Pemberian Apresiasi bagi ASN, PPNPN, dan UNIT KERJA berprestasi LPMP Provinsi DKI Jakarta tahun 2020

LPMP Provinsi DKI Jakarta merupakan instansi pemerintah yang memahami tentang pentingnya kualitas pelayanan terhadap masyarakat, meskipun tahun 2020 menjadi tahun yang cukup berat untuk dilalui. Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru negeri telah mengubah pola interaksi di berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Agar dapat bertahan dan terus berkarya dibutuhkan proses adaptasi dan berbagai inovasi agar mampu melaluinya. Dalam menjawab tantangan tersebut, berbagai upaya terus dilakukan dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu layanan. Salah satunya adalah dengan menerapkan pemberian apresiasi (reward) bagi ASN, PPNPN dan Unit Kerja Berprestasi di lingkungan LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Pemberian apresiasi merupakan salah satu metode dalam memotivasi petugas layanan publik untuk memberikan pelayanan prima dan terus meningkatkan prestasinya. Seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 17 tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025, bahwa penerapan pemberian apresiasi selaras dengan upaya pendayagunaan aparatur negara yang dilakukan melalui reformasi birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur negara dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya.

Hadiah, penghargaan atau imbalan, merupakan beberapa bentuk apresiasi yang bertujuan agar seseorang menjadi lebih giat lagi usahanya untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja yang telah dicapai. Perlu ditekankan di sini bahwa pemberian apresiasi tidak hanya diukur dengan materi, akan tetapi dapat pula dipengaruhi oleh interaksi antara manusia serta lingkungan organisasinya. Tidak selamanya keuntungan-keuntungan ekonomi (economic rewards) menjadi daya tarik utama, ada kalanya penghargaan yang bersifat nir-material (non-material incentive) terasa jauh lebih bermakna.

Berdasarkan hal tersebut, LPMP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan proses pemilihan ASN, PPNPN dan Unit Kerja Berprestasi Tahun 2020 di bulan Desember 2020, dengan beberapa kategori sebagai berikut: 1) ASN Berintegritas; 2) PPNPN Berintegritas; 3) Unit Kerja dengan Realisasi Fisik Kegiatan dan Serapan Anggaran Tertinggi; 4) Unit Kerja dengan Pengisian Realisasi SKP Bulanan Tepat Waktu; 5) ASN Inovatif; 6) PPNPN Inovatif dan 7) Unit Kerja Inovatif. Penetapan ASN, PPNPN dan Unit Kerja Berprestasi dilakukan dengan mengolah berbagai sumber data, baik data yang dikumpulkan dalam bentuk polling bagi seluruh ASN dan PPNPN, maupun data tentang kinerja ASN, PPNPN dan Unit Kerja yang tersedia di lembaga dan relevan dengan kategori yang dinilai.

Apresiasi bagi ASN, PPNPN dan Unit Kerja Berprestasi di lingkungan LPMP Provinsi DKI Jakarta diumumkan secara langsung oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd. melalui aplikasi video conference, dan disaksikan oleh seluruh ASN dan PPNPN, dengan hasil sebagai berikut:

1. ASN Berintegritas

  • Mohamad Arief, S.AB, M.Pd. (Terbaik Pertama)
  • Haryanto, S.Kom., M.Si. (Terbaik Kedua)
  • Sri Rakhmawanti, SE., MM. (Terbaik Ketiga)

2. PPNPN Berintegritas

  • Abdul Rahman (Terbaik Pertama)
  • Muhamad Rudi (Terbaik Kedua)
  • Adang Suryana (Terbaik Ketiga)

3. Unit Kerja dengan Realisasi Fisik Kegiatan dan Serapan Anggaran Tertinggi

  • Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan

4. Unit Kerja dengan Pengisian Realisasi SKP Bulanan Tepat Waktu

  • Fungsi Sistem Informasi

 

5. ASN Inovatif

  • Haryanto. S.Kom., M.Si. (Pembuatan Aplikasi Portal LPMP DKI Jakarta)
  • Ali Munawar. S.Kom. (Pembuatan Logo LPMP DKI yang sudah diresmikan penggunaannya pada Tahun 2019, Aplikasi SIM Perpustakaan LPMP, Aplikasi SIM Unit Layanan Terpadu (ULT) Online)

6. PPNPN Inovatif

  • Suwarno (Inovasi Penghijauan Lingkungan)

7. Unit Kerja Inovatif.

  • Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan, Widyaiswara dan PTP (Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Bersama Dalam Jaringan, Morning Tea (pertemuan rutin internal untuk koordinasi yang dilakukan mingguan)
  • Fungsional Widyaiswara (Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Bersama Dalam Jaringan, Morning Tea (pertemuan rutin internal untuk koordinasi yang dilakukan mingguan)
  • Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Bersama Dalam Jaringan, Morning Tea (pertemuan rutin internal untuk koordinasi yang dilakukan mingguan)
  • Fungsi Sistem Informasi (SIM ULT Online, penambahan fitur dan tampilan SIM Perpustakaan LPMP, updating design web paling sedikit 6 bulan sekali (sesuai kebutuhan) dan Bimtek/ Pelatihan Pengembangan Kompetensi Operator Satuan Pendidikan dalam updating data dapodik dan PMP, Warkop ULT (persemester/triwulan)
  • Fungsi Pemetaan Mutu dan Supervisi (Kerjasama Mendukung Gerakan Literasi dengan Asian Foundation dan Provisi Education)
  • Sub Bagian Tata Usaha (Pelibatan semua unsur dalam pembuatan Laporan Kinerja LPMP DKI Jakarta, diinisiasi oleh Tim Perencanaan di bawah Koordinasi Hertanti Erna Kesuma, SE, SS.)
  • Sub Bagian Tata Usaha (Kunjungan Perpustakaan Keliling (Pusling) ke SD Negeri di Provinsi DKI Jakarta, diinisiasi oleh Tim Perpustakaan di bawah Koordinasi Ijah Rochimah Boru Sagala, S.Pd)
  • Sub Bagian Tata Usaha (Pemanfaatan IT dengan mengoptimalkan penggunaan google form dan barcode dalam pelayanan Barang Milik Negara (BMN), Pembuatan flyer POS Pengelolaan BMN agar tersosialisasi dengan mudah, diinisiasi oleh Tim Perlengkapan di bawah Koordinasi Irni Wulandari, S.Pt)
  • Klinik Mitra LPMP DKI Jakarta (Inovasi Layanan Kesehatan 24 Jam Tahun 2020, diinisiasi oleh dr. Rita Kumalasari, Sp. KFR.)

Dengan pemberian apresiasi bagi ASN, PPNPN dan Unit Kerja Berprestasi di lingkungan LPMP Provinsi DKI Jakarta diharapkan dapat meningkatkan kinerja, motivasi dan disiplin kerja yang pada akhirnya bermuara menuju terwujudnya layanan bermutu bagi seluruh pemangku kepentingan pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Selamat kepada seluruh ASN, PPNPN dan Unit Kerja Berprestasi Tahun 2020, terus tingkatkan kinerja, berkarya cemerlang, berkontribusi positif terhadap kinerja lembaga dan menginspirasi bagi ASN, PPNPN dan Unit Kerja lainnya.

(YAS)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat