Pejuang Mutu Pendidikan Bersiap Mengawal PMP 2020

(Catatan dari Bimtek Fasda PMP 2020)

Jalan-jalan ke Pasar Baru
Jangan lupa membeli baju
Ayoo kita semangat Bapak dan Ibu
Menyukseskan Rapor Mutu Tahun 2020

Setelah selesai proses pengiriman data dan hitung rapor mutu PMP 2019, tak lama berselang para pejuang mutu bersiap mengawal Pengumpulan Data Mutu Pendidikan edisi 2020 dengan judul aplikasi e-EDS 2020, Belajar dari COVID-19. Dalam rangka meningkatkan pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merancang Program pengumpulan data mutu yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di 34 provinsi.

Pada tahun 2020, program tersebut terdiri atas tiga kegiatan yaitu: (1) bimbingan teknis pengumpulan data mutu pengawas sekolah dan operator (2) pelaksanaan pengumpulan data (3) verifikasi dan validasi. Sebagai langkah selanjutnya setelah pelaksanaan Bimbingan Teknis Fasilitator Nasional Pemetaan Mutu Pendidikan yang telah diselenggarakan Setditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen pada tanggal 7 sampai dengan 9 Oktober 2020, LPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpulan Data Pemetaan Mutu Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 yang dilaksanakan pada hari Rabu sampai dengan Jumat, 21-23 Oktober 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh 90 orang peserta dari unsur Dinas Pendidikan, Suku Dinas Kabupaten/Kota, Satlak Kecamatan se-DKI Jakarta dan staf LPMP DKI Jakarta.

Acara yang dibuka oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd menghadirkan narasumber dari Setditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Dinas Provinsi DKI Jakarta, Pengawas Sekolah, Tim Satgas dan Pengembang PMP serta Tim Fasilitator Nasional (Fasnas) membahas materi terkait kebijakan, bisnis proses, penjelasan instrumen dan aplikasi sampai dengan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan oleh para fasilitator daerah yang akan menjadi narasumber pada kegiatan Bimtek Pengumpulan Data Mutu Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020.

Dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan Bapak Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta menyampaikan pentingnya data bagaikan “Sehari Tanpa Data Sama Dengan Satu Menit Tanpa Udara”.  Tahap pengumpulan data mutu pendidikan merupakan salah satu tahap penting dalam SPMI karena pada tahap ini, setiap pihak/responden di sekolah melakukan evaluasi diri kondisi masing-masing sekolah.

Selanjutnya dalam paparan narasumber Setditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Bapak Jusuf Rokhmat, M.T menyatakan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) merupakan suatu sistem yang meliputi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI merupakan kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan dilaksanakan dalam satu siklus penjaminan mutu pendidikan. Siklus tersebut meliputi tahap penetapan standar, tahap pemetaan mutu, tahap perencanaan peningkatan mutu, tahap pemenuhan mutu, serta tahap monitoring dan evaluasi. Selain SPMI, pemerintah juga telah menetapkan berbagai program kegiatan lain yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kapabilitas peserta didik, antara lain program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Kurikulum 2013, dan Gerakan Literasi Sekolah. Semua program tersebut selayaknya dilakukan secara terpadu, bukan terpisah pisah yang akan mempermudah satuan pendidikan melaksanakan pencapaian mutu. Integrasi program-program tersebut juga dipetakan melalui aplikasi pemetaan mutu pendidikan.

Pada tahun 2020, dikembangkan instrumen pemetaan mutu pendidikan yang telah disesuaikan dengan instrumen program K13, PPK, dan literasi sekolah serta penyesuaian dengan kondisi saat ini yaitu masa pandemi Covid-19. Dengan demikian terdapat penyesuaian dalam aplikasi pemetaan mutu.

Selain itu aplikasi tahun 2020 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tahun sebelumnya antara lain:

Dari keseluruhan rangkaian kegiatan selama tiga hari ini Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi, Ibu Uswatun Hasanah, SE, M.Ak menyampaikan pesan untuk bersama mengawal cita-cita mencapai Rapor Mutu Tahun 2020 seratus persen, maka semua pihak yang terkait dari LPMP Provinsi DKI Jakarta, Kasi PTK Suku Dinas Pendidikan Provinsi, Operator mulai dari Tingkat Provinsi, Kotamadya/Kabupaten, Kecamatan  bersinergi, berkoordinasi dan bekerjasama mewujudkan hal tersebut dengan membangun “Komitmen Pejuang Mutu”, yaitu semua pihak siap:

  • Memberikan bimbingan teknis terkait kebijakan PMP, instrument dan aplikasi e-EDS kepada rekan sejawat atau operator satuan pendidikan;
  • Melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap progress pengiriman data e-EDS Tahun 2020;
  • Proaktif membina dan memberikan bantuan terhadap kendala teknis yang dihadapi operator sekolah dalam pengiriman data;
  • Sharing informasi mengenai updating aplikasi dan info terbaru lainnya terkait PMP.

Sehingga updating informasi dan berbagai kendala yang mungkin dihadapi dalam implementasi e-EDS Tahun 2020  menjadi lebih cepat tersampaikan dan memperoleh solusi penyelesaiannya.

Pagi hari mencari Pak Husein
Untuk membeli kue dan permen
Bapak Ibu Kasi PTK dan operator yang keren-keren
Mari bersama kawal Rapor Mutu tahun 2020 supaya mencapai seratus persen

(oms)

Paparan Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd

Salam Pejuang Mutu..!!

Penjelasan tentang konsep pengukuran mutu Pendidikan oleh Dr. Parjuangan Lubis, M.M, Pengawas SMA Wilayah Jakarta Selatan 1

Hasil post test peserta BIMTEK Fasda PMP 2020

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..