Percepatan Rapor Mutu PMP

Pergi ke sekolah mencari ilmu
Di masa pandemic belajar via zoom meeting
Ayok Bapak Ibu tuntaskan kirim dan hitung raport mutu
Sebagai dasar pemenuhan SNP yang sangat penting

Menindaklanjuti Surat Dirjen Paud, Dikdas dan Dikmen, Kemdikbud nomor 8705/C/PP/2020 tanggal 9 September 2020 tentang Rapor Mutu 2019 antara lain menyebutkan bahwa LPMP, Dinas Pendidikan, dan Pengawas sekolah sesuai dengan kewenangannya diharapkan melakukan identifikasi permasalahan, layanan teknis, serta pemantauan progres pengiriman data Evaluasi Diri Sekolah (EDS) bagi sekolah yang tidak memiliki rapor mutu.

Dalam rangka mempercepat proses pengiriman data serta hitung rapor mutu di tingkat satuan pendidikan di wilayah Provinsi DKI Jakarta dibutuhkan koordinasi antar berbagai pihak terkait. Selanjutnya, LPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan program Percepatan Rapor Mutu PMP melalui media WARKOP ULT DKI (Waktunya Ruang Koordinasi dan Pelayanan Informasi Unit Layanan Terpadu LPMP DKI Jakarta) yang diselenggarakan pada Kamis, 24 September 2020 melalui virtual conference dan ditayangkan secara langsung di kanal Youtube Official LPMP DKI.

Kepala LPMP DKI Jakarta, Bapak Moch Salim Somad, S.Kom, M.Pd dalam arahannya pada pembukaan kegiatan mengungkapkan bahwa progres pengiriman data PMP Provinsi DKI Jakarta dari tanggal 24 Agustus 2020 sampai dengan saat ini (per 23 September 2020) terjadi kenaikan dari 81,11 % menjadi 91,17%. Kenaikan tersebut dirasakan belum signifikan dalam durasi 1 bulan. Dalam progress masih ditemukan 2 wilayah yaitu Jakarta Timur dan Jakarta Utara yang masih di bawah 90%. Dengan diperpanjangnya waktu pengisian data hingga 1 Oktober 2020, LPMP DKI Jakarta sudah melakukan upaya diantaranya dengan 2 kali bersurat kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk mendorong sekolah-sekolah untuk mengisi data lengkap dan melakukan pengiriman data dengan segera, memantau dan berkoordinasi progres rapor mutu dalam grup satlak dan sudin, membentuk tim Help Desk Rapor Mutu PMP serta penyelenggaraan WARKOP ULT DKI.

Harapannya, kegiatan ini menjawab berbagai kendala teknis dalam mengisi data di aplikasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) baik terkait pengiriman dan penghitungan rapor mutu yang dihadapi oleh operator sekolah sehingga diharapkan seluruh sekolah di DKI Jakarta per tanggal 1 Oktober 2020 dapat memiliki rapor mutu.

Berdasarkan Permendikbud No. 28 tahun 2016, Data dan Informasi EDS digunakan untuk memantau dan mengevaluasi tingkat ketercapaian Standar Nasional Pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah oleh Pemerintah Daerah dan sekolah sesuai dengan kewenangan masing-masing, selain itu satuan pendidikan dapat mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SNP yang digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan peningkatan mutu pendidikan, menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan  untuk pemenuhan SNP. Sementara itu BSNP menggunakan untuk memantau dan mengevaluasi tingkat ketercapaian Standar Nasional Pendidikan sebagai acuan pelaksanaan akreditasi satuan pendidikan oleh BAN-S/M.

Acara ini dikemas dengan menghadirkan narasumber Tim Pengembang PMP, Setditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemdikbud,  Henry Gunawan Ardi, SP. MBA yang menjelaskan dengan rinci segala hal yang berkaitan Rilis Aplikasi Pacth EDS Versi 2020.08.17 yang merupakan patch terakhir untuk aplikasi PMP 2019.

Dalam paparannya Bang Henry menjelaskan hal-hal terkait aplikasi PMP dan strategi pemenuhan percepatan raport mutu antara lain:

a.  Tujuan rilis patch

Data rapor mutu sudah memenuhi 67% dan masih ada 33% sekolah yang belum memiliki rapor mutu. Dengan kondisi 12% sekolah belum kirim data dan 21% sekolah data belum lengkap sehingga tidak dapat dihasilkan rapor mutu.

b.  Strategi pemenuhan partisipasi Data EDS

Fokus pada percepatan pemenuhan data, dikhususkan kepada sekolah yang belum memiliki rapor mutu sedangkan verifikasi rapor mutu oleh pengawas akan dilakukan oleh sistem. Selain itu Sekolah diharapkan mengirimkan data secara lengkap, sehingga data dapat diolah menjadi rapor mutu dengan ketentuan menggunakan aplikasi EDS versi terbaru, syarat jumlah minimal responden dan jenus responden terpenuhi. Jika sudah terisi semua maka dapat hitung rapor mutu pada aplikasi EDS.

c.  Sasaran Pembaruan Aplikasi

  • Installer EDS versi 2020.08.17 diperuntukkan untuk sekolah yang belum mengisi atau mengirim sama sekali data EDS Dikdasmen 2019
  • Patch EDS versi 2020.08.17 diperuntukkan untuk sekolah yang sudah melakukan pengiriman/sinkronisasi tapi belum selesai hitung rapor mutu dan untuk sekolah yang sudah hitung rapor mutu tapi rapor mutunya belum terolah

d.  Daftar pembaruan Patch EDS, Alur perbaikan patch EDS, Langkah pengerjaan Installer EDS dapat cek di web pmp.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya kegiatan  memfasilitasi dialog interaktif antar operator dengan narasumber tentang berbagai permasalahan dan solusi yang dihadapi operator dan pengawas sekolah dalam proses pengiriman dan hitung rapor mutu. Pada diskusi ini narasumber didampingi fasilitator dari Suku Dinas Pendidikan yaitu Guntur (Sudindik Jakarta Timur 2) dan Priyono (Sudindik Jakarta Utara 2) serta M. Arief, S.AB, M.Pd dari LPMP Provinsi DKI Jakarta.

  

Diskusi yang dipandu Oktora Melansari, S.Sos, MA selaku moderator membahas deretan pertanyaan tidak hanya dari peserta zoom meeting namun juga peserta yang mengikuti secara langsung melalui link kanal youtube Official LPMP DKI. Antusiasme peserta terhadap kegiatan ini terlihat dari jumlah peserta live zoom meeting hingga batas kuota 300 orang dan pemirsa yang mengikuti siaran langsung kegiatan ini tercatat mencapai 1.973 viewers yang tidak hanya berasal dari Provinsi DKI Jakarta namun juga daerah lain di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa pembahasan tema WARKOP ULT DKI “Percepatan Rapor Mutu PMP” merupakan salah satu tema yang dibutuhkan terutama bagi sekolah yang saat ini mengalami kendala dalam upaya pengiriman data dan hitung rapor mutu PMP.

Berikut gambaran permasalahan yang sering dialami dan solusi yang dapat dilakukan antara lain (tanya dan jawab):

1.    Kenapa tidak bisa sinkronisasi ? Update Patch, jangan mengcopy paste folder database
2.    Nilai Raport sudah sinkron, tapi di raport kenapa tidak bertambah atau bahkan berkurang? Restore data, menjawab kalau masih kosong, dihitung kembali, disinkronkan (ikuti Langkah patch EDS)
3.    Sudah sinkron100% namun mengapa masih terbaca 0% ? Progres data Kirim dan Hitung Raport Mutu data terupdate 1 sd. 3 hari, sedangkan Progress Lapor Raport Mutu data diupdate per tgl 1 dan 15 setiap bulannya
4.    Lapor Mutu sudah diolah, tapi belum diverval pengawas, bagaimana solusi?

  • Verifikasi rapor mutu oleh pengawas akan dilakukan oleh sistem namun tetap terbuka jika pengawas hendak melakukan verifikasi rapor mutu
  • Karena ini percepatan, maka verval pengawas dilakukan via system. Sekolah dapat menghitung raport mutu sendiri dengan menandatangani Pakta Integritas
  • Koreksi pengawas pada saat ini, hanya menjadi catatan, tidak harus menjadi perbaikan saat ini di sekolah

5.   Jika aplikasi tidak bisa dibuka karena akun dan password berbeda dengan dapodik atau User/password tidak diketahui (biasanya karena pergantian Operator/Kepsek)? Hubungi Admin LPMP/Sudin Kab/Kota untuk cek/reset password
6.    Jika ingin sinkronisasi tapi tidak bisa? Lakukan refresh/F5
7.    Layar blank/hitam? Ada 3 pilihan cara:

  • Ctrl+shift+delete, clear browsing data
  • History, clear
  • F12, clear storage
  • Cek Rapor Mutu 2019 Sekolah di laman: pmp.kemdikbud.go.id

8.   Data kirim dan hitung rapor mutu terupdate 1 s.d. 3 hari, sementara raport mutu terolah pada tanggal 1 Oktober 2020

  

Di akhir acara, Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi, Ibu Uswatun Hasanah, S.E., M.Ak. berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi semua peserta dalam melaksanakan tugasnya sehingga rapor mutu PMP khususnya di DKI Jakarta dapat mencapai target sesuai yang diharapkan oleh semua pihak. Tak lupa sebelum menutup kegiatan beliau sempat berpantun:

Mencari Mas Henry di Senayan
Mencari Mba Okta di Pasar Minggu
Bapak Ibu jangan lupa setelah kegiatan
Segera diselesaikan PR Rapor Mutu

Hallo Apa kabar operator sekolah
Jangan lelah jangan menyerah
Untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
Semoga yang kita kerjakan menjadi amal jariyah

(cakeeeep….)

Silakan cek link youtube di https://youtu.be/jYHnayWKQ_8

Link materi dapat diunduh di http://gg.gg/kopi_pmp

(OMS)

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..