Penyaluran Bantuan Tenda ke 30 Rumah Sakit di Jakarta untuk Kebutuhan Darurat Covid-19 dari LPMP Provinsi DKI Jakarta – Ditjen PAUD Dikdasmen- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia dalam waktu yang lama telah menyebabkan lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, jumlah penularan pasien baru infeksi virus corona mengalami peningkatan dalam jumlah besar terutama dengan ditemukannya varian virus baru, Corona Delta B1627.2 asal India, yang sudah ditemukan di DKI Jakarta dan memiliki kemampuan penularan yang lebih cepat.

 

Penatalaksanaan pasien infeksi Covid-19 jauh berbeda dengan pasien penyakit lainnya. Selain karena belum ditemukan obatnya, infeksi Covid-19 sangat mudah menular dan telah banyak menyebabkan orang meninggal dunia sehingga semua proses penatalaksanaannya harus dilakukan secara hati-hati dan cepat. Penatalaksanaan pasien Covid-19 juga berbeda untuk pasien dengan gejala ringan, sedang, berat serta akan melihat kemungkinan adanya penyakit penyerta pada tubuh pasien yang bisa meningkatkan status resiko dari pasien tersebut, seperti penyakit hipertensi, diabetes, dan penyakit paru seperti TBC, pneumonia dan lainnya.

Lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 tidak sesuai dengan jumlah kapasitas Rumah Sakit yang ada untuk melakukan penatalaksanaan  perawatan pada pasiennya, baik untuk pasien yang membutuhkan perawatan di Rumah Sakit ataupun bagi pasien OTG Covid-19 yang memerlukan tempat isolasi yang memerlukan penanganan sendiri.

Berangkat dari hal-hal diatas, Pada tanggal 23 s.d  26 Juni 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Sekretariat Ditjen PAUD Dikdasmen melalui LPMP Provinsi DKI Jakarta memberikan bantuan sejumlah 30 tenda  yang diperoleh dari UNICEF dan telah terpasang di 30 tempat yaitu 29 Rumah Sakit di Provinsi DKI Jakarta dan 1 tempat di Wisma Atlet.

 

 

Adapun Rumah Sakit (RS) yang dipasang tenda:

  1. RSUD Kramat Jati Jaktim
  2. RS Esnawan Antariksa Jaktim
  3. RSUD Pasar Rebo Jaktim
  4. RS Yadika Pondok Bambu Jaktim
  5. RS Islam Pondok Kopi Jaktim
  6. RS Islam Sukapura Jakut
  7. RSUD Tanjung Priok
  8. RS Pelni Jakbar
  9. RS Ciputra Citra Garden Jakbar
  10. RS Bakti Mulya
  11. RSUD Tamansari
  12. RS Husada
  13. RS Budi Kemuliaan
  14. RS Pekerja
  15. RS Hermina Daan Mogot
  16. RS Mulyasari
  17. RSUD kembangan
  18. RS Kesdam Cijantung
  19. Rs Duta Indah
  20. RSUD Tarakan Jakpus
  21. RSUD Cipayung
  22. RSUD Cengkareng
  23. RS Fatmawati
  24. RS Persahabatan
  25. RSUD Koja
  26. RS Marinir Cilandak
  27. RS Firdaus
  28. RS Harapan Jayakarta
  29. RS Mideros
  30. Wisma Atlet

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan, SE, M.P.P,Ph.D, juga meninjau secara langsung penggunaan tenda serta perlengkapan lainnya yang telah terpasang,

 

        

 

Upaya ini diharapkan dapat meringankan beban keterbatasan ruang perawatan di Provinsi DKI Jakarta dan memaksimalkan penangan lonjakan pasien Covid-19 yang ada terutama untuk pasien OTG Covid-19.

Ayo bersatu bangsaku membasmi Covid-19, Indonesia Bangkit, Indonesia Pulih, mulai dari diri sendiri dengan menerapkan dengan penuh disiplin  Protokol kesehatan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan,dan mengurangi mobilitas).

(NURFA)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat