Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013

Pada tahun 2019, Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan LPMP DKI Jakarta telah menyelenggarakan program kegiatan Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 Jenjang SD/SMP/SMA/SMK. Melalui pendampingan ini, para guru dibekali dengan berbagai pengetahuan dan kompetensi, seperti pembelajaran efektif, pemahaman tentang penilaian otentik, memfasilitasi guru agar dapat membuat persiapan mengajar yang mengakomodasi berbagai gagasan untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif, mempraktikannya di sekolah, kemudian melakukan refleksi seberapa jauh keberhasilan dan kekurangberhasilan perencanaan dan praktik mengajar tersebut. Dengan demikian, peserta dapat memperkirakan berbagai kemudahan atau kendala ketika berbagai gagasan tersebut diterapkan di sekolah mereka sendiri.

Rangkaian kegiatan Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 ini terlebih dahulu diawali dengan kegiatan Pendampingan Teknis dengan tujuan untuk memfasilitasi peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran dan penilaian. Adapun Pendampingan Operasional bertujuan untuk mendampingi guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian di kelas agar sesuai dengan konsep Kurikulum 2013.

Untuk mengetahui keterlaksanaan program pendampingan operasional serta mengupayakan agar output dari kegiatan pendampingan tersebut dapat bermanfaat dan bermakna, LPMP DKI Jakarta menyelenggarakan Evaluasi dan Penyusunan Praktik Baik Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 Jenjang SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2019. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 angkatan. Pada angkatan 1 (18 dan 19 November 2019), peserta adalah 80 orang guru model dari 20 sekolah sasaran jenjang SD dan SMK. Angkatan 2 (20 dan 28 November 2019) melibatkan 80 orang guru model dari 20 sekolah sasaran jenjang SMP dan SMA. Dan di angkatan 3 ( 3 dan 4 Desember 2019), peserta adalah 64 orang pendamping dari unsur Instruktur Kurikulum, Pengawas SD/SMP/SMA/SMK dan Widyaiswara LPMP DKI Jakarta.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggali permasalahan yang dihadapi selama kegiatan pendampingan, mendapatkan informasi seberapa jauh kebermanfaatan dan kebermaknaannya serta memperoleh rekomendasi dan saran perbaikan terkait bentuk kegiatan penguatan implementasi Kurikulum 2013 di satuan pendidikan.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya kegiatan penguatan proses pembelajaran di satuan pendidikan, tersusunnya e-modul praktik baik pembelajaran yang disusun oleh guru model, serta tersusunnya kumpulan tulisan praktik baik berupa buku antologi praktik baik pembelajaran yang disusun oleh para pendamping yang terdiri dari unsur pengawas, Widyaiswara dan Instruktur Kurikulum.

Sebagai narasumber di angkatan 1 dan 2, hadir Dr. Muhamad Husin, M.Pd, Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang menyampaikan Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta terhadap program peningkatan mutu pendidikan di wilayah Provinsi DKI Jakarta, serta Ali Imron dan Syarif dari SEAMEO SEAMOLEC dengan materi penyusunan e-modul.

Narasumber di angkatan 3, hadir Dr. Saryono, M.Si selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang menyampaikan Kebiajakan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta terhadap program peningkatan mutu Pendidikan di wilayah Provinsi DKI Jakarta serta Mohammad Ihsan dan Eko Prasetyo dari Media Guru penyusunan tulisan praktik baik dalam bentuk artikel popular.

Diharapkan dengan kegiatan Evaluasi dan Penyusunan Praktik Baik Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 ini, hasil dari pendampingan dapat memberikan manfaat dan kebermaknaan yang lebih luas lagi melalui produk tulisan praktik baik berupa e-modul dan buku antologi praktik baik pembelajaran.

   

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..