Peningkatan Mutu Layanan melalui Pelaksanaan Studi Banding Antar Lembaga

LPMP Provinsi DKI Jakarta merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang memiliki salah satu tugas untuk melaksanakan pelayanan publik bagi pihak internal maupun eksternal di lingkungan Kemdikbudristek.  Salah satu bentuk layanan publik yang diberikan adalah penggunaan sarana prasarana yang ada di LPMP Provinsi DKI Jakarta. Sarana prasarana yang dapat dipergunakan oleh publik meliputi: Unit Layanan Terpadu (ULT), gedung pertemuan (aula dan ruang rapat), ruang kelas, mess, asrama, masjid, klinik kesehatan, perpustakaan, ruang makan, lapangan olah raga, lahan parkir, dan lain-lain. Berbagai upaya terus dilakukan LPMP Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan mutu layanan yang lebih baik diantaranya melalui kunjungan studi banding antar lembaga di lingkungan Kemdibudristek.

Berangkat dari hal tersebut, LPMP Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 21 Desember 2021 melaksanakan kegiatan “Studi Banding Terkait dengan Layanan” ke Pusdiklat Pegawai Kemdikbudristek yang beralamat di Jalan Raya Ciputat-Parung Km. 19, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin tali silahturahmi, peningkatan wawasan dan pengetahuan petugas pelayanan publik, serta melihat lebih dekat praktik-praktik baik yang telah dilakukan oleh Pusdiklat Pegawai Kemdikbudristek untuk meningkatkan mutu layanan publiknya. Tim LPMP Provinsi DKI Jakarta yang berkunjung antara lain Kasubbag Tata Usaha (Rina Harjanti, S.Si, M.Pd), perwakilan dari Urusan Kepegawaian dan Rumah Tangga Subbag Tata Usaha, serta Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dengan jumlah tim sebanyak 50 orang.

Tim LPMP Provinsi DKI Jakarta dalam kunjungan studi banding disambut dengan baik oleh Kepala Pusat Pegawai Kemdikbudristek (Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos., M.Hum), Ketua Pokja Kerumahtanggaan dan Kearsipan (Sulthan Kasman, S.E., M.Si), dan perwakilan petugas yang terkait dengan layanan publik. Dalam kesempatan ini Tim Pusdiklat dan Tim LPMP Provinsi DKI Jakarta saling berdiskusi dengan hangat dan membahas tuntas tentang layanan publik serta saling berbagi praktik-praktik baik yang telah dilakukan masing-masing lembaga.

Selanjutnya Tim LPMP Provinsi DKI Jakarta berkunjung ke beberapa area kerja di Pusdiklat Pegawai Kemdikbudristek untuk melihat lebih dekat praktik baik yang telah dilaksanakan dan berdiskusi dengan para petugas terkait layanan publik. Selain itu, kunjungan ke beberapa area kerja bertujuan untuk melihat implementasi dari Standar Layanan, POS Pelayanan Publik, POS Pemeliharan Gedung dan keindahan lingkungan, serta dokumen-dokumen prosedur atau ketentuan lainnya.

Kegiatan studi banding ditutup dengan serah terima cendera mata dan foto bersama. Dari kegiatan ini diharapkan terjalin silahturahmi yang lebih baik antar lembaga, peningkatan wawasan dan pengetahuan petugas pelayanan publik, serta peningkatan mutu layanan publik yang lebih baik lagi.

Tim LPMP Provinsi DKI Jakarta sangat merasakan kebermanfaatan kegiatan ini, seperti yang diungkapkan salah satu anggota tim: “Kegiatan Studi Banding ini menjadi pemacu semangat buat PPNPN LPMP Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, karena dengan luas Pusdiklat Pegawai Kemdikbud yang 4x lipat dari LPMP Provinsi DKI Jakarta, dan jumlah personil PPNPN yang berjumlah 110 orang dapat membuat lingkungan yang bersih dan nyaman kemudian dengan pelayanan yang baik” (Sireng Maulidyas Prakasa).

Adapun testimoni kegiatan yang lain: “Melalui kegiatan ini, kami mendapatkan pencerahan dalam sistem kerja yang baik, seperti manajemen waktu, wilayah kerja, dan tanggung jawab masing-masing petugas PPNPN di areanya masing-masing (Ananda Muhidin Pratama).

Semangat terus untuk meningkatkan mutu layanan publik di LPMP Provinsi DKI Jakarta yang kita cinta dan jayalah selalu LPMP Provinsi DKI Jakarta. (Nurfa)

 

 

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..