Peningkatan Kompetensi TIK Melalui Bimbingan Teknis Pengembangan Media Pembelajaran Jarak Jauh
Ati Rosidah, M.Pd PTP LPMP Provinsi DKI Jakarta

Peningkatkan mutu pembelajaran terutama pembelajaran jarak jauh salah satunya adalah dengan membuat media pembelajaran yang bervariasi. Media Pembelajaran ini penting disiapkan dengan baik karena media ini dapat menentukan apakah siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar atau malah siswa bosan dengan media belajar yang sama dari hari ke hari.

Salah satu media  pembelajaran yang bisa dibuat guru untuk PJJ adalah media pembelajaran dalam bentuk video. Untuk membuat sebuah video pembelajaran yang berkualitas memang diperlukan keterampilan khusus supaya video yang dihasilkan lebih menarik dan bisa memotivasi siswa untuk mau belajar dan memahami materi yang dipelajari.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan guru dan pegawai LPMP Provisni DKI Jakarta dalam membuat video pembelajaran, maka LPMP Provinsi DKI Jakarta telah  mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Media untuk Pembelajaran Jarak Jauh, yang dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 April 2021. Kegiatan dilaksanakan di Aula Mitra Nusantara LPMP Provinsi DKI Jakarta, sekaligus ini merupakan kegiatan bimbingan teknis dengan pola tatap muka pertama yang dilaksanakan di LPMP Provinsi DKI Jakarta untuk tahun 2021.

Peserta pada kegiatan bimtek ini sebanyak 30 orang, yang terdiri atas 23 staf LPMP Provinsi DKI Jakarta dan 7 orang merupakan guru dari Duta Rumah Belajar dan Sahabat Rumah Belajar Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Deni Renoptri Duta Rumah Belajar terbaik tahun 2018 dari Kalimantan Selatan.

Tujuan utama dari kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Media PJJ ini adalah membekali peserta baik dari LPMP Provinsi DKI Jakarta maupun dari unsur guru berbagai teknis membuat video pembelajaran dan menyiapkan naskah media sebelum dibuatkan videonya.

Dalam pelaksanaan kegiatan, narasumber mengajak peserta untuk melakukan instalasi 3 aplikasi yaitu: aplikasi untuk membuat aset gambar, instalasi aplikasi video animasi dan instalasi editing video. Peserta diajak memahami tool-tool yang tersedia pada ketiga aplikasi tersebut, lalu praktek membuat aset gambar, membuat video animasi dan melakukan editing video.

Pada hari ketiga narasumber mengajak peserta membuat naskah video dan melakukan perekaman sesuai naskah yang dibuat, selanjutnya peserta diminta untuk melakukan editing video.

Kegiatan bimtek kali ini menggunakan model blended learning. Setelah tatap muka dan peserta mendapat bekal bagaimana teknik-teknik membuat video dengan aplikasi yang sudah dipelajari, maka selanjutnya peserta diberikan penugasan secara mandiri untuk membuat projek video. Diawali dengan membuat naskah video dan dibuatkan videonya sesuai naskah yang dibuat. Penugasan ini akan menjadi projek yang akan dikumpulkan menjadi output kegiatan. Dalam prosesnya  dilakukan konsultasi dengan narasumber jika ada peserta yang kesulitan secara daring.

   

Selama proses kegiatan peserta cukup antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, walaupun kegiatan dilaksanakan saat puasa tapi tidak mengurangi semangat peserta untuk menggali berbagai trik-trik membuat video yang baik dari narasumber yang memang sudah ahli dalam memproduksi berbagai jenis video.

Semoga kegiatan ini bermanfaat baaik bagi peserta unsur guru untuk menyiapkan media ajar yang lebih baik, dan untuk staf LPMP Provinsi DKI Jakarta bisa digunakan untuk membuat video-video terkait sosialisasi program lembaga ke pihak eksternal.

 

 

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..