Penguatan Tata Kelola Lembaga melalui Studi Tiru antar Lembaga

LPMP Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 15 s.d 16 Desember 2021 menerima kunjungan dari Tim Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berkunjung dalam rangka memperkuat tali silahturami serta Koordinasi Program; Anggaran; dan Barang Milik Negara (BMN). Selain itu, kunjungan ini juga untuk melaksanakan Studi tiru terkait tata kelola lembaga. Penerimaan kunjungan dilaksanakan pada ruang rapat dan beberapa area kerja di LPMP Provinsi DKI Jakarta yang merupakan sasaran tujuan kegiatan.

Tim BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Kalsel disambut dengan baik oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta (Moch. Salim, S.Kom, M.Pd), Kasubbag Tata Usaha (Rina Harjanti, S.Si, M.Pd) dan perwakilan Tim Pengelola Anggaran, keuangan, serta BMN.  Pak Salim dalam sambutannya mengatakan sangat senang sekali dan mengapresiasi atas kunjungan yang dilaksanakan. Beliau juga mengatakan bahwa LPMP Provinsi DKI Jakarta sangat mendukung pelaksanaan studi tiru ini, dan siap untuk saling berbagi praktik baik, berdiskusi dengan hangat terkait tujuan kegiatan yang akan dicapai, dan bersinergi serta bekerja sama terkait tata kelola lembaga.

Selanjutnya Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Kalsel (Dr. Abdul Kamil Marisi, M.Pd)  mengatakan bahwa kunjungan tim mereka tersebut didasari karena perubahan birokrasi yang ada di lingkungan BP Paud Dikmas yang menjadi bagian dalam Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemdikbudristek. Perubahan tersebut membuat BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Kalsel perlu mempelajari bagaimana tata kelola Lembaga, terutama terkait dengan tata teknis penganggaran dalam penjaminan/peningkatan mutu, pengelolaan keuangan serta BMN yang dilakukan oleh LPMP Provinsi DKI Jakarta. Hadir juga pada kunjungan tim ini Plt. Kasubbag Tata Usaha (Mujiannur, S.Sos., M.Pd)  beserta anggota tim lainnya yang berjumlah 13 orang.

Untuk melengkapi kunjungannya, BP-PAUD dan Dikmas Provinsi Kalsel berkunjung ke beberapa area kerja di LPMP Provinsi DKI Jakarta yang merupakan sasaran tujuan kegiatan. Tim tersebut mengunjungi bagian Perencanaan dan Anggaran, Keuangan, serta BMN.  Area kerja lain yang dikunjungi adalah beberapa area kerja di beberapa Urusan Subbag Tata Usaha dan Fungsi. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat lebih dekat implementasi pelaksanaan studi tiru tata kelola lembaga, saling berdiskusi dengan para petugas terkait, serta pemenuhan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Penukaran cendera mata dan foto bersama menjadi penutup rangkaian kegiatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat pada perbaikan tata kelola masing-masing lembaga, meningkatkan sinergi, serta kerja sama antar lemabaga.

Semangat selalu melaksanakan studi tiru antara lembaga untuk kemajuan, perbaikan bersama, dan peningkatan mutu antara lembaga pelaksana studi tiru, yang pada gilirannya akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan di bumi pertiwi tercinta, Indonesia. (Nurfa)

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..