Pemanfaatan Aplikasi Plickers untuk Penilaian Online
Ati Rosidah, PTP LPMP DKI Jakarta

Tantangan guru yang mengajar di era digital pastinya tidak mudah, guru harus melek terhadap perkembangan teknologi. Model pembelajaran dan penilaian yang konvensional perlahan harus mulai dikurangi karena siswa kita sudah melek digital sejak lahir. Hal ini menuntut guru untuk mengimbanginya dengan terus meningkatkan kompetensi diri dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas.

Pemanfaatan TIK baik dalam pembelajaran maupun penilaian telah membuat kualitas pembelajaran di kelas menjadi lebih interaktif dan menarik motivasi siswa dalam belajar.

Dalam pelaksanaan penilaian dengan memanfaatkan TIK, ini bisa dari proses pembuatan soal, penampilan soal kepada siswa, dan pengolahan nilai. Ada banyak aplikasi baik yang gratis maupun berbayar yang bisa dimanfaatkan para guru. Aplikasi tersebut diantaranya google form, quizizz, kahoot dan lain-lain. Hanya saat menggunakan aplikasi tersebut dalam pelaksanaan penilaiannya baik siswa maupun guru perlu menggunakan perangkat komputer maupun gawai yang terhubung dengan internet.

Penggunaan komputer maupun gawai untuk siswa, seringkali menjadi kendala jika guru mau melaksanakan penilaian online di kelas. Hal ini karena keterbatasan sarana dan prasarana yang ada. Jika semua siswa harus menggunakan computer, jumlah yang tersedia di sekolah terbatas. Jika siswa harus membawa gawai ke kelas, masih banyak kekhawatiran yang muncul seperti siswa akan menggunakan gawai untuk hal-hal yang mengganggu pembelajaran.

Lalu, adakah aplikasi penilaian online yang bisa mempermudah guru dalam membuat dan mengolah hasil penilaian, tapi siswa tidak perlu menggunakan perangkat komputer/ gawai? Jawabannya ada, lalu dengan aplikasi apa? Aplikasinya yaitu plickers.

Aplikasi plickers memang menggabungkan pemanfaatan TIK untuk penilaian dan metode konvensional. Pemanfaatan TIK digunakan untuk pembuatan soal, proses penilaian dan pengolahan nilainya. Sementara metode konvensional digunakan oleh siswa dalam menjawab soal. Untuk mennjawab soal siswa hanya mengangkat Kartu plickers seperti QR Code sesuai jawaban yang dikehendaki. Kemudian guru akan memindai jawaban siswa dengan menggunakan gawai yang sudah terinstal aplikasi plickers.  Selanjutnya jawaban siswa akan terdata di sistem untuk diolah menjadi skor per siswa.

Aktifitas Penggunaan Aplikasi Plickers di SMAN 3 Rangkasbitung

 

Berikut langkah-langkah membuat soal online dengan plickers.

  • Buka alamat web plickers.com lalu sign up dan silakan daftar dengan menggunakan akun gmail anda.
  • Jika sudah masuk aplikasi plickers klik New Class dan tulis nama kelasnya dan pilih create class.

  • Setelah membuat kelas lalu pilih add student dan masukkan seluruh nama siswa yang ada di dalam kelas tersebut. Setelah selesai pilih next, jika sudah masuk semua siswa lanjut pilih done.

  • Jika kelas sudah dibuat dan semua siswa sudah dimasukkan ke dalam kelas, selanjutnya membuat soal untuk tes, bisa pilihan ganda atau benar salah. Caranya dengan klik new set.

  • Untuk membuat soal, ketik soal dan pilihan jawaban pada kotak di atas dan klik pilihan jawaban yang benar. Untuk lanjut ke soal berikutnya klik tanda plus (+). Lanjutkan pengetikan soal dan pilihan jawabannya sampai sejumlah soal yang dikehendaki.

 

  • Selesai membuat soal, selanjutnya mengunduh kartu yang berisi barcode untuk nanti pemilihan jawaban oleh siswa. Caranya sebagai berikut:

  • Klik help lalu klik get plickers card. 

Pilih yang standar isinya 40 cards, ini cukup untuk jumlah siswa dalam kelas standar. Dalam satu lembar ada dua kartu, jadi  bisa untuk 2 anak.

  • Setelah plickers card diunduh, dicetak dan dibagikan pada siswa sesuai urutan siswa yang terdaftar di data siswa yang sudah diinput dan hati-hati jangan tertukar kartu antara satu anak dengan anak lainnya.
  • Langkah selanjutnya guru menginstal aplikasi plickers di gawai dengan mencari di play store. Aplikasi plickers ini digunakan untuk memindai jawaban siswa dengan menekan tombol kamera sampai semua jawaban siswa terpindai. Semua siswa yang sudah dan belum terpindai akan muncul di aplikasi plickers
  • Untuk memulai kegiatan ulangan dengan plickers, hubungkan laptop dengan LCD. Selanjutnya tinggal klik Play Now maka akan muncul soal di layar dan siswa mejawabnya dengan mengangkat kartu plickers dan untuk abjad yang jawabannya benar posisi di atas. Artinya siswa tinggal memutar-mutar kartu plickers sesuai jawaban yang benar menurut siswa dengan posisi jawaban benar diatas. Selanjutnya guru membuka aplikasi plickers di gawai dan akan muncul soal sesuai yang tampil di laptop. Klik tombol kamera dan arahkan ke kartu plickers yang diangkat siswa sampai semua kartu siswa terpindai. Report siswa yang sudah dan belum terpindai akan muncul di layar. Jika semua siswa sudah menjawab, matikan tombol kamera dan lanjut ke soal berikutnya sampai selesai.
  • Guru dapat melihat hasil penilaian dengan mengklik tool report dan scoresheet. Pada tool scoresheet, guru dapat melihat detail hasil penilaian dan mengunduhnya. Hasil tersebut bisa digunakan untuk analisis butir soal.

Demikian uraian singkat tentang penggunaan plickers untuk penilaian online, semoga bermanfaat.

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..