Peningkatan Mutu PJJ Jenjang SMP dan SMA
Anna Fri Widuri, S.E., M.Pd.

Setelah melaksanakan bimbingan teknis peningkatan mutu PJJ untuk jenjang SD pada bulan September lalu, LPMP Provinsi DKI Jakarta melanjutkan bimbingan teknis serupa untuk jenjang SMP dan SMA di bulan Oktober 2020. Sebagai lembaga yang fokus pada peningkatan mutu pendidikan di tingkat provinsi, LPMP Provinsi DKI Jakarta melakukan inisiatif mengadakan pendampingan untuk membumikan “Merdeka Belajar” yang dimaksud oleh Menteri pendidikan disesuaikan dengan penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bimbingan teknis ini didasarkan pada konsep kesesuaian, keterpakaian dan kebermanfaatan bagi guru di wilayah DKI Jakarta. Karena itu struktur program disusun sesuai dengan kebutuhan guru menghadapi situasi dan kondisi peserta didik, guru serta orangtua.

Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh jenjang  SMP dan SMA dimaksudkan untuk mewujudkan sekolah yang mampu melaksanakan peningkatan mutu dalam memberikan layanan prima dan menjadi benchmark (patok duga) dan rujukan bagi sekolah lain di sekitarnya serta jadi acuan bagi pembinaan para pemangku kepentingan dalam melakukan pembinaan. Selain itu juga bertujuan untuk memfasilitasi guru-guru tingkat SMP dan SMA dalam melaksanakan peningkatan mutu PJJ dengan segala kreatifitasnya masing-masing sebagai model yang baik (good practices) bagi guru lain, memberikan bimbingan dalam melaksanakan program peningkatan mutu PJJ, menyusun dan melaksanakan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi terbatas, serta mendokumentasikan pengalaman inspiratif peningkatan mutu PJJ dalam bentuk portofolio. Masing-masing kegiatan berlangsung selama 4 hari, dari 13 sampai dengan 16 Oktober 2020.

Dalam bimbingan teknis moda daring ini peserta diberikan pemahaman materi-materi terkait dengan PJJ, literasi dalam PJJ, pemanfaatan aplikasi dan media, model, dan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam PJJ. Peserta juga diberikan penugasan melalui media whatsapp group dan google classroom, dengan harapan makin memahami hal-hal yang telah disampaikan pemateri sebelumnya.

Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd., Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, mengawali kegiatan ini dan membuka secara resmi, dilanjutkan dengan Arahan Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta oleh Dr.Muhammad Husin, M.Pd selaku Kepala Bidang SMP dan SMA. Untuk materi umum yang masih dibutuhkan sekolah yaitu Peningkatan Kualitas Sekolah: Merdeka Belajar – Membangun Sekolah Unggul di isi oleh Weilin Han, M.Sc, Konsultan Pembelajaran, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Pada 3 hari berikutnya, materi disajikan oleh Widyaiswara LPMP Provinsi DKI Jakarta, untuk jenjang SMP Widyaningtyas S., S.E, M.M., Nina Ratna S, S.Sos., M.Si. untuk jenjang SMA Drs. Suwarkono, M.Sc  dan Sri Sulastri, S.Si sedangkan Rahmah Kurniawaty, S.S, M.Kom ikut pula mengisi materi di jenjang SMP dan SMA.

Bimtek Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh ini diikuti oleh perwakilan 11 kota administrasi yang ada di Propinsi DKI Jakarta. Masing-masing kota diwakili oleh satu sekolah yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 2 guru. Semoga informasi yang bermanfaat dari kegiatan ini dapat diterapkan dengan baik agar sekolah semakin dapat meningkatkan mutu dan menjadi rujukan bagi sekolah di sekitarnya.

Dokumentasi

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..