Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1443 H/2021 M Keluarga Besar LPMP Provinsi DKI Jakarta

Tak terasa, kita telah memasuki Bulan Rabiul Awwal 1443 H, di mana terdapat satu hari yang mulia, yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awwal, hari kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam atau yang dikenal Maulid Nabi.  Sebagai umat Islam kita tentu menyambut dengan gembira, dan memeriahkan hari tersebut dengan beragam kegiatan keagamaan.  Dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad S.A.W, LPMP Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 18 Oktober 2021 melaksanakan kegiatan siraman ruhani bagi seluruh pegawai. Peringatan kali ini mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasullullah SAW di Setiap Aspek Kehidupan” yang dilaksanakan secara daring oleh DKM At-Tarbiyah LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan Maulid Nabi diadakan setelah apel pagi, sehingga dapat diikuti oleh semua pegawai.  Acara demi acara dibawakan dengan apik oleh MC Moh. Arief, M.Pd.  Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Hendarmoko, S.Si dan saritilawah Heni Mulyani, M.Si yang membacakan Q.S Ali Imran (3):  144, dan Q.S Al Ahzab (33): 21.  Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta yang juga sebagai Pembina DKM At-Tarbiyah, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd.  Dalam sambutannya Pak Salim mengingatkan agar setiap muslim bergembira menyambut maulid nabi, karena sebagai bukti kecintaan umatnya kepada Beliau.  Rasulullah SAW harus dijadikan sebagai suri tauladan, serta menerapkan semua keteladanan Beliau dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Acara selanjutnya adalah siraman ruhani yang diisi oleh Ustadz H. Burhanudin Kosasih,  Lc, M.Pd.I.  Beliau adalah pemimpin Ponpes Nurul Amal Al-Islami Bogor, Anggota Komisi Dakwah MUI kabupaten Bogor, dan Da’i Ambasador 3 negara (Malaysia, Hongkong dan Macau).  Isi ceramah yang disampaikan berkenaan pentingnya menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan terbaik di bidang apapun, baik dalam isi hati, sikap, perkataan, dan perbuatan.  Bentuk kecintaan kita kepada Nabi SAW adalah dengan membaca sholawat dan melaksanakan teladan yang dicontohkan.  Sholawat adalah perintah Allah SWT kepada orang yang beriman, karena Allah SWT dan para malaikat juga melaksanakannya, seperti yang difirmankan dalam Q.S Al Ahzab (33): 56.  Setiap shalawat yang dibacakan, maka Allah SWT akan membalasnya 10 kali lipat, bahkan apabila dibacakan 1000 kali, maka Allah SWT akan membebaskan dari api neraka.

Begitu dahsyatnya keutamaan shalawat, sampai diceritakan saat Nabi Muhammad SAW melaksanakan perjalanan Isra Mi’raj, di surga ada malaikat yang memiliki 1000 tangan dan di setiap tangan terdapat 1000 jari.  Tugas malaikat tersebut adalah mampu menghitung jumlah setiap tetesan air hujan, baik yang jatuh di lautan maupun daratan.  Ternyata malaikat tersebut memiliki kelemahan, yaitu tidak mampu menghitung fadilah umat Nabi Muhammad SAW yang membacakan shalawat.  Hal ini tentu menggambarkan betapa dahsyatnya keutamaan shalawat, bahkan sampai malaikat pun tidak mampu menghitung fadilahnya.

Sifat Nabi Muhammad SAW lainnya adalah Siddiq (benar); tabligh (menyampaikan); Amanah (dapat dipercaya); Fathonah (cerdas) yaitu mampu menerangkan Islam kepada orang-orang, mampu menyatukan orang yang bertikai, serta cerdas membaca keadaan.  Sifat pemaaf Rasulullah SAW adalah dapat memaafkan orang yang berbuat buruk kepada Beliau, bahkan dapat melakukan perbuatan baik kepada orang tersebut.  Sifat pemalu Beliau adalah malu untuk berbuat maksiat.

Ustadz Burhanudin juga menjelaskan keterkaitan Tata Nilai yang ada di LPMP Provinsi DKI Jakarta yaitu Religius, Kerja sama, Peduli, Komitmen, dan Kualitas sebagai salah satu bagian dari penerapan keteladanan Nabi Muhammad SAW, yang dapat dilakukan dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari.  Acara siraman ruhani dilanjutkan dengan tanya jawab, dan ditutup dengan membaca doa yang langsung dipimpin oleh Ustadz Burhanudin.

Semoga dengan pelaksanaan maulid nabi ini dapat meningkatkan rasa kecintaan dan kerinduan kepada Nabi Muhammad SAW, serta dapat menerapkan keteladanan Beliau dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bekerja.. Aamiin. (HM)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..