Pembekalan Petugas Verifikasi dan Validasi Sasaran Sekolah Model Tahun 2017

Pada hari Jum’at, 17 Maret 2017 Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS) melaksanakan kegiatan Pembekalan Petugas Verifikasi dan Validasi (Verval) Sasaran Sekolah Model Tahun 2017 di LPMP DKI Jakarta. Verval ini dilakukan sebagai tindak lanjut hasil Rapat Koordinasi Penjaminan Mutu Pendidikan bersama Dinas Pendidikan Prov. DKI Jakarta pada tanggal 8-9 Februari 2017. Dimana kemudian diperoleh data sasaran sekolah model dari Dinas Pendidikan, melalui Koordinator Pengawas (Korwas) jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dari 11 wilayah di DKI Jakarta.

Setiap sekolah yang terdata, akan dikunjungi oleh satu orang petugas yang telah dibekali untuk melakukan verval terhadap sekolah sasaran berdasarkan tiga aspek, yaitu aspek pemahaman terhadap penjaminan mutu pendidikan, aspek profil sekolah secara umum, serta aspek komitmen sekolah. Seluruh petugas verval berjumlah 27 orang tenaga fungsional umum di lingkungan LPMP DKI Jakarta.

Pada tahun 2017 ini, LPMP DKI Jakarta telah mengalokasikan anggaran untuk mendampingi 120 sasaran sekolah model, dengan rincian: 1) 56 sekolah jenjang SD; 2) 32 sekolah jenjang SMP; 3) 21 sekolah jenjang SMA; dan 4) 11 sekolah jenjang SMK (daftar sekolah terlampir). Sekolah model merupakan sekolah yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan didampingi oleh LPMP DKI Jakarta. Sekolah model diharapkan mampu berkembang dan menjadi acuan bagi sekolah lainnya, khususnya sekolah terdekat, dalam hal penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang holistik dan berkelanjutan sehingga menumbuhkan budaya mutu pendidikan.

Pengarahan Kasi PMS

Kegiatan pembekalan dibuka dan diarahkan oleh Ibu Upi Purnamasari, S.Si, sebagai Kepala Seksi PMS, sekaligus penanggung jawab kegiatan. Ibu Upi menyampaikan pentingnya kegiatan verval ini dalam memastikan kelancaran program sekolah model tahun 2017 yang memiliki rangkaian kegiatan cukup panjang hingga akhir tahun. Seluruh petugas diarahkan untuk memberikan kontribusi terbaik dan bersungguh-sungguh dalam mengumpulkan segala informasi yang diperlukan terkait dengan sekolah yang telah menjadi tugasnya. Baik informasi yang diperoleh melalui wawancara, maupun melalui observasi lingkungan sekolah. Petugas kemudian mendokumentasikan informasi-informasi tersebut dengan baik, dan menyerahkan kepada panitia verval di seksi PMS. Kegiatan verval sekolah model ini akan berlangsung dalam rentang waktu 21-24 Maret 2017.

 

DAFTAR USULAN SASARAN SEKOLAH MODEL TAHUN 2017

No Surat : 984/J30.3/PMS/2017

[table id=5 /]

-Seksi PMS LPMP DKI Jakarta – 2017-
Bagikan ..

aan

Bagikan ..