Pendampingan Teknis Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 Jenjang SMP dan SMA

Yossi Dewanti, S.Si., M.Pd. -

Setelah menyelenggarakan Pendampingan Teknis Pengembangan Pembelajaran Kurikulum 2013 Jenjang SD dan SMK pada tanggal 6 sampai dengan 9 Agustus 2019 lalu, LPMP DKI Jakarta kembali menyelenggarakan pendampingan serupa untuk jenjang SMP dan SMA. Kriteria sasaran juga diambil dari satuan pendidikan yang sudah menjalankan Kurikulum 2013, bukan sekolah model/rujukan/budaya mutu, bersikap kooperatif dan berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan pendampingan di satuan pendidikan. Masing-masing jenjang diwakili oleh 10 sekolah dengan melibatkan pengawas sekolah, kepala sekolah dan 4 orang guru.

Pendampingan Angkatan 2 ini diselenggarakan di Hotel Yasmin Karawaci, Tangerang selama 4 hari, dari tanggal 13 sampai dengan 16 Agustus 2019. Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala PMP DKI Jakarta, R. Syamsul Arifin, S.Sos., M.M.  Hadir juga memberikan sambutan dan pengarahan pejabat Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs. Didih Hartaya, M.Pd, Kepala Bidang SD dan PKLK. Sebelumnya Kasi FPMP LPMP DKI Jakarta Ibu Rina Harjanti, S.Si, M.Pd memberikan laporannya sebagai penanggungjawab kegiatan ini. Adapun untuk materi Pembelajaran Digital (Digital Learning) disampaikan oleh narasumber SEAMEO SEAMOLEC, Victor SY Labotano beserta Tim. Selama berkegiatan ini, peserta didampingi oleh tim fasilitator yang terdiri dari Widyaiswara LPMP DKI Jakarta dan Instruktur Kurikulum DKI Jakarta.

Materi yang diberikan selama kegiatan ini adalah: 1) Pembelajaran Efektif, pada materi ini peserta diberi kesempatan untuk mengkaji hasil rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), alat penilaian (khususnya tugas kinerja dan rubriknya), lembar kerja peserta, dan hasil kerja siswa. Pengkajian berfokus pada seberapa jauh hal-hal tersebut memenuhi kriteria pembelajaran yang efektif. 2) Penilaian Autentik, membahas dan mempraktikkan penilaian yang berupa tugas kinerja dan rubrik serta menganalisis hasil kerja siswa untuk menghasilkan rumusan kemampuan yang sudah dan belum dikuasai siswa serta rancangan kegiatan tindak lanjut dari hasil analisis tersebut, baik untuk kegiatan perbaikan maupun kegiatan pengembangan. 3) Persiapan dan Praktik Pembelajaran, memfasilitasi peserta agar bisa membuat persiapan mengajar yang mengakomodasi berbagai gagasan untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif, mempraktikannya di sekolah, kemudian melakukan refleksi seberapa jauh keberhasilan dan kekurangberhasilan perencanaan dan praktik mengajar tersebut. Dengan demikian, peserta dapat memperkirakan berbagai kemudahan atau kendala ketika berbagai gagasan tersebut diterapkan di sekolah mereka sendiri. 4) Pendampingan Pembelajaran dengan Lesson Study, peserta akan membahas pendampingan dengan menggunakan pendekatan lesson study. Tiga hal yang dimanfaatkan dari lesson study tersebut, yaitu ”siklus” plan, do, dan see (refleksi); kerja bersama, dan pengamatan pembelajaran yang berfokus pada siswa. Peserta akan bersimulasi melakukan pendampingan kepada guru terkait hasil amatannya terhadap belajar siswa yang diajar oleh guru tersebut (pengamatan pembelajaran melalui video). Dan 5) Penyusunan Rencana Tindak Lanjut – Pembelajaran, Peserta menyusun Rencana Tindak Lanjut Kegiatan Pendampingan Operasional yang diawali dengan melakukan Diseminasi terhadap guru-guru lainnya serta melakukan workshop mandiri di masing-masing satuan pendidikan.

 

Pada hari ketiga kegiatan ini berlangsung, Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Bapak Syaifulloh Hidayat berkesempatan untuk berkunjung dan melihat pelaksanaan kegiatan Pendampingan Teknis ini. Pada kesempatan ini beliau memberikan pengarahan dan motivasi kepada peserta untuk melaksanakan tugasnya secara professional, ikhlas dan bersikap “melayani” sehingga dapat memberikan manfaat dan keberkahan dalam rangka upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

 

Kegiatan Pendampingan Teknis ini ditutup oleh Kepala Seksi LPMP DKI Jakarta Ibu Rina Harjanti, S.Si, M.Pd yang dihadiri pula oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Bapak Dr. Muhamad Husin, M.Pd yang memberikan pengarahan.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta