Pemetaan Mutu, Supervisi Satuan Pendidikan dan Pengembangan Model Penjaminan Mutu Pendidikan

Penjaminan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Sekolah Model

Gambaran Umum

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan. SPMI, yang selanjutnya disebut sebagai sistem penjaminan mutu pendidikan pada satuan pendidikan, mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Satuan pendidikan menerapkan keseluruhan siklus dalam sistem penjaminan mutu secara mandiri dan berkesinambungan hingga terbangun budaya mutu di satuan pendidikan. Budaya mutu akan mendorong satuan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus sehingga mutu pendidikan akan meningkat secara konsisten dari waktu ke waktu secara bertahap hingga dipenuhinya standar yang telah ditetapkan atau bahkan melampaui standar tersebut.

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah memiliki komitmen yang tinggi dalam mewujudkan budaya mutu tersebut. Hal ini dapat terlihat dengan diberlakukannya 2 (dua) Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nomor 1237 Tahun 2016 tentang Pengangkatan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta dan Tingkat Kota/ Kabupaten Administrasi Periode Tahun 2016-2019 dan Nomor 1238 Tahun 2016 tentang Sasaran Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan.

Agar pelaksanaan SPMI dapat dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan dengan optimal, memang perlu dikembangkan satuan pendidikan yang akan menjadi model penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri, yang selanjutnya disebut sekolah model. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka LPMP DKI Jakarta melaksanakan program pengembangan sekolah model, untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam memastikan terciptanya budaya mutu pendidikan di DKI Jakarta, secara bertahap, sistemik dan sistematis.

Rangkaian Kegiatan

Kegiatan Penjaminan Mutu Pendidikan yang dilakukan melalui Pemetaan Mutu Pendidikan terdiri dari beberapa tahap:

Pelatihan Fasilitator Daerah (FASDA) Sekolah Model

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi Mutu Pendidikan (SPMP) dan pemahaman kepada peserta tentang:

  1. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Tehnik Fasilitasinya
  3. Tehnik Pengembangan Dokumen Mutu Sekolah
  4. Tehnik Pengembangan Dokumen Audit Mutu Internal
  5. Pelaksanaan Pengembangan Sekolah Model di Satuan PendidikanPelatihan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS)

Bimbingan Teknis Sekolah Model

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi dan pemahaman kepada peserta tentang:

  1. Sistem Penjaminan Mutu Internal pada Satuan PendidikanPelatihan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD)
  2. Penyusunan Pro l Mutu Sekolah
  3. Penyusunan Rencana Pemenuhan Mutu
  4. Pengembangan Dokumen Mutu Sekolah
  5. Audit Mutu Internal
  6. Pendampingan Pengembangan Sekolah ModelMonitoring Dan Evaluasi (MONEV) Sekolah Model

Pelatihan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD)

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi dan pemahaman kepada peserta tentang:

  1. Kebijakan Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Kebijakan Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Provinsi DKI jakarta
  3. Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia Tahun 2017
  4. Mutu Pendidikan DKI Jakarta berdasarkan Hasil Akreditasi
  5. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP)
  6. Pemanfaatan Data Dapodik dalam Penyusunan Program Penjaminan Mutu pendidikan
  7. Peran dan Fungsi Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota

Monitoring Dan Evaluasi (MONEV) Sekolah Model

Tujuan Tujuan dari kegiatan monev sekolah model ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengembangan sekolah model. Apakah dilaksanakan sesuai dengan maksud, tujuan serta hasil yang akan dicapai.

Potret Sekolah Model

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penyusunan potret sekolah model oleh TPMPS dan pendamping berdasarkan hasil implementasi SPMI pada umumnya, khususnya berdasarkan hasil pendampingan pengembangan sekolah model.

Diseminasi Sekolah Model

Tujuan Tujuan kegiatan ini adalah memberikan gambaran langsung dari sekolah model kepada satuan pendidikan lain tentang implementasi penjaminan mutu pendidikan sehingga terjadi pola pengimbasan pelaksanaan penjaminan mutu di DKI Jakarta.

 

Bagikan ..

alino

Bagikan ..