Pengembangan Pembelajaran Dan Penilaian Kurikulum 2013

Djihani -

Kegiatan Evaluasi dan Pelaporan Pendampingan Operasional Pengembangan Pembelajaran Dan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2018 diselenggarakan pada hari Selasa, 11 Desember 2018 di aula Mitra Nusantara LPMP DKI Jakarta dan dibuka oleh Ibu Rina Harjanti, S.Si, Kepala Seksi FPMP LPMP DKI Jakarta.

Kegiatan yang  bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dan permasalahan dalam pelaksanaan pendampingan Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 di sekolah, menyusun rekomendasi pemecahan masalah dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Drs. Thurman, M.Pd,  Kasi Kurikulum SD, Bapak Dr. Muhamad Husin, M.Pd, Kasi Kurikulum dan Penilaian  Bidang SMP/SMA, para pendamping yang terdiri dari pengawas dan Widyaiswara LPMP DKI Jakarta serta beberapa orang guru yang mengikuti  Kegiatan Pendampingan Operasional Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2018 di satuan pendidikan masing-masing.

Hasil Evaluasi terhadap kegiatan pendampingan ini menyatakan bahwa ada kenaikan atau peningkatan pemahaman guru model terhadap Kurikulum 2013 setelah adanya pendampingan, baik dalam aspek penyusunan RPP, pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan penilaian dan pengisian raport.

Ibu Rina Harjanti, S.Si menyatakan harapannya agar  Lesson Study yang dipraktekkan dalam kegiatan pendampingan ini mempunyai kebermanfaatan dan dapat dipraktekkan di sekolah-sekolah sasaran  yang mengimplementasikan Kurikulum 2013. Dari kegiatan ini diharapkan adanya tulisan  praktik baik (best practices) yang dilakukan pendamping  selama proses pendampingan atau strategi dan metode yang ditampilkan guru dalam kegiatan pendampingan di satuan pendidikan. Tulisan-tulisan praktik baik (best practices) ini akan dipublikasikan dalam bentuk buku yang dicetak oleh LPMP DKI Jakarta atau diunggah di situs LPMP DKI Jakarta.

Sementara itu, Bapak Dr. Muhamad Husin, M.Pd menyatakan bahwa masih banyak guru di DKI Jakarta yang belum mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 dan masih membutuhkan pendampingan dalam implementasinya di sekolah, terlebih lagi saat ini untuk jenjang SMP sudah mulai disosialisasikan penggunaan E-Raport dalam penilaian siswa. Beliau juga berharap agar para pengawas sekolah dapat melaporkan hasil monitoring kurikulum 2013 untuk mendapatkan data dan mengukur kinerja para guru dalam melaksanakan tugasnya.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK