Penerbitan Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP)

LPMP Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2008 telah banyak membantu melatih guru dalam mempublikasikan hasil penelitian guru melalui Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) LPMP Provinsi DKI Jakarta.  Kegiatan JLMP Tahun 2020 diawali dengan kegiatan Inventarisir Naskah Tahun 2019.  Naskah tersebut lalu diseleksi oleh Tim Penyunting Internal JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan Rapat Redaksi JLMP, hasil seleksi administrasi dan konten terdapat 30 naskah yang lolos seleksi dengan kriteria dari tahun pembuatan naskah, jenis naskah dalam bentuk PTK,PTS, Eksperimen, bentuk penelitian berbentuk artikel dan bukan dalam bentuk Best Practices.  Peserta yang lulus berasal dari guru dan tenaga kependidikan baik berasal dari Provinsi DKI Jakarta maupun luar daerah. Selanjutnya. Surat Keputusan Kelulusan naskah ditandatangani Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta yang diumumkan melalui Website LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Selanjutnya naskah yang masuk dilihat sistematika penulisan dan gaya selingkung oleh Tim Penyunting Internal JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta dan tim Mitra Bestari melakukan penguatan dari segi substansi naskah.

Kegiatan Finalisasi Penyusunan Jurnal Tahun 2020, pelaksanaannya terbagi menjadi 6 (enam) kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 5 penulis.  Kelompok 1, hari Senin, tanggal 26 Oktober 2020, Mitra Bebestari Bapak Dr. Kadir, M.Pd dari UIN Syarif Hidayatullah, sedangkan Penyunting Internal yaitu Bapak Drs. Suwarkono, M.Sc dan Dini Pratiwindya, M.Pd.

Kelompok 2, hari Selasa, tanggal 27 Oktober 2020.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 2 oleh Mitra Bebestari Ibu Dr. Yurniwati, M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan  penyunting Internal Ibu Dr. Yuyun Nuriah, M.Pd dan Ati Rosidah, M.Pd.

Kelompok 3, hari Jumat, tanggal 6 November 2020.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 3 oleh Mitra Bebestari Bapak Rakhmat Hidayat, Ph.D dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan  penyunting Internalnya Ibu Nina Ratna Suminar, S.Sos., M.Si dan Dr. Asmangiah, M.Pd.

Kelompok 4, hari Rabu, tanggal 4 November 2020.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 4 oleh Mitra Bebestari Bapak Agung Sedayu, M.Sc dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) da  Penyunting Internal Ibu Rahmah Kurniawaty, S.Kom, SS., MT dan Dyah Sri Lestari, S.Pd, M.Pd.

Kelompok 5, hari Kamis, tanggal 5 November 2020.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 5 oleh Mitra Bebestari Bapak Erry Utomo, Ph.D dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan  Penyunting Internal yaitu Ibu Sri Sulastri, M.Pd dan Sulaeman Ibrahim, M.Pd.

Kelompok 6, hari Selasa, tanggal 3 Oktober 2020.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 6 oleh Mitra Bebestari Bapak Dr. Alek, M.Pd dari UIN syarif Hidayatullah. Penyunting Internalnya Ibu Susiah Budiarti, S.Pd, M.Pd dan Oktora Melansari, S.Sos, MA.

Setelah pelaksanaan Finalisasi Penyusunan Jurnal untuk 6 kelompok selesai dilaksanakan, maka selanjutnya setiap peserta diberi waktu sampai tanggal 16 November 2020 untuk menyelesaikan bimbingan substansi penelitian dengan Mitra Bebestari.  Naskah yang sudah disetujui oleh Mitra Bebestari dibuktikan dengan Lembar Pengesahan Jurnal yang ditandatangani Mitra Bebestari.  Selanjutnya dilakukan pengecekan gaya selingkung JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta oleh Penyunting Internal.

Hasil dari proses seleksi dan pendampingan naskah ini adalah JLMP untuk Volume 17 edisi 1, 2, dan 3 Tahun 2020. Naskah yang telah diterbitkan  melalui JLMP tidak hanya diharapkan memberikan poin angka kredit bagi guru dan tenaga kependidikan, namun secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, minat dan motivasi bagi guru untuk melakukan penelitian dan peningkatan proses pendidikan yang  hasil akhirnya berdampak pada penigkatan kualitas peserta didik di setiap satuan Pendidikan. Semoga. (HM)

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..