Peningkatan Kualitas Dapodik Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019

LPMP DKI Jakarta sebagai Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tugas melakukan pengawasan dan peningkatan kualitas data pokok pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Hal-hal yang dilakukan dalam melaksanakan tugas ini adalah mengkoordinir manajemen pengguna dapodik, mengawasi dan meningkatkan kualitas data pokok pendidikan melalui mekanisme validasi secara aktif, sehingga didapatkan data dapodik yang dapat menjadi acuan dalam menentukan kebijakan di wilayah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk menjalankan tugas lembaga dalam hal pengawasan dan peningkatan data di DKI Jakarta dan sebagai upaya mencapai indikator validasi dapodik yang belum valid,  sudah sejak  2018 LPMP DKI Jakarta melaksanakan  peningkatan kualitas dapodik ini. Jumlah sekolah di DKI Jakarta per Januari 2019 adalah 4402 sekolah,  sasaran sekolah yang diupayakan kualitas dapodiknya meningkat untuk tahun ini, yaitu berjumlah 400 sekolah. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pembekalan bagi operator yang akan menjadi fasilitatornya. Hal ini dilakukan untuk menyamakan persepsi awal bagi para operator dinas dan sudin pendidikan dan LPMP agar  tercipta koordinasi dan kerjasama dalam mencapai target pendataan yang valid, bermutu dan terintegrasi sesuai dengan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan. Kegiatan ini dinamakan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Peningkatan Kualitas Data Pokok Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Peserta kegiatan ini adalah operator Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Operator Sudin Pendidikan Kab/Kota, Operator Kasi Kecamatan dan staf LPMP DKI Jakarta yang terdiri dari widyaiswara, PTP dan fungsional umum. Mereka diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini dapat menjadi narasumber pada kegiatan Bimtek Peningkatan Kualitas Dapodik DKI Jakarta tahun 2019 untuk 400 sekolah sasaran.  Penentuan kelayakan mereka sebagai fasilitator daerah ditentukan dari hasil pretes dan postes yang sudah dibuat. Dan bagi yang tidak mencapai nilai layak untuk menjadi fasilitator daerah, mereka tetap dapat mengimbaskan Sistem Aplikasi Dapodikdasmen dengan kualitas yang baik untuk operator-operator satuan pendidikan di dalam kecamatannya.

Kegiatan yang dibuka oleh kepala LPMP DKI Jakarta, Surya Fitri Nurulhuda, SE, M.Si ini dilaksanakan dalam waktu 3 hari dengan pola kegiatan 24 JP dan telah menghasilkan calon-calon fasilitator daerah pada rangkaian kegiatan selanjutnya.  Di akhir kegiatan, Widyatmo, M.Pd selaku kasi Sistem Informasi LPMP DKI Jakarta menyampaikan bahwa “kegiatan peningkatan kualitas Dapodik ini, operator satuan pendidikanlah yang memegang peranan untuk menginput data sekolah yang berkualitas sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi untuk kepentingan pendidikan. Karenanya mutu dan validitas data itu sangat penting dan harus terus ditingkatkan.” Demikian disampaikan pada saat menutup kegiatan.

   

Harapan ke depan, rangkaian kegiatan selanjutnya akan berjalan dengan lancar, sukses kegiatannya, berkualitas datanya (dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta