Pengelolaan Layanan Perpustakaan Keliling Berbasis Penumbuhan Budi Pekerti

Ijah Rochimah -

LPMP DKI Jakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Layanan Perpustakaan Keliling Berbasis Penumbuhan Budi Pekerti yang berlangsung selama 4 hari, dari 25 s.d 28 Februari 2019.  Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang semuanya adalah staf LPMP DKI Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan atau penyegaran pada tim perpustakaan keliling yang akan melakukan kunjungan ke sekolah.  Di tahun 2019 ini tema yang diusung adalah yang bermuatan beberapa budaya daerah dalam bentuk kisah legenda.

Penyampaiannya pun mengangkat 1 tema model pembelajaran yaitu pembelajaran bermain peran. Selain untuk memahami peranan perpustakaan keliling, peserta juga diberikan teknik mendongeng, olah vokal, gestur, mimik, menghidupkan karakter, dan membuat konsep mendongeng.  Untuk membekali peserta dengan berbagai materi teori dan praktik, dihadirkan 5 narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing seperti, Bapak Chaidir Amir, S.Sos, MA yg merupakan kepala sub bagian perpustakaan BKLM Kemdikbud, Ibu Rossi Setiawan, Read aloud. Kak Ariyo Faridh Zidni pendongeng nasional dan juga Kak Wiliam Umboh dan Kak Lia Agustina yang merupakan praktisi teater yg handal.

 

Diharapkan setelah kegiatan ini peserta memiliki kemampuan atau keluwesan dalam berinteraksi dengan anak dalam kegiatan perpustakaan keliling dan memahami tentang peran, fungsi dan inovasi perpustakaan sebagai pijakan dalam melaksanakan berbagai kegiatan literasi di LPMP DKI Jakarta.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta