Pembekalan Teknis Supervisi Tahun 2019

Muhammad Arief -

LPMP DKI Jakarta 17 dan 18 Oktober 2019

Sesuai Permendikbud Nomor 27 Tahun 2018, tentang Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, adalah melaksanakan supervisi satuan pendidikan dasar dan menengah dalam pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Tujuan utama supervisi mutu pendidikan ini adalah untuk memastikan apakah satuan pendidikan telah melaksanakan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNP.  Selain itu, supervisi mutu pendidikan yang dilakukan ditujukan untuk menyelaraskan program Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP), dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kurikulum 2013, dan Gerakan Literasi Sekolah.

Agar pelaksanaan supervisi mutu dapat terlaksana dengan baik, LPMP DKI Jakarta melibatkan 270 orang pengawas satuan pendidikan yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Kegiatan Pembekalan Teknis Supervisi Tahun 2019 ini, dilaksanakan dalam dua (2) Angkatan. Angkatan pertama dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2019, dan angkatan kedua pada tanggal 18 Oktober 2019.  Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom., M.Pd.

Terkait pelaksanaan supervisi mutu pendidikan yang akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 21 Oktober s.d. 29 November 2019, LPMP DKI Jakarta menerbitkan 4 (empat) perangkat supervisi, yang diturunkan dari aplikasi Supervisi Mutu Pendidikan oleh Pengawas Sekolah (e-Supervisi) yang dikembangkan Tim Satgas PMP Dikdasmen, Kemendikbud. Yakni terkait: a) pemahaman sekolah terhadap SNP dan SPMI; b) pengelolaan manajemen sekolah; c) proses pembelajaran; dan d) kompetensi kelulusan.

Dengan kegiatan supervisi mutu ini, diharapkan dapat mendorong  satuan pendidikan untuk senantiasa meningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus yang selaras antara program Penjaminan Mutu Pendidikan, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kurikulum 2013 dan Gerakan Literasi Sekolah di Provinsi DKI Jakarta.

   

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta