiga puluh satuan pendidikan dari jenjang TK, SMP, SMA dan SLB dengan naskah terbaik berbagi praktik baik tersebut secara daring di kegiatan Diseminasi Praktik Baik Peningkatan Mutu Pendidikan pada Kamis dan Jumat, 25 dan 26 November 2021, yang bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Koordinator Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kerjasama, Widyatmo, M.Pd, diisi dengan paparan Naskah Praktik Baik oleh para penulis dilanjutkan dengan pembahasan oleh narasumber Dr. Martadi, M.Sn dan Dr. Sifak Indana, M.Pd. Saat diskusi interaktif dipandu moderator Rosmida Simanjorang, M.Pd dan Heni Mulyani, M.Si  pada hari pertama, serta Endang Setiariny, S.Pd dan Fatmah Yunita, SE di hari kedua.

Di akhir kegiatan, narasumber ahli, Dr. Martadi menegaskan bahwa pandemi bukan musibah namun ujian, akan selalu ada hikmah yang dapat diambil.  Praktik Baik terbaik adalah yang bisa ditiru. Dari sharing Praktik Baik, ada ilmu yang bisa diambil bahwa setiap sekolah memiliki karakteristik berbeda antara lain variasi model pembelajaran dan penerapan yang berbeda-beda, justru akan menambah khasanah pendidikan.

Semoga dengan penyelenggaraan kegiatan ini semakin banyak sekolah yang merasakan manfaat dan dapat mengambil praktik baik dari pengalaman sekolah lainnya. Tetap semangat para guru terbaik, teruslah Bergerak dengan hati untuk pulihkan pendidikan Indonesia..

   

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..